PPI Tuding Kedatangan SBY ke Sumut Sarat Kepentingan Partai


PPI Tuding Kedatangan SBY ke Sumut Sarat Kepentingan Partai
Ketua Umum PPI Sumut Muazzul didampingi Sekretaris Umum M Sahbana. (Ist)
Medan, (beritasumut.com) Kunjungan kerja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam rangka meresmikan Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) dinilai sarat dengan pemanfaatan jabatannya sebagai Presiden untuk kepentingan Partai Demokrat.

"PPI melihat kunjungan SBY selaku Presiden ini sarat dengan kepentingan Partai Demokrat," ujar Ketua Umum Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI) Sumut Muazzul didampingi Sekretaris Umum M Sahbana dalam konferensi pers di Kampus Universitas Medan Area (UMA), Jalan Setia Budi, Medan, Kamis (27/3/2014) siang.

Dikatakannya, pemanfaatan jabatan SBY demi kepentingan partai dapat dilihat dari waktu yang berdempetan antara persemian bandara dengan kampanye Partai Demokrat.

"Peresmian Bandara Kualanamu hanya berbeda satu hari dengan kampanye Partai Demokrat pada Jumat (28/3/2014). Ini merupakan waktu yang diset sedemikian rupa oleh partai itu.  Kalau hanya demi efisiensi didempetkankan satu hari, PPI tidak bisa menerima itu," katanya.

Dijelaskannya, kedatangan awal SBY untuk meresmikan Bandara Kualanamu dan menghadiri kampanye parpolnya di Lapangan Merdeka, Medan, juga menggunakan fasilitas negara yaitu pesawat terbang presiden. Penggunaan fasilitas negara itu menurutnya harus dibuka secara transparan.

"Nah pulangnya juga bagaimana? Apakah menggunakan fasilitas negara atau fasilitas pribadi? Makanya perlu transparan, karena ini menyangkut kepala negara. Menurut kami ini adalah pelanggaran yang serius," ujarnya.

Diutarakannya, peresmian Bandara Kualanamu hanya dijadikan alasan untuk bisa memanfaatkan fasilitas negara. Apalagi, bandara pengganti Polonia itu belum rampung 100 persen secara fisik.

"Ditambah infrastrukturnya, baik jalan dan semua yang belum memenuhi syarat, makanya banyak masyarakat mensinyalir peresmian ini dipaksakan menjelang penghujung masa pemerintahan SBY," katanya.

Diketahui, SBY melakukan kunjungan kerja ke Sumut untuk meresmikan Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (27/3/2014). Keesokan harinya, Jumat (28/3/2014) SBY akan menghadiri kampanye akbar Partai Demokrat di Lapangan Merdeka, Medan. (BS-031)

Tag:PPI