Gunakan CAT, Ujian CPNS di Daerah Dimungkinkan Tak Serentak


Gunakan CAT, Ujian CPNS di Daerah Dimungkinkan Tak Serentak
Google

Medan, (beritasumut.com) Ujian seleksi penerimaan CPNS di daerah dimungkinkan tidak serentak jika nantinya telah menggunakan sistem computer assisted test (CAT) pada 2014. Namun, formasinya tetap harus mendapat persetujuan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  (Kemenpan RB).

"Ke depan itu tidak ada istilah bahwa harus serentak. Umpamanya daerah mengajukan formasinya 100 orang ke Kemenpan, mereka bisa langsung melaksanakan ujian, tidak mesti bersamaan dengan daerah lain," jelas Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Kemenpan RB Suwardi di Medan, Jumat (22/11/2013).

Untuk melaksanakan ujian sendiri, seluruh daerah harus memiliki perangkat CAT sesuai yang dibutuhkan. "Misalnya daerah punya minimal 200 unit komputer. Kalau sistemnya kan ada di BKN," jelas Suwardi.

Soal banyaknya jumlah pendaftar, kata Suwardi, para pelamar akan menyusut dengan proses penyaringan administrasi. Dia mencontohkan dari 5.000-an pelamar seleksi CPNS di Kemenpan RB, terdapat sejumlah pelamar yang tidak sesuai kriteria.

Kemudian, karena jumlah peserta dan komputer yang tidak sebanding, proses ujian dapat saja tidak berlangsung sekaligus, melainkan bertahap, sehingga memakan waktu seminggu atau sebulan. Soal ujiannya pun dibuat sedemikian rupa, sehingga punya banyak variasi.

"Kemarin ada beberapa variasi. Saya dan yang di sebelah jadi berbeda soal ujiannya," jelas Suwardi.

Dia tidak memungkiri jika ada kemungkinan soal berulang di hari-hari ujian berikutnya atau di daerah lain. "(Soal ujian) besok bisa saja sama (dengan hari ini), tapi apa peserta mau memberi tahu soalnya, kan ini persaingan. Dan, saya yakin sistem ini lebih baik," jelas Suwardi.

Sejauh ini, kata Suwardi, baru 50-an daerah dan instansi di Indonesia yang menggunakan CAT. Dua daerah di antaranya ada di Jawa Timur.

Sementara itu, instansi yang besar, seperti Kementerian Perhubungan dan Kemenkumham masih menggunakan lembar jawaban komputer (LJK). "Kalau di Sumut saya juga belum lihat (daerah yang menggunakan CAT)," pungkas Suwardi. (BS-001)

Tag:CAT