Medan Tuan Rumah Raker Komwil I Apeksi 2013


Medan Tuan Rumah Raker Komwil I Apeksi 2013
Google

Medan,  (beritasumut.com) – Kota Medan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Kerja Komisariat Wilayah I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indoensia (Raker Komwil I Apeksi) 2013 yang akan berlangsung pada 23 s/d 26 April mendatang. Raker yang mengusung tema “Menuju Pemerintahan Kota yang Semakin Eefektif “ ini rencananya akan dibuka langsung Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Gamawan Fauzi SH  MM dan dihadiri sekitar 24 Walikota se Komwil I Apeksi.

Walikota Medan Rahudman Harahap di Pendopo Rumah Dinas, Jalan Sudirman, Medan, Sumatera Utara, Sabtu  (20/04/2013) petang menjelaskan pembukaan Raker Komwil I Apeksi akan berlangsung di Grand Ballroom Hotel Grand Aston Medan, Rabu (24/04/2013). Seluruh peserta yang akan mengikuti Rakerwil direncanakan tiba sehari sebelumnya, Selasa (23/04/2013). Usai pendaftaran dan chek in, seluruh peserta yang hadir akan dijamu Walikota Medan melalui acara wellcome party yang dirangkaikan dengan makan malam bersama, hiburan sekaligus ramah tamah.

Adapun peserta Rakerwil, ungkap Rahudman, diantaranya Walikota Banda Aceh, Walikota Sabang, Walikota Lhokseumawe, Walikota Langsa, Walikota Sabang, Walikota Subussalam, Walikota Payakumbuh, Walikota Padang, Walikota Solok, Walikota Pariaman, Walikota Bukit Tinggi, Walikota Batam, Walikota Tanjunmg Pinang, Walikota Pekanbaru, Walikota Dumai, Walikota Padang Sidempuan, Walikota Gunung Sitoli, Walikota Sibolga, Walikota Binjai, Walikota Sawah Lunto, Walikota Pematang Siantar dan Walikota Tebing Tinggi.

“Raker Komwil I Apeksi akan diisi dengan diskusi panel, sidang pleno dan pengesahan program kerja Komwil I Aeksi Periode 2012-2015 dan rekomendasi. Hasil dari raker ini akan dibawa ke Raker Nasional Aeksi di Palangkaraya yang akan berlangsung pada Mei 2013. Selain itu akan digelar pawai budaya yang akan diikuti para Walikota bersama istri dengan mengenakan pakaian adat budaya masing-masing daerah,” kata Rahudman.

Untuk pawai budaya ini, jelas Walikota, para Walikota  bersama istri yang telah mengenakan pakaian adat budaya masing-masing selanjutnya akan menaiki becak dayung yang telah dihias sedemikian rupa sehingga terlihat cantik dan menarik diikuti para delegasi tim kesenian/budaya masing-masing kota yang mengikuti Raker Komwil I Apeksi 2013, pelajar Kota Medan, drum band dari Yon Zipur I/DD, pawai kendaraan antik dan kenderaan 8 etnis budaya dengan titik kumpul di Lapangan Benteng dan finish di Jalan Pulau Pinang, Medan.

“Acara dilanjutkan dengan senam kolosal dengan peserta para pelajar di Kota  Medan. Untuk itu saya atas nama pribadi dan Pemko Medan, menyampaikan permintaan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat pengguna jalan yang melintasi kawasan Lapangan Benteng dan Lapangan Merdeka. Sebab, kegiatan yang digelar dipastikan akan menyebabkan terjadinya kemacetan sehingga mengganggu kenyamanan dalam berkendaraan,” ungkapnya.

Disaat Raker Komwil I Apeksi berlangsung, Walikota mengatakan Pemko Medan akan melaksanakan Pameran UMKM Nasional 2013 Medan City Expo di Lapangan Merdeka, Medan. Pameran ini akan dibuka pada Rabu (24/04/2013) sekitar pukul 20.00 WIB. Sedangkan peserta pameran, jelas Walikota, nerasal dari pemerintah provinsi, kabupaten/kota se Indonesia, kementerian terkait, BUMN, BUMD, perusahaan swasta nasional beserta binaan, Apeksi Wilayah I Sumatera, lembaga keuangan dan perbankan, pengusaha UMKM dan koperasi, PKBL se Indonesia serta asosiasi industri dan perdangan.

Karena itulah Walikota akan membawa seluruh peserta raker untuk melihat pameran. “Selama pameran UMKM Nasional 2013 Medan City Expo, para peserta Raker Komwil I Apeksi akan menampilkan tim keseniannya masing-masing. Untuk itu saya mengajak seluruh warga Kota Medan agar beramai-ramai menghadiri  pameran yang berlangsung selama 3 hari mulai 24 s/d 26 April. Selain melihat hasil-hasil produk unggulan kopertasi dan UMKM, masyarakat juga setiap malamnya dapat menikmati penampilan kesenian dari 24 kota se-Komwil I Apeksi,” ajak Walikota.

Sebelum mengakhiri penjelasannya, Walikota mengingatkan kepada seluruh pimpinan Satuan Kerja Pimpinan Daerah (SKPD) yang telah menerima uraian tugas masing-masing terkait dengan penyelenggaran raker tersebut agar benar-benar menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab. (BS-024)

Tag:Apeksi