Rabu, 19 Februari 2020

    Merasa Dibohongi, Warga Jalan Santun Medan Protes Pembangunan Tower

    Rabu, 18 Februari 2015 09:20:00
    BAGIKAN:
    Ilustrasi. (Google)
    Beritasumut.com Masalah pembangunan tower seperti tak berhenti mencuat ke tengah publik.

    Seperti yang terjadi di Jalan Santun Kelurahan Sudirejo I, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan.

    Sejumlah warga yang tinggal di sekitar Gereja Methodist mengadukan keresahannya ke Komisi D DPRD Kota Medan, Selasa (17/2/2015).

    Pada rapat dengar pendapat yang dipimpin Ketua Komisi D Ahmad Arif ini salah satu warga, Reni Simatupang mengatakan dirinya merasa dibohongi pihak gereja yang meminta tanda tangan persetujuan pembangunan tower di sekitar rumahnya.

    "Kami diminta persetujuan untuk pendirian lonceng gereja. Kami tidak tahu kalau ternyata yang dibangun itu tower. Kami sangat keberatan dengan keberadaan tower itu," kata Reni Sumatupang yang rumahnya hanya berjarak dua meter dari lokasi.

    Senada, warga lainnya, Hutabarat, mengatakan pihak gereja tidak pernah menyebutkan tower pada saat meminta tanda tangan warga. Pihak gereja mengatakan yang akan dibangun adalah menara lonceng gereja.

    "Waktu meminta tanda tangan satu kali pun dia tak ada bilang untuk tower. Ia bilang itu menara lonceng gereja. Tentu sebagai umat kristiani saya bersedia memberikan izin. Setelah saya tanda tangan, baru dia bilang saya akan diberi uang Rp500.000, saya tak ngerti itu uang apa," kata Hutabarat.

    Ketua Panitia Pembangunan Gereja Jakson Pakpahan mengaku sudah menjelaskan secara detail mengenai pembangunan tower tersebut.

    Ia mengatakan dirinya sudah menunjukkan model kamuflase tower yang akan dibangun. Warga pun akhirnya setuju dan menagih uang Rp500.000 yang dijanjikannya.

    Lurah Sudirejo I Budiah mengatakan awalnya protes karena pembangunan tower masih belum mengantongi izin dari Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB) Medan.

    Namun, lanjutnya, 14 Oktober 2013, mereka sudah mengantongi izin dan pembangunan dilakukan. Tapi warga berkeras menolak itu sehingga dilakukan mediasi beberapa kali dan masih tidak ada jalan keluar.

    "Yang saya pegang tanda tangan warga ini Pak. Selanjutnya, pihak pengembang juga sudah memiliki izin. Saya sudah menjalankan tugas sesuai kapasitas saya. Sebelum mereka punya izin saya tidak mengizinkan ada pembangunan apapun di sana," katanya.

    Ketua Komisi D DPRD Medan Ahmad Arif didampingi Wakil Ketua P Mei Simanjuntak, Sekretaris Dame Duma Sari Hutagalung, dan Anggota Komisi D Ihamsyah, Maruli Tua Tarigan, Parlaungan Simangunsung, dan Sahat Simbolon mengatakan ada baiknya pihak gereja membangun komunikasi yang baik.

    "Saya kira kalau sudah memiliki izin, kita sudah tidak bisa apa-apa lagi. Lagipula, berdasarkan apa yang kita dengarkan dari ibu lurah tadi, semua prosedurnya sudah dilakukan," jelasnya.

    Untuk itu, kata Arif, ia meminta warga bersabar dan mengikhlaskan itu. Jika nantinya ada penyimpangan dalam pembangunannya, warga diminta melaporkannya pada DPRD Medan.

    "Bangun hubungan baik dan komunikasi yang baik sajalah antara warga dan pengurus gereja," kata Arif. (BS-001)
    T#g:
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 5 tahun lalu

    Sebelum Jatuh, Hercules TNI AU Terbang Rendah dan Menabrak Tower Radio

    Beritasumut.com - Pesawat Hercules milik TNI AU jatuh di Jalan Jamin Ginting, Medan, Selasa (30/6/2015) siang.Salah sorang saksi mata, Ginting, mengat

  • 5 tahun lalu

    Pasien Meninggal, Keluarga Protes Rumah Sakit

    Beritasumut.com - Bayi berusia 1,8 bulan bernama Bilqis meninggal dunia setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Permata Bunda, Jumat (29/5/2015) ma

  • 5 tahun lalu

    Putusan Hakim Memenangkan Komjen Budi Gunawan Memantik Protes di Medan

    Beritasumut.com Putusan hakim pada sidang praperadilan Komjen Pol Budi Gunawan versus KPK memantik protes di Medan, Senin (16/2/2015). Puluhan aktiv

  • 5 tahun lalu

    Nelayan Sumut Protes Menteri Kelautan

    Beritasumut.com Kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melarang penangkapan dan perdagangan lobster, kepiting dan rajungan, yang

  • 5 tahun lalu

    Tak Miliki Izin, Dinas TRTB Medan Bongkar Tower di Atas Gereja

    Beritasumut.com Dinas Tata Ruang dan Tata Kota  (TRTB) Kota Medan menertibkan dua unit tower bermasalah di Jalan Monginsidi Baru, Kelurahan Ang

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.