Petugas Haji Harus Melayani dan Melindungi Jamaah


Petugas Haji Harus Melayani dan Melindungi Jamaah
Beritasumut.com/Ist
Acara Pembekalan Petugas PPIH Arab Saudi 

Beritasumut.com-Sekjen Kementerian Agama Nur Syam mengingatkan para petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi akan dua tugas penting dalam penyelenggaraan ibadah haji, yaitu pelayanan dan perlindungan jamaah.

“Ada dua hal yang saya rasa sangat penting kita perhatikan terkait penyelenggaraan haji dari tahun ke tahun. Pertama adalah pelayanan jamaah haji dan kedua adalah perlindungan jamaah haji,” ujar Nur Syam saat menjadi pembicara pada Pembekalan Petugas PPIH Arab Saudi di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Kamis (16/06/2016).

Menurutnya, pelayanan dan perlindungan jamaah menjadi bagian penting dalam sistem Manajeman Operasioanal Penyelenggaraan Ibadah Haji. Karenanya, Nur Syam berharap petugas haji dapat menterjemahkan dua hal ini dalam pelaksanaan tugasnya, yaitu memperjuangkan pelayanan haji secara optimal dan melindungi jamaah haji.

“Perlindungan jamaah penting dilakukan, karena mereka berada di negara orang. Apalagi tingkat variasi jamaah luar biasa dan para petugas harus menyesuaikan pelayanan yang diberikan itu sesuai dengan tingkat kemampuan mereka,” tegas Nur Syam dilansir dari laman resmi kemenag.go.id.

“Menjadi petugas haji adalah orang yang plus. Plus pengetahuan agamanya, plus kesehatannya dan plus kesabarannya. Jadi harus memiliki kesabaran yang luar biasa,” tutur mantan Rektor Sunan Ampel Surabaya ini.

Sejumlah 826 orang mengikuti pembekalan PPIH Arab Saudi sejak Selasa (14/06/2016) lalu. Mereka terdiri dari 520 petugas dari unsur Kementerian Agama dan Instansi terkait, serta 306 petuga dari unsur Kementerian Kesehatan. Mereka akan mengikuti pembekalan salama 10 hari hingga 23 Juni mendatang. (BS02)


Tag:Kemenag