Rabu, 22 Januari 2020

    Penyerangan Kantor Walikota Medan Dipicu Pemukulan Ketua PDIP

    Senin, 21 Januari 2013 22:27:00
    BAGIKAN:
    Ist

    Medan, (beritasumut.com) – Secara tiba-tiba, ratusan massa DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Medan menyerbu dan merusak sejumlah fasilitas di Kantor Walikota Medan, Jalan Maulana Lubis, Medan, Sumatera Utara, Senin (21/01/2013). Massa juga sempat mengeroyok dan memukuli salah seorang Anggota Satpol PP Fahmi yang kebetulan tengah bertugas hingga babak belur.

    Awalnya, sekitar pukul 15.00 WIB, secara tiba-tiba massa PDIP Medan mendatangi Kantor Walikota dan langsung menumbangkan pintu gerbang. Dua orang Satpol PP yang tengah bertugas sempat hendak menghalangi massa yang beringas untuk masuk, tapi malah mereka dipukuli hingga babak belur dan salah seorang kritis karena mengalami pukulan di bagian kepala hingga berdarah-darah. Hal ini membuat Satpol PP lainnya berhamburan melarikan diri.

    Setelah berhasil masuk ke halaman Kantor Walikota, massa yang anarkis langsung melempari kaca-kaca Kantor Walikota Medan, bahkan kaca ruangan Walikota Medan Rahudman Harahap turut hancur terkena lemparan. Tidak merasa puas, massa juga menghancurkan sejumlah lampu taman dan belasan pot bunga yang berada di halaman depan Kantor Walikota Medan. Bahkan, sejumlah massa melakukan penyisiran ke dalam Kantor Walikota mencari Satpol PP.

    Semakin beringasnya massa juga dipengaruhi minimnya keberadaan petugas kepolisian yang berjaga di Kantor Walikota. Sambil menghancurkan Kantor Walikota, massa juga berteriak melontarkan makian terhadap Satpol PP yang dinilai bertanggung jawab terhadap penganiayaan Ketua DPC PDIP Medan Henry Jhon Hutagalung.

    Kepada wartawan, Bendahara DPC PDIP Medan Hasyim SE yang coba menenangkan massa mengatakan aksi ini dilakukan karena massa tidak menerima atas penganiayaan terhadap Ketua DPC PDIP Medan Henry Jhon Hutagalung yang dilakukan Satpol PP pada eksekusi lahan Cadika Pramuka yang diklaim milik Pemko Medan pada Senin (21/01/2013) pukul 11.00 WIB.

    “Massa emosional mendengar Ketua DPC PDIP Medan dan Anggota Fraksi PDIP DPRD Medan Porman Naibaho dipukuli dengan balok kayu secara membabi buta pada saat Satpol PP melakukan aksi eksekusi lahan tersebut,” kata Hasyim.

    Ketua DPC PDIP Kota Medan Hendri Jhon Hutagalung, kata Hasyim, saat ini sedang menjalankan pengobatan dan sedang dirawat di Rumah Sakit Santa  Elisabeth, Medan

    Sebelumnya, berdasarkan pantauan wartawan di lokasi eksekusi, terlihat ketegangan antara warga yang bermukim di lahan Cadika dengan Satpol PP. Bahkan, sempat terjadi perdebatan antara Anggota DPRD Medan  Porman Naibaho dan Daniel Pinem dengan Kepala Satpol PP Pemko Medan M Sofyan.

    Ketegangan terjadi karena Kasatpol PP tidak menghiraukan mediasi yang dilakukan kedua Anggota DPRD Medan dari PDIP tersebut. Bahkan menurut salah seorang warga setempat yang tidak ingin disebutkan namanya, pada saat itu juga terjadi pemukulan yang dilakukan salah seorang  anggota Satpol PP kepada Porman Naibaho dan Ketua DPC PDIP Hendry Jhon Hutagalung. Bahkan salah seorang Anggota Satpol PP  dengan membawa balok memukul Ketua DPC PDIP Hendry Jhon Hutagalung. Serta merta kedua Anggota DPRD Medan dan Ketua DPC PDIP tersebut meninggalkan lokasi  untuk menyelamatkan diri.

