Panwaslu Madina Laksanakan Bintek

admin admin
Panwaslu Madina Laksanakan Bintek
M Saima Putra
Ketua Panwaslu Kabupaten Mandailing Natal Henri SSos memberikan sambutan pada pembukaan pelaksanaan Bintek Panwaslu Kecamatan se Madina di Aula Rindang Hotel, Dalan Lidang, Panyabungan, Madina, Sumatera Utara, Sabtu (12/01/2013).

Panwaslu Madina Laksanakan Bintek

admin admin
Panwaslu Madina Laksanakan Bintek
M Saima Putra

Panyabungan, (beritasumut.com) – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) melaksankan Bimbingan Teknis (Bintek) kepada Panwaslu Kecamatan se Madina di Aula Rindang Hotel, Dalan Lidang, Panyabungan, Madina, Sumatera Utara, Sabtu (12/01/2013).

Hadir dalam acara tersebut, Bupati diwakili Wakil Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution, Wakapolres Madina, Anggota Panwaslu Provinsi Ahmad Solihin, Ketua Panwaslu Madina Henri SSos, Anggota Panwaslu Madina Aswin Hasibuan SP, Ahmad Husein SHI, 69 Anggota Panwascam dari 23 Kecamatan, serta 46 Sekretariat Panwascam.

Bupati Madina dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati menyampaikan, Pemkab Madina sangat mendukung kinerja Panwaslu Kabupaten maupun Panwaslu Kecamatan.

Apalagi pelaksanan bittek yang diselenggarakan Panwaslu untuk Panwascam ini, untuk meningkatkan sumber daya manusia para Panwascam agar bisa maksimal untuk mengawasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara yang akan dilaksanakan.

Pembinaan SDM yang adalah untuk meningkatkan pola pembinaan dan peningkatan pengawasan terhadap Panwascam agar bisa melakukan pengawasan yang lebih maksimal dan bisa menangani pelanggaran dam menjalankan pengawasan.

“Momen ini saya harapakan dapat kita jadikan sebagai langkah strategis Panwaslu Madina dalam merumuskan dan mengambil keputusan tentang program kerja dalam pengawasan dalam pelaksanaan Pilgub Sumut mendatang,” harap Bupati.

Kiranya program kerja Panwaslu ke depan semakin realistis dan objektif, yang dapat berintegrasi dengan perjuangan untuk menuntaskan tugas pengawasan dan penanganan pelanggaran masalah yang terjadi dalam proses pesta demokrasi nantinya.

Sebelumnya, Ketua Panwaslu Kabupaten Mandina Henri SSos menyampaikan Panwaslu merupakan bagian dari proses pemilihan umum yang bertugas dalam mengawasi jalannya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2013 ini.

Panwaslu dituntut mampu mengawasi seluruh kegiatan yang dilaksanakan KPU, PPK sampai kegiatan di tingkat PPS di Desa/Kelurahan. Mengawasi seluruh kegiatan setiap calon dan seluruh relawan yang melaksanakan tugas kampanye terhadap masyarakat di tengah-tengah masyarakat.

Mengawasi seluruh kegiatan masyarakat jangan sampai terjadi seling menjelekkan. Memproses seluruh pelanggaran yang terjadi dalam pelaksanaan pesta demokrasi sehingga masyarakat bisa tenang dalam memilih calon.

Untuk mencapai tujuan tersebut, tentunya Panwaslu baik kabupaten maupun kecamatan hingga PPL di desa/kelurahan se Kabupaten Madina harus memiliki kemampuan dalam pengawasan yang baik secara professional, punya ilmu dan wawasanan dalam pengawasaan.

“Saya tekankan kepada Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Madina, laksanakanlah tugas yang berat ini dengan ikhlas dan penuh rasa tenggung jawab secara professional sehingga tidak akan menimbulkan masalah dalam proses pesta demokrasi,” tandas Henri. (BS-026)