Senin, 17 Februari 2020

    Panwaslu Labura Temukan 39.550 Pemilih Tanpa NIK

    Jumat, 01 Maret 2013 11:18:00
    BAGIKAN:

    Medan, (beritasumut.com) – Berdasarkan ketentuan Pasal 11 Ayat 3 Peraturan KPU Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Pedoman Tata Cara Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih Dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah menyebutkan, data/daftar pemilih yang menggunakan formulir Model A –KWK.KPU, paling sedikit meliputi nomor urut, nomor pemilih, nama lengkap, tempat/tanggal lahir (umur), jenis kelamin, status perkawinan, alamat tempat tinggal, dan jenis cacat yang disandang.

    Berdasarkan ketentuan tersebut Panwaslu Kabupaten Labuhan Batu Utara melakukan deteksi terhadap spesifikasi pemilih. Demikian dikatakan Ketua Panwaslu Labura Yos Batubara di Kantor Panwaslu Labura dalam siaran pers yang diterima beritasumut.com, Rabu (27/02/2013).

    Disebutkan Yos, dari hasil deteksi tersebut khususnya deteksi mengenai jumlah pemilih tanpa NIK, jumlah pemilih tidak jelas status perkawinan, dan jumlah pemilih dengan jenis cacat yang disandang pemilih.

    Pendeteksian, lanjut Yos, adalah dilakukan pada salinan data/daftar pemilih yang menggunakan formulir Model A3 –KWK.KPU se Labuhan Batu Utara.

    “Dari hasil deteksi ditemukan pemilih tanpa NIK sebanyak 39.550 pemilih, pemilih tidak jelas status perkawinan sebanyak 670 pemilih, dan tidak ada satu pemilihpun yang dicantumkan mengenai jenis cacat yang disandang pemilih tersebut,” ujar Yos.

    Yos mengungkapkan, pemilih tanpa NIK terbanyak terdapat di Kecamatan Kualuh Hulu berjumlah 9.505 pemilih, sedangkan pemilih tidak jelas status perkawinan terbanyak terdapat di Kecamatan Kualuh Leidong berjumlah 345 pemilih.

    “Namun pada kolom keterangan salinan Daftar Pemilih Tetap (Model A3-KWK.KPU) tidak ada satupun ditemukan isian keterangan mengenai jenis cacat yang disandang pemilih seperti yang disebutkan Pasal 11 Ayat 3 Peraturan KPU Nomor 12 Tahun 2010 padahal kita mengetahui bahwa di Labura ada ditemukan penyandang disabilitas seperti tunanetra (buta) juga tunadaksa (cacat tubuh),” jelas Yos.

    Dijelaskan Yos juga, khusus untuk pemilih tunanetra yang terdaftar sebagai pemilih nantinya tentunya akan diberi alat bantu tunanetra (braille template).

    Dari itu, pihak Panwas akan mengundang pihak KPU Labura juga pihak Dinas Dukcapil Labura untuk klarifikasi terutama mengenai pemilih yang Tanpa NIK.

    Berikut rincian jumlah pemilih tanpa NIK dan pemilih tidak jelas status perkawinan tiap kecamatan se Labura. Kecamatan Kualuh Hulu: pemilih tanpa NIK sebanyak 9.505 pemilih, tidak jelas status perkawinan sebanyak 71 pemilih. Kecamatan Kualuh Selatan: pemilih tanpa NIK sebanyak 769 pemilih, pemilih tidak jelas status perkawinan sebanyak 26 pemilih. Kecamatan Aek Natas: pemilih tanpa NIK sebanyak 4.900 pemilih, pemilih tidak jelas status perkawinan sebanyak 39 pemilih. Kecamatan Aek Kuo: pemilih tanpa NIK sebanyak 4.410 pemilih, pemilih tidak jelas status perkawinan sebanyak 16 pemilih. Kecamatan Marbau: pemilih tanpa NIK sebanyak 5.488 pemilih, pemilih tidak jelas status perkawinan sebanyak 16 pemilih. Kecamatan NA IX-X: pemilih tanpa NIK sebanyak 6.043 pemilih, pemilih tidak jelas status perkawinan sebanyak 88 pemilih. Kecamatan Kualuh Hilir: pemilih tanpa NIK sebanyak 4.466 pemilih, pemilih tidak jelas status perkawinan sebanyak 69 pemilih. Kecamatan Kualuh Leidong: pemilih tanpa NIK sebanyak 3.969 pemilih, pemilih tidak jelas status perkawinan sebanyak 345 pemilih. (BS-002)
    T#g:
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 7 tahun lalu

    Di Setiap TPS Diharapkan Dicantumkan Jenis Disabilitas Pada Kolom Keterangan Daftar Pemilih

    Medan, (beritasumut.com) – Tidak boleh ada satupun warga yang terhalangi haknya untuk berpartisipasi dalam pemilu. Adalah jaminan bagi setiap warga un

  • 7 tahun lalu

    Panwaslu Labura Temukan Puluhan Ribu Pemilih Tak Memiliki NIK

    Medan, (beritasumut.com) – Berdasarkan hasil pengawasan tahapan pemutakhiran data pemilih dalam rangka pelaksanaan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil G

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.