Rabu, 29 Januari 2020

    KPU Medan Bantah Loloskan PNS Jadi Caleg

    Kamis, 28 November 2013 22:03:00
    BAGIKAN:
    Google

    Medan, (beritasumut.com) Komisioner KPU Kota Medan Rahmat Kartolo Simanjuntak menolak pernyataan Panwaslu Medan yang menyebut mereka melakukan kesalahan dalam kasus lolosnya Saur Raulina Sitorus caleg Partai Nasdem yang masih berstatus PNS di Dinas Kesehatan Deli Serdang. 

    Rahmat menyebutkan, tidak ada kesalahan administrasi yang mereka lakukan sebab, berkas yang diajukan Saur Raulina Sitorus seluruhnya menyebutkan bahwa dirinya tidak berstatus sebagai PNS.

    "Seluruh berkasnya mulai dari BB1 sampai BB3 dan BB4 yang berisi pengakuan pekerjaan ia tidak pernah mencantumkan berstatus PNS, sehingga menurut kami ia memenuhi syarat," kata Rahmat di Medan, Kamis (28/11/2013).

    Berkas caleg yang ditunjukkan Rahmat kepada wartawan juga menunjukkan bahwa seluruh berkas Saur Raulina Sitorus menyebut dirinya sebagai seorang wiraswasta. Bahkan pada fotokopi KTP Saur Raulina Sitorus hanya berstatus mengurus rumah tangga.

    "Proses klarifikasi yang kami lakukan itu kan berdasarkan berkas dia, tim verifikasi kami terdiri dari pejabat Dinkes, Dinas Pendidikan, BKD dan KPU, selanjutnya hasilnya kami umumkan pada tahapan yang lalu dan tidak ada masukan soal ini, lantas bagaimana kami disebut melakukan pelanggaran administrasi," ujarnya.

    Atas temuan ini, KPU mengaku berterima kasih kepada Panwaslu. Namun, untuk bisa memprosesnya KPU meminta agar Panwaslu juga melampirkan berkas yang menunjukkan bahwa yang bersangkutan masih berstatus PNS.

    "Kalau mereka melampirkan Kartu PNS atau SK PNS yang bersangkutan akan lebih baik," tandas Rahmat. (BS-001)
    T#g:
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 4 tahun lalu

    127 CPNS di Pemkab Humbang Hasundutan Diklat Prajabatan

    Beritasumut.com-Sebanyak 127 CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) golongan III di lingkungan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Pemkab Humbahas) me

  • 4 tahun lalu

    Pemprov Sumut Layangkan Surat Edaran Larangan Mutasi Guru

    Beritasumut.com-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) telah melayangkan surat edaran berupa larangan mutasi Aparatur Sipil Negara (ASN)

  • 4 tahun lalu

    Pemkab Asahan Serahkan Puluhan Alsintan Kepada Koptan dan Dana Bergulir

    Beritasumut.com-Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP menyerahkan puluhan unit bantuan alat mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok tani (

  • 4 tahun lalu

    Wakil Bupati Pakpak Bharat Lakukan Sidak Pasca Libur Lebaran

    Beritasumut.com-Pasca libur Lebaran dan cuti bersama, Wakil Bupati Pakpak Bharat Ir H Maju Ilyas Padang melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Satuan

  • 4 tahun lalu

    Kehadiran PNS Asahan Mencapai 92,23 Persen Dihari Pertama Kerja

    Beritasumut.com-Memasuki hari pertama bekerja pasca libur panjang lebaran, tingkat kehadiran Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabup

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.