Golput Pemenang Pilgub Sumut


Golput Pemenang Pilgub Sumut
Google

Medan, (beritasumut.com) – Partisipasi pemilih dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2013 hanya sebesar 48,5 persen. Selebihnya, dipastikan tidak memberikan suaranya. 

Data ini terungkap pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Tingkat Provinsi Sumatera Utara dalam Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2013 yang digelar KPU Sumut, di Hotel Grand Angkasa, Medan, Jumat (15/03/2013). 

Jumlah suara keseluruhan hanya sebanyak 5.001.430 yang merupakan total suara sah dan tidak sah yang diterima KPU. Padahal, jumlah DPT Pilgub Sumut mencapai angka 10.310.872.

“Ini bukan kesalahan tunggal KPU, namun berbagai pihak turut menyumbangkan kesalahan yang sama seperti Partai politik dan pemerintah. Kami kira perlu koreksi yang menyeluruh tentang masalah ini, apakah sosialisasi yang kurang atau kesadaran masyarakat yang mulai jenuh,” kata Ketua KPU Sumut Irham Buana Nasution usai memimpin rapat pleno.

Irham beralasan, mereka tidak memiliki tugas untuk mengerahkan ataupun memobilisasi masyarakat untuk mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kendati jika hal ini dilakukan peluang partisipasi akan lebih tinggi.

“Undang-undang hanya menugaskan kami memberikan sosialisasidan hal ini sudah maksimal kami lakukan, kami kemudian tidak dalam posisi untuk mengerahkan ataupun memobilisasi masyarakat untuk sampai datang ke TPS,” ujar Irham mengelak dipersalahkan. (BS-035)

Tag: