Selasa, 10 Desember 2019

    Perubahan Mekanisme Perizinan Reklame Disosialisasikan Melalui Car Free Day

    Minggu, 25 Mei 2014 19:44:00
    BAGIKAN:
    Car free day. (Ist)
    Medan, (beritasumut.com) – Ribuan warga Kota Medan mengikuti  acara Car Free Day di seputaran Lapangan Benteng, Medan, Ahad (25/5/2014).

    Selain mengajak warga untuk hidup sehat dengan berolahraga, kegiatan ini juga dijadikan sebagai momen sosialisasi perubahan mekanisme perizinan reklame dari Dinas Pertamanan Kota Medan ke Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB),  Dinas Pendapatan (Dispenda) dan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kota Medan.

    Melalui sosialisasi ini diharapkan masyarakat dapat mengetahui bahwa pengurusan perizinan reklame tidak dilakukan lagi di Dinas Pertamanan. Selain itu masyarakat dapat mengetahui tentang pelayanan perizinan reklame apa saja yang bisa dilakukan di Dispenda, Dinas TRTB dan BPPT Kota Medan melalui informasi yang diberikan.

    Dengan demikian masyarakat tidak keliru dan mengetahui segala persyaratan yang dibutuhkan dalam proses pengurusan perizinan.

    Langkah ini disambut baik oleh Pelaksana Tugas Walikota Medan Dzulmi Eldin. Dia menilai upaya yang dilakukan Dispenda selaku penggagas sosialisasi ini cukup efektif. Di saat masyarakat berolahraga, mereka mendapatkan informasi seluas-luasnya terkait seluruh proses pengurusan perizinan maupun pajak dari sejumlah petugas di sebuah tempat yang disebut pojok pajak, persis di samping panggung utama.

    “Apa yang dilakukan Dispenda ini cukup baik. Dengan memberikan informasi kepada masyarakat terkait pajak, termasuk pentingnya pajak dalam mendukung pembangunan akan menggugah masyarakat secara sadar dan ikhlas untuk membayar pajak. Saya harap langkah yang dilakukan Dispenda ini bisa diikuti oleh SKPD lainnya. Mereka bisa menggunakan Car Free Day ini sebagai sosialisasi terkait program kerja maupun bentuk-bentuk pelayanan di SKPD masing-masing,” kata Eldin.

    Untuk itulah kata Eldin, Car Free Day akan digelar setiap sebulan sekali. Selain mengajak masyarakat untuk berolahraga, juga bisa dijadikan sebagai media sosialisasi bagi masing-masing SKPD. Mantan Sekda Kota Medan ini berharap melalui kegiatan ini masyarakat dapat mengetahui seluruh bentuk pelayanan maupun proses pengurusannya, terutama terkait pengurusan pajak sehingga masyarakat tidak merasa kesulitan pada saat membayar pajak. 

    “Pajak yang dibayarkan masyarakat sangat penting dalam mendukung pembangunan di kota yang kita cintai ini,” ungkapnya.            

    Selain itu Eldin yang hadir didampingi istri tercinta Rita Maharani dan dua putrinya ingin setiap Ahad di seputaran Lapangan Benteng dijadikan lokasi berolahraga bagi warga Medan. Dengan begitu masyarakat tidak hanya menggunakan tempat itu untuk berolahraga pada saat Car Free Day digelar. 

    Karenanya, dia mengajak seluruh stakeholder agar secara berganti-gantian menggelar kegiatan di seputaran Lapangan Benteng yang dirangkaikan dengan olahraga.

    Sementara itu Kadispenda Kota Medan M Husni mengatakan, Dispenda dan Dinas TRTB Kota Medan mencoba memberikan informasi kepada masyarakat tentang pelayanan yang diberikan Dispenda maupun Dinas TRTB, khususnya  terkait pembayaran pajak maupun pengurusan perizinan reklame melalui momen Car Free Day.

