Minggu, 20 Oktober 2019

    Pendapatan Pajak Reklame Minim

    Kinerja Kadis Pertamanan Medan Harus Dievaluasi

    Jumat, 29 Maret 2013 22:21:00
    BAGIKAN:
    Ist
    Walikota Medan Drs H Rahudman Harahap MM (kanan) dan Kadis Pertamanan Zulkifli Sitepu.
    Medan, (beritasumut.com) Minimnya pendapatan pajak reklame dari Dinas Pertamanan Kota Kota Medan, yaitu hanya enam persen pada triwulan pertama Tahun Anggaran 2013 ini semakin banyak mendapat sorotan dari berbagai elemen masyarakat di Kota Medan.

    Bahkan, dengan hanya mendapatkan 6 persen pendapatan pajak tersebut, desakan kepada Walikota Medan untuk melakukan evaluasi terhadap Kadis Pertamanan Kota Medan Zulkifli Sitepu semakin terlihat.

    Seperti disampaikan Ketua Jaringan kerja Informasi Publik Sumatera Utara Arief Budiman. Pihaknya meminta Walikota Medan Rahudman Harahap segera melakukan evaluasi terhadap kinerja Kadis Pertamanan Medan.

    Arief menganggap, dengan hanya mendapatkan 6 persen pendapatan pajak reklame pada triwulan pertama ini sudah menunjukkan lemahnya kinerja Kadis Pertamanan Kota Medan.

    "Walikota Medan kita minta secepatnya mengambil kebijakan untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja Zulkifli Sitepu yang menjabat sebagai Kadis Pertamanan. Karena Kadis Pertamanan telah menunjukkan ketidakmampuannya menjalankan kerjanya sebagai Kadis Pertamanan," sebut Arief di Medan, Jumat (29/03/2013).

    Dia juga menyebutkan, minimnya pendapatan pajak dari reklame tersebut menunjukkan lemahnya Zulkifli Sitepu. Dan tentunya kata Arief, orang yang lemah kinerjanya harus segera digantikan agar tidak terjadi minimnya pendapatan pajak reklame yang tahun ini ditargetkan hingga Rp48 miliar.

    "Kalau Pemko Medan tidak mau kecolongan lagi dalam mendapatkan target PAD, Walikota harus segera bersikap untuk mengevaluasi kinerja Kadis Pertamanan. Karena kalau hal ini terus dibiarkan, maka kita pesimis target PAD dari pendapatan pajak reklame akan tercapai. Inilah kalau memilih pejabat tidak sesuai dengan proporsinya,  jadinya hanya bisa asal bapak senang saja," sebutnya.

    Sebelumnya, Kadis Pendapatan (Kadispenda) Kota Medan Muhammad Husni, ketika ditanya sekaitan dengan lemahnya pendapatan pajak yang dihasilkan oleh Dinas Pertamanan tersebut mengungkapkan, pihaknya telah menyurati Kadis Pertamanan Medan, akan tetapi sampai saat ini Kadis Pertamanan belum juga bisa menggenjot pendapatan pajak reklame, padahal triwulan pertama sudah hampir habis.

    "Kita sudah surati Kadisnya, tapi sampai saat ini pajak yang didapat baru 6 persen, padahal seharusnya pajak yang bisa diterima dari pajak reklame bisa mencampai 16 persen," ungkap Husni.

    Menurutnya, kalau alasan lambatnya penerimaan pajak reklame tersebut karena ada pergantian blanko, itu bukan menjadi alasan. Karena pergantian blanko tidaklah memakan waktu yang begitu lama. "Pergantian blanko tidak bisa dijadikan alasan untuk mengejar taarget PAD dari pajak reklame, karena kalau saja Kadis Pertamanan serius dan bersungguh sungguh menjalankan pekerjaannya yaitu dengan menandatangani berkas izin yang masuk kemejanya, maka pendapatan pajak tidak akan ada kendala," sebutnya.

    Anggota Komisi C DPRD Medan Ilhamsyah, sebelumnya juga telah mempertanyakan apa sebenarnya alasan Kadis pertamanan tidak menandatangani berkas izin reklame. Karena dari izin reklame itulah bisa mendongkrak pajak reklame sehingga nantinya target bisa tercapai.

    "Apa alasannya tidak menandatangani izin, Kadis seharusnya peka. Angka 6 persen itu angka yang luar biasa, padahal sekarang ini triwulan pertama sudah hampir selesai, kenapa baru bisa 6 persen pencapaian npajak reklame? Ini merupakan gambaran dari kemampuan Kadis Pertamanan," tegasnya. (BS-024)
    T#g:
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    Walikota Medan Respon Keinginan DPRD Soal Revisi Perda Pajak Reklame

    Beritasumut.com-Walikota Medan HT Dzulmi Eldin merespon desakan DPRD Medan soal Revisi Perda Pajak Reklame. Hal ini diungkapkannya kepada wartawan usa

  • 3 tahun lalu

    Ini Saran Anggota DPRD Sumut Terkait Penertiban Papan Reklame

    Beritasumut.com-Sejak November tahun lalu, Pemerintah Kota (Pemko) Medan melaksanakan  penertiban papan reklame yang tidak memiliki izin dan didi

  • 3 tahun lalu

    Anggota DPRD Sumut Dukung Penertiban Papan Reklame di Kota Medan

    Beritasumut.com-Anggota DPRD Sumatera Utara (Sumut) M Nezar Djoeli ST mengatakan mendukung penertiban papan reklame yang dicanangkan oleh Pemerintahan

  • 4 tahun lalu

    Tiga Billboard di Medan Kembali Ditumbangkan

    Beritasumut.com-Memasuki hari kesembilan penertiban yang dilakukan, Tim Terpadu Penertiban, Penindakan dan Pembongkaran Papan Reklame kembali  me

  • 4 tahun lalu

    Papan Reklame Milik Hypermart dan Supplier Alkes Dibongkar

    Beritasumut.com-Satu  persatu papan reklame  yang  berada di zona terlarang (13 titik ruas jalan bebas reklame)  bertumbangan sete

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.