Pengadaan Genset Disdukcapil Medan Temuan BPK


Pengadaan Genset Disdukcapil Medan Temuan BPK
Google

Medan, (beritasumut.com) – Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Sumatera Utara menemukan adanya permainan atau mark up dalam pengadaan 21 unit genset di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan Tahun Anggaran 2012.

“Temuan itu membuktikan adanya permainan dalam pengadaan genset tersebut. Jadi, harus ada sanksi dari Plt Walikota Medan terhadap Kadisdukcapil beserta semua yang terlibat dalam pengadaan genset itu," tegas Pengamat Anggaran Sumatera Utara Elfenda Ananda di Medan, Senin (17/6/2013).

Untuk itu dia meminta Plt Walikota Medan Dzulmi Eldin segera mencopot Kadisdukcapil Medan Muslim Harahap karena membiarkan adanya kelebihan anggaran dalam pengadaan genset tersebut. "Plt Walikota Medan harus segera copot Kadisdukcapil. Jangan dibiarkan ada kadis yang punya niat jelek dalam mengelola anggaran seperti yang terjadi di Disdukcapil Medan itu," sebutnya.

Dia juga menyampaikan, meskipun ada temuan tentang kelebihan anggaran dan sudah dipulangkan oleh Kadisdukcapil, namun proses hukum tidak boleh berhenti begitu saja. BPK harus segera memberikan temuan itu kepada Kejati Sumut agar bisa ditindaklanjuti untuk dibawa ke ranah hukum.

"Proses hukum tetap berjalan, bukan berarti uang dipulangkan proses hukum bisa berhenti. Karena sudah ada niat dan keinginan dari penyelenggara proyek tersebut untuk berusaha melenyapkan kelebihan anggaran itu. Kalau saja tidak ada temuan dari pihak BPK, maka kita yakin kelebihan Rp200 juta lebih dalam pengadaan genset itu belum tentu dikembalikan," tandasnya. (BS-024)

Tag: