Kamis, 21 November 2019

    Kota Medan Miliki Tiga Moda Transportasi

    Jumat, 22 Februari 2013 13:48:00
    BAGIKAN:
    Ist

    Medan, (beritasumut.com) – Kota Medan sangat strategis dibanding daerah dan kota lainnya, karena Kota Medan memiliki tiga moda transportasi sekaligus yakni transportasi darat, laut dan udara. Tiga moda transportasi sekaligus ini dimiliki Kota Medan dan tidak ada di daerah lain seperti Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Serdang Bedagai dan lainnya yang memiliki transportasi laut dan transportasi darat. Pemerintah Kota Medan sendiri terus melakukan upaya bagaimana menciptakan transportasi yang berkelanjutan, berkesinambungan dan ramah lingkungan.

    Hal ini dikatakan Sekda Medan Ir Syaiful Bahri MM ketika menerima audensi Pengurus Masyarakat Tranportasi Indonesia (MTI) Sumatera Utara terdiri atas Ketua Hendra W Kesuma, Wakil Ketua Haposan Siallagan, Sekretaris Herbin Polin dan Bendahara Ir Meuthia Fadillah Fachruddin didampingi pemrakasa MTI Parlindungan Purba SH yang juga Anggota DPD RI asal Sumatera Utara di Balaikota, Jalan Maulana Lubis, Medan, Sumatera Utara, Jumat (22/02/2013).

    Dikatakan, transportasi yang digunakan di Kota Medan saat ini adalah transportasi yang tidak merusak lingkungan dan ini dapat menjadi kaitan dengan rencana dan program MTI didalam menciptakan tranportasi hijau di Sumut khusus Kota Medan. Untuk itulah Pemko Medan mendukung gagasan dan rencana kerja MTI yang memberikan sumbangsih, memberikan pemikiran masalah tranportasi di Medan sehingga permasalahan tranportasi dapat lebih baik lagi, selain itu juga dapat merubah prilaku pengguna lalulintas kerah yang lebih tertib lagi.

    “Kota Medan punya akses untuk itu dan memberikan kesempatan kepada investor untuk membangun transportasi tersebut dan masyarakat akan mengunakan moda transportasi tersebut dengan fisilitas tranpostasi yang ekskulusif tentunya,” ujar Sekda.

    Menurutnya, pemerintah pada prinsipnya mendukung rencana dan program kerja MTI, untuk menggelar seminar tentang tranportasi hijau yang ada di Sumut khususnya Medan, digelar pada 16 Maret 2013 di Binagraha, Jalan Dipenogoro, Medan yang akan dibuka Menteri Perhubungan RI sekaligus pelantikan Pengurus MTI Sumut Periode 2012-2016.

    Pemrakarsa MTI Parlindungan Purba SH mengatakan, MTI baru satu tahun berdiri. Nantinya MTI akan menjadi mitra Pemerintah Kota Medan dalam mendukung pembangunan terutama di bidang transportasi. Untuk itulah diharapkan nantinya Pemko Medan dapat melibatkan MTI ini didalam program kerjanya terutama dalam hal menyangkut transportasi.

    Menurutnya, Medan sangat potensial dan  strategis untuk menjadi pusat jalur penerbangan luar negeri, selain itu bila Medan menjadi pusat jalur flight luar negeri lebih menguntungkan karena cost yang relatif lebih kecil dibandingkan daerah lainnya.

    Parlidungan Purba menambahkan, berdasarkan pengamatannya pengendara sepeda motor di Medan perlu mendapat jaminan asuransi, melihat vulome kendaraan bermotor di Medan intensitasnya cukup tinggi dan rentan akan terjadi kecelakaanm apalagi pengendaranya kurang tertib dan tidak mengindahkan rambu-rambu lalulintas.

    “Kita akan coba mengusulkan bagi pengendara sepeda motor mendapat jaminan asuransi kecelakaan, dan usulan ini nantinya akan kami sampaikan kepada Menteri Perhubungan RI,” ujar Parlindungan Purba. (BS-024)
    T#g:
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    Konflik di Hermes, Pemko Medan Perlu diajak Bicara

    Beritasumut.com-Tim Pembela Masjid Taqwa Polonia Aliansi Ummat Islam memandang persoalan keributan yang terjadi beberapa hari yang lalu adalah ekses p

  • 3 tahun lalu

    Granat Kota Medan Dukung Pemko dan DPRD Tambah Anggaran Kepolisian

    Beritasumut.com-Granat Kota Medan mendukung Pemko Medan dan DPRD Medan menambah anggaran Kepolisian khususnya dalam rangka pemberantasan narkoba. Hal

  • 3 tahun lalu

    Janji Palsu Oknum PNS Pemko Medan Berakhir di Polsek Delitua ‎

    Beritasumut.com-Janji manis Nur Amelia Siregar (51) warga Jalan Karya Kasih, Kompleks Griya Karya Kasih, Kelurahan Pangkalan Mansyur, Medan Johor kepa

  • 3 tahun lalu

    Polda Sumut Dukung Pemko dan Polresta Medan Tertibkan Asmara Subuh

    Beritasumut.com-Guna memberi rasa aman dan nyaman bagi umat muslim yang melaksanakan ibadah puasa, Polda Sumut mendukung upaya Pemko dan Polresta Meda

  • 4 tahun lalu

    Babinsa Dampingi Bank Arta Graha Laksanakan Pasar Murah

    Beritasumut.com-Artha Graha Peduli menggelar pasar murah pada lebih dari 1.700 titik di seluruh Indonesia. Pasar murah itu untuk membantu meringankan

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.