    “Kita menjadikan Car Free Day sebagai momen sosialisasi agar masyarakat dapat mengetahui tentang bentuk-bentuk pelayanan yang kita berikan. Salah satu momen yang kita ambil sosialisasi terkait pelimpahan kewenangan sesuai dengan Peraturan Walikota (Perwal) Medan No 17 Tahun 2014 Tanggal 1 April 2014. Melalui sosialisasi ini masyarakat dapat mengetahui bahwasanya pengurusan perizinan reklame kini ditangani Dispenda, Dinas TRTB dan BPPT Kota Medan bukan Dinas Pertamanan lagi,” jelas Husni.

    Dipaparkan Husni, sesuai Perwal No 17 Tahun 2014, pengurusan izin reklame  untuk jenis reklame papan/billboard/videotron/megatron dilakukan di Dinas TRTB Kota Medan. Kemudian jenis kain seperti umbul-umbul dan spanduk, reklame selebaran, reklame berjalan  termasuk yang dipasang pada kendaraan, reklame udara, raklame apung, reklame suara, reklame film/slide dan reklame peragaan dilakukan di BPPT. Sedangkan reklame jenis melekat/poster/stiker maupun rombong dilakukan di Dispenda Kota Medan.

    “Jadi melalui sosialisasi ini kami menyampaikan informasi yang seluas-luasnya kepada masyarakat. Sebab, sebagai instansi pelayan publik, banyak layanan yang dilakukan Dispenda dan Dinas TRTB. Apalagi saat ini kita telah diberi kewenangan oleh walikota untuk mengelola perizinan reklame,” jelasnya.

    Kadis TRTB Kota Medan Syampurno Pohan menambahkan, dijadikannya Car Free Day sebagai media sosialisasi karena even ini rutin digelar Pemko Medan. Ditambah lagi warga yang mengikuti Car Free Day mencapai ribuan. Karena itulah even ini dinilai sangat efektif menjadi media sosialisasi bagi masyarakat. 

    “Jadi melalui sosialisasi ini, kita harapkan masyarakat tidak keliru lagi pada saat pengurusan perizinan reklame,” ujar Syampurno.

    Seperti biasa Car Free Day yang dimulai sekitar pukul 06.00 WIB diawali dengan senam bersama. Setelah itu dilanjutkan dengan pertunjukan musik yang dirangkaikan fashion show. Puncak acara diisi dengan penarikan lucky draw yang menyediakan sejumlah hadiah menarik seperti televisi dan kulkas. Selain Plt Walikota dan istri, penarikan kupon juga dilakukan Danlanud Soewondo Kol Pnb Surya Chandra, Dandim 0301/BS Letkol Kav Setiawan Arismunandar serta istri Sekda Kota Medan Suti. (BS-001)
    T#g:
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 4 tahun lalu

    Masyarakat Medan Antusias Ikut Car Free Day

    Beritasumut.com-Wakil Walikota Medan, Ir Akhyar Nasution didampingi istri, Nurul Khairani Lubis, Sekda Kota Medan, Ir Syaiful Bahri Lubis serta pimpin

  • 4 tahun lalu

    Eldin Canangkan Gerakan Bersama Medan Bersih Pasti Bisa di Car Free Day

    Beritasumut.com - Walikota Medan Dzulmi Eldin akan mencanangkan Gerakan Bersama Medan Bersih Pasti Bisa (GBMBPB). Pencanangan itu rencananya akan dila

  • 4 tahun lalu

    Ahad, Medan Gelar Car Free Day Perdana 2016. Hindari Jalan Ini...

    Beritasumut.com - Kegiatan car free day kembali digelar di Kota Medan. Pelaksanaan car free day yang merupakan kegiatan perdana di Tahun 2016 ini akan

  • 5 tahun lalu

    Bupati Nisel Hadiri Car Free Day di Medan

    Beritasumut.com - Pelaksanaan Car Free Day yang dirangkaikan dengan Hari Bakti Pajak di Jalan Sudirman, Medan berlangsung meriah, Ahad (15/3/2015). Ri

  • 5 tahun lalu

    Pelepasan Burung Warnai Car Free Day

    Beritasumut.com – Ribuan warga Kota Medan dengan penuh antusias mengikuti car free day yang dipusatkan di Jalan Sudirman, Medan, persisnya depan Rumah

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.