Sabtu, 18 Januari 2020

    DPRD Terima LKPD Medan 2012

    Plt Walikota Medan Diminta Tindak Tegas Aparatur Tidak Loyal

    Jumat, 26 Juli 2013 12:59:00
    BAGIKAN:
    Google

    Medan, (beritasumut.com) – DPRD Kota Medan menerima Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Medan Tahun Anggaran 2012. Kesepatakan ini diambil setelah semua fraksi dalam pendapatnya menerima dan menyetujui LKPD 2012 tersebut pada sidang paripurna DPRD Medan, Kamis (25/7/2013).

    Meski begitu, Fraksi Partai Damai Sejahtera (FPDS) menyarankan Pemko Medan untuk segera melakukan reformasi birokrasi secara jelas dan tegas. “Sebab Fraksi PDS menilai hingga sejauh ini sektor pelayanan publik belum dapat menghasilkan kinerja yang memuaskan,” ujar Sekretaris FPDS Budiman Panjaitan, saat membacakan pendapat fraksinya.

    Budiman mengatakan reformasi birokrasi yang dimaksud tercakup dalam tiga persoalan mendasar, yakni masalah struktur kelembagaan, SDM birokrasi dan budaya mentalitas birokrasi. Karena pengembangan SDM menjadi kebutuhan dan langkah strategis bagi setiap pemerintahan daerah.

    Menurutnya, substansi penting pengembangan SDM dan good governance adalah perubahan paradigma, sikap, nilai dan perilaku aparatur pemerintah. “Mereka harus berubah dari paradigma proyek, ke paradigma entrepreneur, dan prilaku terkotak-kotak ke prilaku teamwork,” katanya.

    Namun sayangnya, tegas Budiman, saat ini prilaku birokrasi kita sangat memprihatinkan, terutama minimnya kehadiran jajaran pimpinan SKPD mulai dari Kadis, Kabag, Kaban bahkan para Camat dalam menghadiri kegiatan-kegiatan pemerintahan, seperti rapat paripurna.

    Menurut PDS, kondisi ini harus dipertanyakan apakah yang bersangkutan sudah tidak bersedia menduduki jabatannya atau tidak loyal lagi terhadap Plt Walikota Medan Dzulmi Eldin S sebagai pimpinan.

    “Kami sarankan agar Saudara Plt Walikota Medan mengambil sikap dan tindakan tegas terhadap aparatur pemerintah yang tidak loyal. Segera lakukan evaluasi, rotasi maupun restrukturisasi atas pimpinan SKPD yang tidak memiliki kemauan dan kemampuan kerja yang baik. Mereka tidak lagi dapat dipertahankan,” tegas Budiman.

    Terkait masalah penerimaan pajak selama 2012 yang mengalami penurunan dari 2011, FPDS meminta agar hal tersebut tidak terjadi lagi di 2013 ini. “Pemko Medan harus memaksimalkan penerimaan pajak di tahun ini dengan cara membenahi semua kebocoran-kebocoran, termasuk memperbaiki aparatur penagihan pajak kita dan sistem administrasi perpajakan,” sebutnya.

    Pada kesempatan yang sama, Ketua Fraksi Partai Golkar Ferdinand Lumban Tobing, dalam pendapat fraksinya, juga meminta segera dilakukannya evaluasi terhadap kinerja SKPD di jajaran Pemko Medan. Evaluasi tersebut diminta dilakukan secara terus menerus dengan membuat kebijakan manajemen secara profesional melalui peningkatan kualitas SDM dan pemanfaatan teknologi tepat guna.

    “Disamping itu, penempatan aparatur harus tetap mempertimbangkan kemampuan yang sesuai dengan bidangnya. Dari catatan Fraksi Golkar, sejumlah SKPD di Pemko Medan harus mendapat perhatian khusus terkait kinerja dan kualitas SDM-nya, yakni Dinas Kebersihan, Dinas Pertamanan, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinsosnaker, dan lainnya,” kata Ferdinand.

    Sedangkan untuk PAD Kota Medan, sambung Ferdinand, pada tahun mendatang Pemko Medan diminta menetapkan target secara wajar bagi SKPD-SKPD, agar dapat terealisasi. Selain itu, Pemko Medan juga harus mencari upaya terobosan agar penerimaan dapat teroptimal.

    “Namun juga harus diperhatikan, masyarakat jangan sampai terbebani dalam upaya meningkatkan PAD di tahun anggaran berjalan dan mendatang,” pungkas Ferdinand. (BS-001)
    T#g:
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 4 tahun lalu

    Diteror Bunuh OTK, Rajudin Minta Kecurangan Dunia Pendidikan di Medan Direspon Semua Pihak

    Beritasumut.com-Anggota Komisi B DPRD Medan Rajudin Sagala yang sempat mendapatkan ancaman bunuh dari orang tak dikenal (OTK) berharap agar persoalan

  • 4 tahun lalu

    Poldasu Belum Terima Laporan Terkait Teror Kepada Anggota DPRD Medan

    Beritasumut.com-Polda Sumut mengaku belum ada menerima laporan secara resmi terkait teror ancaman bunuh yang diterima anggota DPRD Medan, Rajudin Saga

  • 4 tahun lalu

    Demo di Tengah Jalan, Kanit Reskrim Polsek Percut Seituan Redam Emosi Pedagang Aksara

    Beritasumut.com-Demo yang dilakukan oleh pedagang Pasar Aksara di tengah jalan HM Yamin dan Jalan Letda Sujono, Kamis (28/7/2016), membuat Kanit Reskr

  • 4 tahun lalu

    Lapak Terbakar, Pedagang Aksara Jualan di Pinggir Jalan

    Beritasumut.com-Para pedagang korban kebakaran di pasar Aksara, terpaksa membuka lapak di sepanjang Jalan Prof HM Yamin/Jalan Serdang. Mereka mengaku

  • 4 tahun lalu

    Tiga Instansi Pemko Tak Hadir, Rapat Pansus Kepling Dibatalkan

    Beritasumut.com-Rapat lanjutan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Medan tentang Kepling yang diagendakan Senin (25/07/2016) batal d

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.