Gubernur Sumut Buka Rakor dan Evaluasi Pengembangan Geopark Nasional Kaldera Toba


Gubernur Sumut Buka Rakor dan Evaluasi Pengembangan Geopark Nasional Kaldera Toba
Beritasumut.com/BS03
Gubernur Sumut Buka Rakor dan Evaluasi Pengembangan Geopark Nasional Kaldera Toba

Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Sumut) H T Erry Nuradi MSi membuka Rapat Koordinasi dan Evaluasi Kemajuan Pengembangan Geopark Nasional Kaldera Toba di Hotel Santika Dyandra Medan, Selasa (26/07/2016). Dalam kesempatan itu, Erry Nuradi mengharapkan para pemangku kepentingan pengembangan Kaldera Toba agar membuat rencana aksi dan bertindak tegas terhadap segala sesuatu yang menghambat pengembangan Geopark Kaldera Toba menjadi Unesco Global Geopark.

Dicontohkan Gubernur, misalnya untuk kapal-kapal yang berlayar di Danau Toba, perlu ada ketegasan dengan tidak mengeluarkan izin bagi kapal-kapal yang tidak memenuhi standar berlayar. Dikatakan Gubsu juga melihat bangunan-bangunan terlihat tidak rapi dan cukup membahayakan yang dibangun disekitar jurang.

"Perlu ada tindakan tegas bagi yang berwenang untuk tidak menerbitkan bangunan-bangunan yang tidak memenuhi standar," tegas Gubernur. Dia menilai, pemerintah Indonesia telah mengusulkan Geopark Kaldera Toba menjadi anggota Global Geopark Network sejak November 2013 yang dikenal dengan istilah Unesco Global Geopark. Namun dalan konferensi UGG di San In Kaigan Jepang di bulan September 2015 lalu, belum berhasil diterima sebagai anggota Geopark Global, karena dianggap belum matang sebagai geopark.

Padahal untuk mengoptimalkan pengelolaan Geopark Kaldera Toba, pemerintah Sumatera Utara telah mengeluarkan peraturan Gubernur Nomor 34 Tahun 2015 tentang Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba yang ditindaklanjuti dengan pembentukan Badan Pelaksana Geopark Kaldera Toba (BP-GKT) yang dilantik pada tanggal 1 Pebruari 2016.

"Kedepannya diharapkan tidak ada kata gagal lagi Geopark Kaldera Toba menjadi anggota Unesco Global Geopark," tandas Gubsu. (BS03)


Tag: