LKPP: Keputusan Panitia Tender Formulir Pemilukada Deli Serdang Tidak Tepat

LKPP: Keputusan Panitia Tender Formulir Pemilukada Deli Serdang Tidak Tepat
Google
Ilustrasi
Medan, (beritasumut.com) Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dikabarkan sudah mengeluarkan surat balasan atas pengaduan dari CV Era Mega Grafika terkait dikalahkannya CV Era Mega Grafika pada tender Pengadaan Cetak Formulir untuk Pilkada Deli Serdang.

Informasi yang diperoleh wartawan, Rabu (23/10/2013), LKKP sudah memberikan jawaban atas pengaduan CV Era Mega Grafika tersebut dimana pokok dari isi jawaban tersebut adalah Keputusan Panitia Tender yang menggugurkan CV Era Mega Grafika dengan alasan tidak ada hasil  dari laboratorium tidak tepat.

Surat dari LKPP itu kabarnya juga ditembuskan kepada pihak Irjen Sekretariat KPU Pusat, panitia tender KPU Deli Serdang dan Sekretariat KPU Deli Serdang.

Sementara Sekretaris KPU Deli Serdang Hayat Simatupang ketika dikonfirmasi melalui telepon menegaskan dirinya belum ada menerima surat dari LKPP terkait persoalan tender Formulir tersebut. "Saya belum menerima surat dari LKPP itu," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa pelaksanaan tender pengadaan formulir untuk Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati (Pilbub) Deli Serdang Tahun 2013 yang dilakukan Panitia Pengadaan Barang dan Jasa KPU Deli Serdang dinilai bermasalah dan diduga terjadi "kongkalikong" atau unsur KKN dalam menentukan pemenang tender. 

Pasalnya, Panitia tender memenangkan perusahaan CV Mutiara Samudera yang ditemukan tidak memiliki mesin percetakan, karena waktu proses tender CV Mutiara Samudera didukung oleh Peruri.

Berdasarkan Berita Acara Hasil Pelelangan (BAHP) Nomor 17/PAN/KPU-DS/2013 Tanggal 18 September 2013, diterbitkan Panitia Pengadaan Barang dan Jasa KPU Deli Serdang yang diterima Panwaslu Kabupaten Deli Serdang dari CV Pegagan Selaras dan CV Era Mega Grafika, panitia memenangkan CV Mutiara Samudera dengan harga penawaran tertinggi senilai Rp 934.871.630 dari sumber dana APBD Kabupaten Deli Serdang sebesar Rp979.515.600.

Akibat dimenangkannya CV Mutiara Samudera mengakibatkan CV Pegagan Selaras dan CV Era Mega Grafika melayangkan sanggahan dan sanggahan banding ke panitia lelang yang diketuai oleh Hj Rostina ST, Sekretaris Asnan Nasution SH MSP, Anggota Gelora Sembiring SE MAP, Bahriman Siregar dan Syamsiah Simangunsong, dengan sanggah banding ditembuskan ke Panwaslu Kabupaten Deli Serdang.

Direktris CV Era Mega Grafika Iru Pratiwi dan Wakil Direktur CV Pegagan Selaras Jamin Berutu, menuturkan pihaknya memang melakukan sanggahan hingga sanggahan banding karena ada indikasi permainan dalam tender tersebut. 

"Persoalan sanggah banding sudah kita tembuskan ke Panwaslu Deli Serdang, sebagai laporan adanya dugaan "kongkalikong" ataupun unsur KKN dalam pelaksanaan tender itu," ungkapnya. (BS-022)