    Dengan  kejadian itu, tidak membuat Kasatpol PP M Sofyan menghentikan eksekusi yang tidak disertai surat eksekusi dari pengadilan. Dia beserta ratusan anggotanya tetap melakukan eksekusi meskipun mendapat perlawanan dari warga dan peternak di lokasi tersebut. Dengan menggunakan alat berat milik Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan, serta dikawal oleh sekitar lima puluhan pasukan Polri dan anggota TNI,  eksekusi terus dilakukan.

    Seluruh kandang ternak milik warga serta beberapa pemukiman warga yang berdiri di atas lahan bersengketa itu dihancurkan Satpol PP hingga rata dengan tanah. Terdengar jerit menghiba dari warga di lahan bermasalah tersebut agar tidak dilakukan eksekusi. Namun Kasatpol PP seolah tidak mendengar jeritan itu dan tetap memerintahkan anggotanya yuntuk menghancurkan kandang ternak dan pemukiman warga.

    Ketika ditanya wartawan soal eksekusi lahan tersebut, Kasat Pol PP M Sofyan mengatakan, lahan itu sudah menjadi milik Pemko Medan karena telah dimenangkan di Mahkamah Agung oleh Pemko Medan dan telah mendapatkan Hak Penguasaan Lahan. Namun, ketika ditanya pada tahun berapa putusan MA tersebut dan kenapa tidak ada orang dari Pengadilan Negeri Medan, dan surat eksekusi dari PN Medan, Sofyan melemparkannya kepada Kabag Hukum.

    Begitu juga ketika ditanya status lahan tersebut belum inkrah, dia juga menyuruh wartawan mempertanyakannya kepada Kabag Hukum.

    “Tanya saja kepada Kabag Hukum, dia yang lebih tahu soal itu,” katanya.

    Sementara Anggota DPRD Medan Daniel Pinem mengatakan, Ketua DPC PDIP Kota Medan Hendry Jhon Hutagalung sempat dipukul oleh salah seorang Anggota Satpol PP dengan kayu balok, sehingga Hendry Jhon tersungkur dan kemudian meninggalkan lokasi kejadian untuk menyelamatkan diri.

    “Ya, Ketua (Hendry Jhon) sempat dipukul dengan oleh kayu balok,” kata Daniel Pinem.

    Dia juga menyayangkan sikap Kasatpol PP Medan yang begitu kaku dalam menjalankan perintah atasannya.

    ”Seharusnya Kasatpol PP juga tidak boleh kaku seperti itu. Kita sudah melakukan mediasi secara baik-baik. Akan tetapi tidak juga ditanggapi, malah Ketua kita dipukul dengan kayu balok oleh anggotanya (Satpol PP),” sebutnya.

    Untuk itu, Daniel meminta Walikota Medan segera mengambil sikap terhadap sikap Kasatpol PP yang cenderung arogan dalam melakukan penertiban di lapangan.

    ”Ini harus menjadi perhatian Walikota Medan, harus ada sikap tegas dari Walikota, jangan rakyat terus menjadi korban,” tandasnya. (BS-024)
    T#g:
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 4 tahun lalu

    Fraksi PKS Berikan Catatan Terhadap Pertanggungjawaban APBN Tahun Anggaran 2015

    Beritasumut.com-Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI memberikan beberapa catatan penting terhadap keterangan pemerintah mengenai Rancangan Un

  • 4 tahun lalu

    Hidayat: Permasalahan Umat Islam Harus Dikaji dengan Ilmu

    Beritasumut.com-Fraksi PKS MPR RI menyelenggarakan Kuliah Perdana Sekolah Konstitusi di Ruang GBHN, Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Ja

  • 4 tahun lalu

    Dinas Sosial dan Satpol PP Gelar Operasi Razia Gepeng di Binjai

    Beritasumut.com-Maraknya gelandangan dan pengemis yang berkeliaran di kota Bionjai selama masa Ramadhan, membuat Dinas Sosial (Dinsos) kota Binjai dan

  • 4 tahun lalu

    LAPK : Mogoknya Pilot Lion Air Wujud Malpraktek Profesi Pilot

    Beritasumut.com-Jadwal penerbangan maskapai Lion Air beberapa hari belakangan menuai protes banyak pihak. Hampir di semua bandara di Indonesia, Lion A

  • 4 tahun lalu

    LAPK Minta Pemerintah Beri Teguran Keras Maskapai Lion Air

    Beritasumut.com-Kacaunya jadwal penerbangan yang dilakukan oleh maskapai Lion Air menuai kecaman dari banyak pihak. Penyebab keterlambatan justru diak

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.