Senin, 22 Juli 2019

    Kebakaran Pemukiman Nelayan di Tanjung Balai Harus Jadi Pelajaran

    Selasa, 18 Februari 2014 15:02:00
    BAGIKAN:
    Ilustrasi. (Google)
    Medan, (beritasumut.com) – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) DPRD Kota Medan mendorong Pemerintah Kota Medan agar lebih memperhatikan kondisi nelayan di Kota Medan sehingga nelayan bisa meningkatkan kemampuan ekonomi. 

    “Sudah saatnya pemko medan memberi perhatian lebih kepada para nelayan yang sebahagian besar merupakan masyarakat kurang mampu,” ungkap Juru Bicara FPKS Muslim Maksum Yusuf dalam rapat paripurna pemandangan umum Rancangan Peraturan (Ranperda) Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga serta Ranperda Retribusi Tempat Pelelangan Ikan di Gedung DPRD Medan, Jalan Maulana Lubis, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), Senin (17/2/2014) siang.

    Belajar dari kebakaran yang terjadi di Tanjung Balai yang menghanguskan seluruh rumah nelayan, FPKS meminta agar Pemko Medan melakukan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya kebarakan di rumah-rumah nelayan di Medan.

    “Kita minta Pemko Meda menyiapkan tabung pemadam api dibeberapa titik, menyiapkan pos khusus pemadam kebakaran di Belawan. Serta menyiapkan infrastruktur agar mobil pemadam kebakaran bisa sampai ke titik terjauh di rumah-rumah nelayan. Sehingga, antisipasi ini bisa menghindari semakin membesarnya api dan menghindari kerugian materil dan korban jiwa. untuk hal ini kami minta tanggapannya,” jelas Muslim.

    Berkenaan dengan Ranperda Retribusi TPI, FPKS mempertanyakan beberapa hal, diantaranya, apa saja pelayanan yang telah diberikan Pemerintah Kota Medan kepada nelayan atau pengusaha ikan sebelum pemerintah kota medan menarik retribusi.

    “Yang kedua, faktanya adalah sebahagian besar tempat pelelangan ikan bukanlah milik Pemerintah kota Medan namun para pengusaha ikan yang memberikan bantuan kepada nelayan untuk melaut, sehingga semua tangkapan ikan dijual kepada para pengusaha ikan. kemudian, para pengusaha ikan menetapkan harga ikan sesuka hati sehingga merugikan nelayan. Kami mendesak agar Pemko Medan membuat kebijakan agar pengusaha ikan memberi harga ikan secara wajar. Sehingga pendapatan nelayan bisa meningkat,” jelasnya.

    Yang ketiga, TPI di Belawan merupakan TPI yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. “Kami minta agar Pemerintah Kota Medan juga mendapat bagi hasil dari aktivitas TPI yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara,” jelasnya.

    Keempat, FPKS juga meminta agar TPI milik Pemerintah Kota Medan yang ada di Medan Labuhan dioptimalkan fungsi dan keberadaannya.”Oleh karena itu, kami minta penjelasan hasil retribusi dari aktivitas tempat pelelangan ikan yang dikelola oleh Pemko Medan,” jelasnya.

    Kelima FPKS mempertanyakan sudah sejauh mana komunikasi Pemko Medan kepada para pengusaha ikan yang akan menjadi target objek dari ranperda retribusi ini. “Kami minta penjelasannya,” ungkapnya.

    Dalam kesempatan ini Fraksi PKS juga mengimbau agar dalam melakukan pembahasan ranperda ini nantinya mengajak dan melibatkan berbagai stakeholder para pemangku kepentingan terutama masyarakat dan kelompok masyarakat yang merupakan objek dari dari ranperda ini demi kesempurnaan ranperda ini. (BS-001)
    T#g:kebakaran
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Panglong di Jalan Ibrahim Medan Terbakar

    Beritasumut.com-Satu unit toko bahan bangunan (panglong) di Jalan Ibrahim Umar, Gang Sado No.63 A, Lingkungan V, Kelurahan Sei Kera Hilir II, Kecam

  • 2 minggu lalu

    Ketua TP PKK Deli Serdang Beri Bantuan Korban Kebakaran di Desa Emplasmen Kualanamu

    Beritasumut.com-Ketua TP PKK Kabupaten Deli Serdang, Ny Hj Yunita Ashari Tambunan menyalurkan bantuan kepada warga korban kebakaran di lokasi Dusun

  • 4 minggu lalu

    Walikota Medan Buka Pelatihan Pemadam Kebakaran di Taman Cadika Medan Johor

    Beritasumut.com-Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH, diwakili Asisten Administrasi Umum Renward Parapat, membuka Pelatihan Pemadam Kebakara

  • 4 minggu lalu

    Hendak Bakar Rumah Ortu, Pria Ini Ditangkap Polisi

    Beritasumut.com-Mario Wikano Gulo (25) warga Jalan Surau Ujung Nomor 46-B ditangkap Tim Penanganan Gangguan Khusus (Pegasus) Medan Baru.  

  • 4 minggu lalu

    Asrama Pesantren Islamic Centre di Pancing Terbakar

    Beritasumut.com-Kebakaran melanda Pesantren Islamic Centre di Jalan Pancing, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang, Senin (24/06/2019) s

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.