Rabu, 20 November 2019

    Harus Ada Penyeimbangan Pembangunan Kota-kota Besar

    Mendagri Buka Rakernas IX Apeksi

    Selasa, 07 Mei 2013 21:48:00
    BAGIKAN:
    Ist
    Wakil Walikota Medan Dzulmi Eldin berbincang dengan Mendagri Gamawan Fauzi pada pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) IX Tahun 2013 di Swiss-Belhotel Danun, Jalan Tjilik Riwut, Palangkaraya, Selasa (
    Palangkaraya, (beritasumut.com) – Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI) Gamawan Fauzi membuka secara resmi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) IX Tahun 2013 di Swiss-Belhotel Danun, Jalan Tjilik Riwut, Palangkaraya, Selasa (7/5/2013).

    Rakernas Apeksi 2013 bertema “Mewujudkan Pemerintahan Kota yang Bersih, Transparan, dan Akuntabel”. Mendagri mengatakan, perlu ada penyeimbangan dalam pembangunan kota. Makanya, tidak boleh pembangunan kota tertumpu pada satu titik karena cenderung akan padat sehingga bisa menimbulkan permasalahan. Tapi harus seimbang. Untuk itu, kota-kota kecil harus juga dikembangkan. 

    “Apa yang dilakukan  Kota Palangkaraya dengan membuat jalan-jalan yang besar adalah upaya untuk mengantisipasi 50 tahun ke depan. Apa yang dilakukan mengantisipasi kepadatan karena urbanisasi dan cenderung terjadi. Menyeimbangkan sangat penting. Pengendalian kota-kota besar besar sangat diperlukan. Lihat saja kota Jakarta yang sangat rumit sehingga perlu ada pengendalian kota besar dan dan percepatan pembangunan kota kecil,” katanya.

    Sementara Ketua Dewan Pengurus Apeksi yang juga Walikota Manado GS Vicky Lumentut mengatakan selepas penyelenggaraan Munas Apeksi di Manado, pengurus mengikuti agenda penting di tingkat nasional antara lain mengikuti rapat dengar pendapat di DPR RI, mengikut rapat dengar pendapat usulan perubahan penyempurnaan tentang pengurusan piutang negara dan daerah serta rapat kerja mengenai transper daerah dan upaya mempercepat pembangunan daerah.

    “Rakernas sangat penting dan stragis karena untuk menata dan mengoptimalkan peran pemko khususnya mewujudkan pemerintahan kota yang bersih, tranparan dan akuntabel sebagai prinsip good governance,” katanya.

    Dia mengakui, forum koordinasi ini rutin diadakan setiap tahun dan kini peserta Apeksi berjumlah 98 kota. Rakernas ini, katanya untuk membahas dan menyelesaikan bersama masalah penyelenggaraan pemerintah kota. Kegiatan ini jadi peluang untuk saling bertukar pengalaman, momentum bertemunya pemerintah pusat. Hasil akan dirangkum dalam rekomendasi Apeksi untuk disampaikan kepada pemerintah. 

    “Rekomendasi diharapkan mendapat perhatian dari pemerintah dan diharapkan memberikan penguatan pada Apeksi dalam mewujudkan pemerintah yang bersih dan akuntabel,” katanya.

    Walikota Palangkaraya M Riban Satia mengucapkan selama datang bagi peserta Apeksi di Palangkaraya dan selamat mengikuti kegiatan Rakerna Apeksi IX Tahun 1013 dengan berbagai kegiatan antara lain rakernas, pawai budaya dan Indonesia City Expo di Lapangan Sanaman Mantikei.

    Pada pembukaan Mendagri juga memberikan penghargaan kepada Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang. Mendagri juga melakukan demo pengujian e-KTP kepada peserta sehingga diketahui e-KTP ternyata tidak bisa dipalsukan dan siapa pun yang memalsukan atau double pengurusan akan ketahuan.

    Sementara Wakil Walikota Medan Dzulmi Eldin S sempat berdialog dengan Mendagri. Dia mengaku Kota Medan terus melakukan kebijakan terkait percepatan perekaman e-KTP dan pelaksanaan pengurusan akta kelahiran tanpa lagi melalui pengadilan bagi yang berusia di atas satu tahun.

    Eldin hadir didampingi Kadisbudpar Kota Medan Bursal Manan, Kadis Perindag Kota Medan Syahrizal Arif, Kadis Koperasi dan UMKM Tunggar Harahap, Kabag Hakda Setda Kota Medan M Rivai Nasution. Kota Medan juga mengikuti sejumlah pawai budaya dengan menampikan Tarian Sigale-gale yang dibawa oleh Grup Sumatera Etnik binaan Yusra Siregar dan bimbingan Kadisbudpar Kota Medan Bursal Manan. (BS-024)
    T#g:
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 4 tahun lalu

    Kualitas Udara di Palangkaraya, Pekanbaru dan Pontianak Level Berbahaya

    Beritasumut.com - Berdasarkan laporan BMKG pada Sabtu (26/9/2015) pukul 14.00 WIB, Indeks Standard Pencemaran Udara (ISPU) di beberapa kota berada pad

  • 5 tahun lalu

    AKBP Jukiman Situmorang Kapolres Palangkaraya

    Beritasumut.com - Kapolres Palangkaraya dimutasi. Mutasi tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/737/IV/2015 Tanggal 2 April 2015.Kap

  • 7 tahun lalu

    Stand Pemko Medan Diminati Pengunjung

    Palangkaraya, (beritasumut.com) – Stand Pemko Medan yang memamerkan produk-produk unggulan di arena Indonesia City Expo Asosiasi Pemerintah Kota Selur

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.