Jumat, 21 Februari 2020

    Plt Walikota Medan Tak Suka Pimpinan SKPD Banyak Cakap

    Jumat, 28 Maret 2014 00:36:00
    BAGIKAN:
    Camat Medan Amplas Pahri Matondang menandatangani Kesepakatan Penetapan Kinerja TA 2014. (Ist)
    Medan, (beritasumut.com) – Pelaksana Tugas Walikota Medan T Dzulmi Eldin S memberi  warning kepada seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), supaya melaksanakan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) yang telah diamanahkan kepada masing-masing dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab. Hal itu harus dilakukan demi mencapai hasil-hasil pembangunan kota yang semakin optimal dan terukur guna mewujudkan pemerintahan daerah yang semakin melayani masyarakat.

    “Saya ingin seluruh pimpinan SKPD bekerja keras dan penuh keikhlasan. Jangan banyak mulut atau banyak cakap. Saya tidak suka dengan pimpinan SKPD yang banyak cakap. Jika  tak mampu melaksanakan jabatan yang telah diamanahkan, bilang tidak mampu dan mengundurkan diri.  Yang saya butuhkan saat ini orng-orang yang banyak kerja,” kata Eldin dalam acara Penandatanganan Kesepakatan Penetapan Kinerja Tahun Anggaran 2014 antara Kepala SKPD dengan Plt Walikota di Balaikota Medan, Jalan Maulana Lubis, Medan, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (27/3/2014).

    Didampingi Inspektur Kota Medan Farid Wajedi dan Kepala Bappeda Kota Medan Zulkarnain, Eldin menambahkan seluruh tugas yang ada ini merupakan kerja tim. Artinya, satu pimpinan SKPD dengan pimpinan SKPD lainnya saling membutuhkan sehingga harus menjalin sinergitas dan kerjasama. Untuk itu apa yang menjadi kelemahan satu SKPD harus dibantu SKPD lainnya.

    “Saya tidak suka ada pimpinan SKPD yang selalu membangga-banggakan hasil kerjanya. Yang lebih tak saya sukai lagi, jika pimpinan SKPD yang tidak mampu melaksanakan tugas justru banyak mulut atau banyak cakap dimana-mana. Apa yang anda cakapkan itu semuanya sampai kepada saya. Untuk itu saya mengingatkan, tidak perlu banyak cakap. Harus diingat kita kerja bukan karena dipaksa tetapi karena jabatan yang telah diamanahkan,” ungkapnya mengingatkan lagi dengan nada tinggi.

    Selanjutnya Eldin menyampaikan 4 pesan yang harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan kerja keras oleh seluruh pimpinan SKPD dan camat camat yang hadir dalam acara Penandatanganan Kesepakatan Penetapan Kinerja Tahun Anggaran 2014 tersebut.             

    Pertama, Eldin minta kepada seluruh pimpinan SKPD harus memiliki kesungguhan sekaligus mau bekerja keras untuk melaksanakan tupoksi yang sudah ditetapkan secara efektif. Karenanya, pimpinan SKPD harus memiliki integritas dan kompetensi yang dihandalkan.

    Kedua, setiap pimpinan SKPD  harus mampu menetapkan sasaran startegis dan prioritas program yang ingin dicapai secara berkelanjutan berdasarkan kebutuhan pokok masyarakat sebagai bagian dari tupoksi yang dijalankan.

    Ketiga, pimpinan SKPD harus bisa menetapkan indikator kinerja utama sebagai instrumen atau media untuk menilai tingkat keberhasilan maupun kekurangan yang masih ada pada saat dilakukan evaluasi.

    Keempat, pimpinan SKPD harus punya target kinerja baik target kinerja program yang dijalankan maupun target kinerja pendapatan daerah sebagaimana yang telah ditetapkan dalam APBD.

    “Dokumen penetapan kinerja merupakan salah satu instrumen pokok dalam evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah. Karena itu, khusus kepada Inspektur dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah, secara khusus saya berpesa untuk melakukan evaluasi dan mengendalikan pencapaian kinerja SKPD sebagaimana yang telah ditandatangani bersama secara periodik,”  pesannya.

    Sementara itu Inspektur Kota Medan Farid Wajedi dalam laporannya mengatakan, rancangan Penetapan Kinerja TA 2014 disusun Bappeda Kota Medan bersama-sama dengan Inspektorat Kota Medan dengan sumber data dari APBD Kota Medan TA 2014 dan coaching clinic yang dilakukan dengan seluruh SKPD di lingkungan Pemko Medan.

    “Secara umum Penetapan Kinerja TA 2014 dimaksud untuk mendorong penyelenggaraan pemerintahan daerah sekaligus tupoksi SKPD yang semakin efektif, bertanggungjawab dan berakuntabilitas,” jelas Farid.

    Sedangkan secara subtansi, ungkap Farid, materi pokok Penetapan Kinerja yang disusun terdiri dari sasaran strategis, indikator utama dan target kinerja, termasuk target PAD dan jenis-jenis pendapatan daerah lainnya berdasarkan sumber daya yang dialokasikan kepada masing-masing SKPD pada APBD TA 2014. Selanjutnya dokumen Penatakan Kinerja ini akan dilaporkan secara berjenjang kepada pemerintah, termasuk Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumatera Utara.

    Penandatanganan Kesepakatan Penetapan Kinerja TA 2014 antara Kepala SKPD dilakukan secara simbolis oleh Kepala BKD Kota Medan Lahum, Kepala Dinas Bina Marga Khairul Syahnan, Kepala Kantor Perpustakaan Januari Pane dan Camat Medan Amplas Pahri Matondang. Setelah  keempat pimpinan SKPD selesai, barulah Plt Wali Kota yang melakukan tanda tangan disaksikan Inspektur dan Kepala Bappeda. (BS-001)
    T#g:
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 4 tahun lalu

    Wakil Walikota Ultimatum Pimpinan SKPD Segerakan Pengadaan Barang dan Jasa Tahun Anggaran 2016

    Beritasumut.com-Wakil Walikota Ir Akhyar Nasution Msi mengultimatum seluruh pimpinan SKPD agar menyegerakan segala kegiatan pengadaan barang dan jasa

  • 4 tahun lalu

    Wakil Walikota Minta SKPD Segerakan Pengadaan Barang dan Jasa Tahun Anggaran 2016

    Beritasumut.com-Wakil Walikota Ir Akhyar Nasution Msi meminta kepada seluruh SKPD agar menyegerakan segala kegiatan pengadaan barang dan jasa yang tel

  • 5 tahun lalu

    Plt Walikota Harus Figur Yang Mampu Mengembangkan Medan

    Beritasumut.com - Sekitar dua bulan ke depan atau tepatnya tanggal 29 Juli 2015, masa jabatan Dzulmi Eldin akan berakhir sebagai Walikota Medan. Sejak

  • 6 tahun lalu

    Plt Walikota Medan Launching Loket Pelayanan Terpadu dan Website Medan Tuntungan

    Medan, (beritasumut.com) – Pelaksana Tugas Walikota Medan Dzulmi Eldin melaunching loket pelayanan terpadu dan peresmian Website Medan Tuntungan di Ka

  • 6 tahun lalu

    Plt Walikota Medan Serahkan 80.000 Batu Bata Kepada Korban Kebakaran di Pandau Hulu II

    Medan, (beritasumut.com) – Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Medan Dzulmi Eldin didampingi Sekda Syaiful Bahri Lubis, Kepala BNBP Kota Medan Hana Lore Si

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.