Selasa, 12 November 2019

    Pemko Medan Bantu Korban Gempa Bener Meriah

    Minggu, 07 Juli 2013 21:33:00
    BAGIKAN:
    Ist

    Medan, (beritasumut.com) – Pemko Medan memberikan bantuan bahan pokok dan sejumlah perlengkapan sehari-hari untuk para pengungsi korban gempa di Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh. Bantuan diangkut dengan menggunakan 1 unit truk dan dilepas Pelaksana Tugas Walikota Medan Dzulmi Eldin di Balaikota Medan, Sabtu (6/7/2013). Eldin berharap agar bantuan yang diberikan itu dapat membantu meringankan beban para korban yang saat ini sangat membutuhkan uluran tangan dari para dermawan.

    Menurut Eldin didampingi Sekda Syaiful Bahri Lubis, Asisten Umum Iwan  Habibi Daulay, Kepala Badan Penanggulangan bencana Daerah Kota Medan Hana Lore Simanjuntak, Kadis Perhubungan Rennward Parapat dan Kabah Humasy Budi Hariono, bantuan yang diberikan sebagai bentuk kepedulian Pemko Medan terhadap para korban gempa. “Selain dari Pemko Medan, bantuan yang kita berikan ini juga berasal dari sumbangan para stake holder yang dikoordinir Badan Penanggulangan bencana daerah Kota Medan,” kata Eldin.

    Adapun bantuan yang diberikan itu, jelas Eldin, berupa 2 ton beras, 185 potong handuk, 250 lembar tikar, 270 lembar selimut, 34 dus susu kotak dimana setiap dus berisi 18 kotak, 400 dus mie instan dimana 1 dus berisi 40  kotak, 2 dus berisi obat-obatan, kain sarung 20 kodi serta 18 dus berisi odol, sabun, sikat gigi dan pembalut wanita.

    “Insya Allah bantuan yang kita berikan ini sedikit dapat meringankan beban saudara-saudara kita sedang menghadapi musibah. Kita mengikutsertakan Pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Medan untuk ikut serta dalam truk yang membawa bantuan ini. Setibanya di lokasi tujuan, merekalah yang menyerahkan bantuan ini nantinya. Kita harapkan dan doakan agar truk yang membawa bantuan ini sampai dengan selamat. Dengan demikian warga yang menjadi korban bisa memanfaatkannya,” ungkapnya.

    Menurut Eldin, Pemko Medan sejatinya akan menurunkan petugas medis dari Dinas Kesehatan untuk membantu para korban gempa. Namun setelah dilakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, bantuan medis dari Pemko Medan dinilai tidak diperlukan lagi.  

    "Bukan berarti kita tidak mengirim tim medis, sebab Kepala Dinas Kesehatan Medan telah mengontak Dinas kesehatan Provinsi Sumut. Ternyata tim kesehatan sudah kumpul di sana dan para korban sudah dievakuasi ke rumah sakit. Jadi rasanya kurang perlu tim medis dari Medan diturunkan, sebab penanganan kesehatan sudah terkoordinir. Namun begitu kita sudah mempersiapkan relawan untuk diberangkatkan apabila dibutuhkan,” jelasnya.

    Proses pemuatan bantuan ke dalam truk berlangsung dengan cepat. Supir dan kernet dibantu petugas Satpol PP dan Dishub Medan menyusun bantuan dengan rapi di dalam truk.  Malah Pelaksana Tugas Walikota Medan turut membantu proses pemuatan. Dengan sigap dan penuh semangat mantan Sekda Kota Medan itu ikut mengangkat beras dibantu petugas Dishub Medan dan kernet truk tersebut. Hal itu dilakukan agar proses pemuatan selesai dan truk bisa berangkat  sehingga secepatnya tiba di lokasi tujuan.

    Sementara itu Ketua Yayasan Surya kebenaran Indonesia (YSKI) Anita mengatakan, yayasan yang dipimpinnya ikut memberikan bekerjasama dengan Pemko Medan untuk memberikan bantuan kepada para korban gempa di Kabupaten Bener Meriah. Dia berharap bantuan yang diberikan itu dapat dipergunakan para korban yang saat ini  menempati tenda-tenda pengungsian.

    “Setelah bantuan ini, kita akan merencanakan untuk memberikan bantuan susulan. Rencananya Selasa ini, YSKI akan membawa hampir 2.500 paket sembako, termasuk kasur, tikar, alat mandi dan perlengapan masak yang nilai ditaksir lebih kurang Rp500 juta. Kita berharap bantuan yang diberikan ini benar-benar dapat membantu para korban,” harap Anita. (BS-024)
    T#g:
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    Konflik di Hermes, Pemko Medan Perlu diajak Bicara

    Beritasumut.com-Tim Pembela Masjid Taqwa Polonia Aliansi Ummat Islam memandang persoalan keributan yang terjadi beberapa hari yang lalu adalah ekses p

  • 3 tahun lalu

    Granat Kota Medan Dukung Pemko dan DPRD Tambah Anggaran Kepolisian

    Beritasumut.com-Granat Kota Medan mendukung Pemko Medan dan DPRD Medan menambah anggaran Kepolisian khususnya dalam rangka pemberantasan narkoba. Hal

  • 3 tahun lalu

    Langgar Aturan Selama Libur Lebaran, Pejabat ASN Pemko Medan Akan Dikenakan Sanksi

    Beritasumut.com-Pemerintah telah menetapkan libur lebaran mulai tanggal 4 hingga 8 Juli mendatang. Terkait hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemko) Medan

  • 3 tahun lalu

    Pemko Siapkan 3,5 Hektare Bangun Terminal A dan Jalan Menuju Pasar Induk Lau Cih

    Beritasumut.com-Lahan seluas 3,5 hektar disiapkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Medan untuk membangun terminal A dan pembebasan jalan menuju Pasar Indu

  • 3 tahun lalu

    Janji Palsu Oknum PNS Pemko Medan Berakhir di Polsek Delitua ‎

    Beritasumut.com-Janji manis Nur Amelia Siregar (51) warga Jalan Karya Kasih, Kompleks Griya Karya Kasih, Kelurahan Pangkalan Mansyur, Medan Johor kepa

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.