Rabu, 17 Juli 2019

    Kepala Desa Kotarih Sergai Daftar BPJS Ketenagakerjaan

    Selasa, 01 Juli 2014 00:59:00
    BAGIKAN:
    Ilustrasi. (Google)
    Sergai, (beritasumut.com) – Setelah sebelumnya puluhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (KP2TM) mendaftarkan diri dalam program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Tanjung Morawa, kali ini giliran para Kepala Desa di Kecamatan Kotarih, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

    Camat Kotarih Zulkan dalam sambutannya saat sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan bagi seluruh Kepala Desa dan Pelaku PNPM Se Kecamatan Kotarih, Senin (30/6/2014) mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung program perlindungan bagi para Kepala Desa di wilayah itu.

    “Kami menyambut baik road show sosialisasi ini, kami akan terus menekankan agar para Kepala Desa dan aparat desa lainnya turut didaftarkan BPJS Ketenagakerjaan,” jelas Zulkan.

    Diungkapkan, sambil menunggu iuran BPJS Ketenagakerjaan masuk ke dalam APBD, untuk sementara iuran yang digunakan berasal dari tunjangan perangkat desa yang selama ini diterima.

    Sebagai bukti keseriusan dalam melindungi para aparat desa, pada kesempatan itu sebanyak 3 Kepala Desa langsung mendaftar.

    “Kami imbau agar desa yang lainnya juga menyusul dan untuk para petani dapat didaftar melalui kelompok tani di desa masing-masing,” katanya yang pada saat itu turut menghadirkan petugas BPJS Kesehatan Abu Safra Tanjung dari Sergai.

    Sementara Kepala Bidang Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Sanco Simanullang ST MT didampingi Marketing Officer Kurniadi dan Petugas Umum Firman mengungkapkan, berdasarkan peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 109 Tahun 2013 Tentang Penahapan Kepesertaan Program Jaminan Sosial menegaskan, Pemberi kerja penyelenggara negara wajib mendaftarkan pekerjanya dalam program jaminan sosial.

    PNS yang akan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan adalah semua PNS, TNI/Polri dari pusat maupun daerah, program yang diikutkan yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JK). Bagi PNS dengan gaji Rp2 juta, iuran JKK 0,24 persen sebesar Rp4.800 dan JK 0,3 persen sebesar Rp6.000, total Rp10.800 dimana semuanya pemerintah yang membayar iuran.

    Padahal, lanjutnya, dengan iuran yang sangat kecil itu, jika PNS yang bergaji Rp2 Juta, meninggal dunia karena kecelakaan kerja akan mendapatkan 48 x gaji = Rp96 juta ditambah berkala sekaligus Rp4,8 juta dan uang pemakaman Rp2 juta.

    Diungkapkan, para Kepala Desa non PNS dapat mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, sementara manfaat yang diperoleh tidak berbeda dengan peserta lainnya baik di sektor swasta maupun PNS.

    "Kami mengucapkan terimakasih kepada Camat Kotarih yang telah mengambil inisiatif di lingkungan Kepala Desa Sergai sehingga Non PNS yang menjadi Kepala Desa didaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan," katanya sembari mengharapkan Kepala Desa di seluruh Kecamatan Sergai dapat mendaftarkan diri.

    Bagi tenaga kerja dan perusahaan yang akan mendaftar dapat menghubungi Kantor Cabang BPJS Ketenagkerjaan Tanjung Morawa di no telp 061-7941709 atau Call Center 081397298100. (BS-001)
    T#g:
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    Lakukan Pembunuhan, Komplotan Pria Homo Ditangkap Polres Sergai

    Beritasumut.com-Polresor Serdang Bedagai (Sergai) berhasil mengungkap kasus terbunuhnya Muhammad Safii Nainggolan (22), warga Dusun III, Desa Sialangb

  • 3 tahun lalu

    Tangkap Ikan Secara Ilegal, Polres Sergai Amankan Kapal Pukat Trawl Tanpa Izin

    Beritasumut.com-Satu unit kapal pukat Trawl tanpa dilengkapi dokumen sah yang berada di perairan Laut Bedagai, tepatnya di Desa Bagan Kuala, Kecamatan

  • 3 tahun lalu

    Kepala Desa Dilantik Usai Upacara Harkitnas

    Beritasumut.com.com-Usai melaksanakan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), 303 Kepala Desa (Kades) terpilih se-Kabupaten Deli Ser

  • 3 tahun lalu

    Anggota DPRD Sergai Dilaporkan Saudara Kandung Atas Pemalsuan Akta

    Beritasumut.com-Anggota DPRD Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) JS dilaporkan saudara kandungnya ke Polda Sumut, Senin (09/05/2016) lalu. Warga Dusun S

  • 3 tahun lalu

    Siang Ini, 303 Kades Terpilih di Deli Serdang Ikuti Gladi Resik

    Beritasumut.com-Dijadwalkan Kamis (19/05/2061) siang ini, 303 Kepala Desa (Kades) terpilih akan melakukan gladi resik menjelang pelantikan.Kepala Bada

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.