Pemko Medan Usung Pembahasan Pajak Bagi Hasil


Pemko Medan Usung Pembahasan Pajak Bagi Hasil
Dok

Medan, (beritasumut.com) – Pemko Medan akan mengusung masalah perolehan pajak bagi hasil dari pemerintah pusat untuk dibahas dalam Rapat Kerja Komisariat Wilayah I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Raker Komwil I Apeksi) yang akan digelar di Medan pada 24-26 April. Pembahasan ini perlu dilakukan mengingat pembagian hasil pajak dari pemerintah pusat dinilai terlalu minim.

“Dalam Raker Apeksi, kita akan mengusung masalah peningkatan penerimaan pajak bagi hasil. Sebab, pajak perseorangan masih minim sekali kita terima. Padahal, DKI Jakarta bisa menerima Rp10 triliun dalam setahun,” kata Walikota Medan Drs  Rahudman Harahap ketika meninjau persiapan akhir Pameran UMKM Nasional 2013 Medan City Expo di Lapangan Merdeka, Medan, Sumatera Utara, Selasa (23/04/2013).

Menurut Walikota, jika Pemko Medan menerima bagi hasil pajak perseorangan dari pemerintah pusat Rp1 triliun saja dalam setahun, tentunya ini akan sangat bermanfaat bagi keberlangsungan pembangunan Kota Medan.

“Kalau Rp1 triliun saja Medan dapat bagi hasil pajak perseorangan dari pemerintah pusat, tentunya sudah lompat-lompat kita. Maka itulah kita akan mengusung bagi hasil pajak inilah dalam Raker Komwil I Apeksi,” paparnya.

Selain mengusung tentang bagi hasil pajak dari pemerintah pusat, lanjut Walikota, Pemko Medan juga dalam Raker Komwil I Apeksi akan mengusung beberapa saran rekomendasi tentang revisi UU Nomor 32 tentang otonomi daerah. “Kita juga akan membahas rekomendasi tentang revisi UU otonomi daerah, selain itu juga upaya untuk meningkatkan kota metropolitan yang lebih berdaya saing,” tambahnya lagi.

Selanjutnya, jelas Walikota, raker ini juga akan diisi dengan kegiatan seminar dengan menghadirkan nara sumber dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Rencananya, Raker Komwil I APEKSI akan dibuka oleh Manteri Dalam Negeri besok.

Sejauh ini persiapan yang dilakukan untuk menggelar perhelatan yang akan dihadiri 24 Walikota ini, ungkap Walikota, tidak ada masalah. SKPD yang terlibat dalam kepanitian telah menjalankan tugas sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Dia berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan aman dan lancar sehingga dapat menghasilkan sejumlah rekomendasi. Dimana rekomendasi itu selanjutnya akan dibawa dalam Rakernas Apeksi yang akan dilaksanakan bulan depan di Palangkaraya.

Terkait dengan pelaksanaan Pameran UMKM Nasional 2013 Medan City Expo, Walikota pun ingin kegiatan ini berlangsung dengan sukses. Karena itulah dia merasa perlu untuk terus melakukan pemantauan guna melihat persiapan akhir yang telah dilakukan. Sebab, pameran ini akan menampilkan 167 stand. “Saya berharap seluruh persiapan yang dilakukan rampung malam ini juga, sebab besok malam pameran sudah dibuka.” Harapnya.

Dalam peninjauan itu, Walikota didampingi Sekda Ir Syaiful Bahri Lubis MM bersama sejumlah Pimpinan SKPD Pemko Medan. Selain meninjau stand-stand, Walikota juga ingin melihat fasilitas pendukung lainnya benar-benar telah siap. Tak jarang Wali Kota terlihat memberikan masukan agar stand yang ditampilkan jauh lebih menarik. (BS-024)

Tag: