Penempatan Pimpinan SKPD harus Sesuai Rekomendasi Pansel UK


Penempatan Pimpinan SKPD harus Sesuai Rekomendasi Pansel UK
Beritasumut.com/Ilustrasi
Pemprovsu
Beritasumut.com-Pengamat Politik dan Pemerintahan Arifin Saleh Siregar mengatakan pasca diterpa sejumlah persoalan yang ikut menyeret sejumlah pejabat eksekutif dan legeslatif di Sumatera Utara (Sumut), Pemerintah Provinsi Sumut harus bergerak cepat. Khususnya dalam hal penyerapan anggaran yang telah diproyeksikan dalam APBD 2016.  

Menurut Arifin, Plt Gubsu Erry Nuradi yang tidak lama lagi menjabat sebagai Gubernur defenitif harus mampu menutupi semua kegagalan di masa pemerintahan sebelumnya. Untuk mendukung kinerjanya itu, Erry Nuradi harus menyusun kekuatan termasuk menempatkan pimpinan SKPD yang benar-benar memiliki kompetensi dan kinerja yang baik.

"Bicara soal serapan anggaran ini juga tidak lepas dari siapa pejabat yang bakal mengisi kursi pimpinan di SKPD. Gubernur harus bisa merapatkan SKPD-SKPD itu. Mana yang kosong segera diisi dan yang sudah diuji kompetensinya oleh Panitia Seleksi (pansel) segera dilantik agar program kerja berjalan maksimal," ujar Arifin kepada beritasumut.com Rabu (11/05/2016).

Penempatan pejabat eselon II, menurut Arifin, Gubernur Sumut harus berdasarkan hasil rekomendasi yang telah dikeluarkan Pansel. Uji Kompetensi (UK) yang memang diisi oleh orang-orang yang berkompeten termasuk dari akademisi. "Gubsu harus menindaklanjuti hasil Uji Komptensi dari Pansel. Jangan sampai karena alasan suka tidak suka atau karena latarbelakang tertentu. Seperti adanya istilah gerbongnya Gatot bakal dibuang. Jangan ada istilah balas dendam. Penempatan itu harus berdasarkan pendekatan kompetensi dan kinerja," pungkasnya. (BS03)


Tag:Pemprovsu