Pembersihan Jalan Sutomo dan Sekitarnya, Walikota Medan Amankan Gedung PSMS di Jalan Veteran

Pembersihan Jalan Sutomo dan Sekitarnya, Walikota Medan Amankan Gedung PSMS di Jalan Veteran
Beritasumut.com/BS02-rel
Walikota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi pimpin pembersihan wilayah Jalan Sutomo dan Gedung PSMS di Jalan Veteran, Sabtu (21/05/2016)

Beritasumut.com-Aksi gotong royong massal yang dipimpin oleh Walikota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi bersama Dandim 0201/BS, Kol Inf Maulana Ridwan di kawasan Jalan Sutomo dan sekitarnya, Sabtu (21/05/2016) berlanjut hingga ke Jalan Veteran. Walikota dalam aksi gotong royong itu memerintahkan kepada Kasatpol PP Kota Medan, M Sofyan untuk mengamankan gedung PSMS yang berada di Jalan Veteran. Gedung tersebut merupakan aset Pemko Medan. Namun kenyataannya selama belasan tahun, gedung itu ‘dikuasai’ oleh orang-orang tidak berwenang dan disewakan kepada orang-orang yang menggantungkan hidup dari para pedagang kaki lima Jalan Sutomo.

Dengan menggunakan toa, Sofyan memberikan waktu 15 menit kepada penyewa liar agar segera mengosongkan gedung tersebut. Setelah itu, petugas Satpol PP merangsek masuk dan mengeluarkan seluruh barang-barang milik warga yang tersisa untuk menghindari di tempati kembali. Para teknisi dari Dinas Pertamanan juga memutuskan aliran listrik di gedung, langsung dari tiang listrik terdekat serta memutuskan saluran air dengan mengamankan mesin air (sanyo).

Bangunan kios yang ada di depan dan samping gedung PSMS juga dirubuhkan karena selama ini digunakan sebagai tempat berjualan dan penyimpanan bawang. Menurut pantauan wartawan, proses pengosongan gedung PSMS berjalan lancar. Setelah para penghuni keluar, seluruh sekat-sekat yang digunakan sebagai kamar dibongkar satpol PP agar tak dapat dihuni kembali.

Kepala Bagian Aset dan Perlengkapan Setdakot Medan, Agus Suriono mengatakan, usai pengosongan pihaknya akan memagar gedung PSMS agar tak dapat ditempati warga lagi. Menanggapi hal ini, Walikota mengaku puas dengan gotong royong massal yang dilakukan. Kawasan Jalan Sutomo dan sekitarnya kini mulai terlihat bersih dan tertata. Eldin menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh peserta gotong royong, terutama dari aparat TNI dan kepolisian yang mendukung penuh aksi gotong royong tersebut.

“Berkat dukungan penuh dari aparat TNI dan kepolisian, gotong royong yang kita lakukan berjalan dengan lancar dan hasilnya cukup memuaskan. Kita harapkan gotong royong ini dapat terus kita lakukan,” ungkap Eldin, seraya berpesan kepada Camat yang wilayahnya dibersihkan agar benar-benar menjaga hasil gotong royong yang telah dilakukan.(BS02)