Rabu, 13 November 2019

    Kemenag Jadwalkan Sidang Itsbat Pada Senin 4 Juli 2016

    Sabtu, 02 Juli 2016 17:42:00
    BAGIKAN:
    Beritasumut.com/Ilustrasi
    Melihat Hilal

    Beritasumut.com-Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifuddin memastikan sidang isbat penentuan awal bulan Syawal akan digelar pada Senin (04/07/2016) mendatang. Menag menegaskan sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Pemerintah Indonesia akan menggunakan metode hisab dan rukyat dalam hal penentuan hari raya Idul Fitri 1437 H.

    “Sidang itsbat akan digelar Senin 4 Juli 2016 ini. Kita mengikuti fatwa MUI 2004 yang menyatakan pemerintah berwenang menetapkan bulan dengan dua metode, yaitu hisab dan rukyat. Dua-duanya akan digunakan,” ujar Menag saat memberikan keterangan pers setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Sabtu (02/07/2016) pagi, seperti yang dilansir di kemenag.go.id.

    Dia menambahkan, “Hisab sebagai cara untuk melihat keberadaan posisi hilal, sementara rukyat untuk konfirmasi, untuk memastikan apakah perhitungan hisab seperti itu,” kata Menag yang didampingi Sekjen Kemenag Nur Syam, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abdul Djamil, dan Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis.

    Menurutnya, sidang itsbat awal Syawal yang akan dilaksanakan pada Senin (04/07/2016) mendatang akan dimulai pada jam 5 sore dengan pemaparan posisi hilal secara astronomis pada 29 Ramadan 1437H/2016 oleh Tim Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama.

    "Berdasarkan hitungan hisab, posisi hilal awal Syawal berada di bawah ufuk. Setelah Salat Magrib, dilaksanakan sidang itsbat yang dilakukan secara tertutup, seperti tahun lalu,” tegasnya.

    Sementara itu, dalam rangka melaksanakan pemantauan hilal (rukyat), Kementerian Agama telah mempersiapkan petugas di beberapa titik pemantauan. Mereka adalah para petugas yang sudah terbiasa dan memiliki kualifikasi atau kriteria tertentu untuk melakukan pekerjaan yang sangat special ini. “Mereka juga disumpah kesaksiannya, apakah melihat atau tidak melihat hilal,” pungkasnya. (BS02)

     

     

    T#g:Kemenag
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Kemenag Tarik Peredaran Buku Aqidah Akhlak Terbitan Gema Nusa

    Beritasumut.com-Buku Kerja Siswa (BKS) “An-Najah” untuk siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah, Mata Pelajaran Aqidah Akhlak, terbitan CV.

  • 2 minggu lalu

    Pemprovsu Dukung Kanwil Kemenag Sumut Gelar Jambore Siswa Lintas Agama

    Beritasumut.com–Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mendukung rencana kegiatan Jambore Siswa Lintas Agama yang akan digelar

  • 2 minggu lalu

    Kemenag RI Bahas Penanganan Kasus Haji Khusus

    Beritasumut.com-Ada saja persoalan atau kasus yang terjadi dalam penyelenggaraan ibadah haji khusus. Hal ini meniscayakan pengawasan yang fokus dan

  • 2 minggu lalu

    Grand Final Kompetisi Robotik Madrasah 2019, 150 Tim Lolos Seleksi

    Beritasumut.com-Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah telah menyelesaikan seleksi pendaftar Kompetisi Robotik Madra

  • 3 minggu lalu

    Sambut Kehadiran Wamenag Zainut Tauhid, Fachrul Razi: Siapapun Yang Datang, Kita Berbagi Tugas

    Beritasumut.com-Presiden Joko Widodo telah melantik 12 wakil menteri di Istana Merdeka, Jumat (25/10/2019) siang pukul 14.00 WIB. Salah satu posisi

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.