Jumat, 18 Oktober 2019

    Dinilai Tidak Mampu Tertibkan Bangunan Bermasalah di Medan, Ali Tohar Harus Dicopot

    Kamis, 31 Januari 2013 15:46:00
    BAGIKAN:
    Google

    Medan, (beritasumut.com) Semakin menjamurnya  bangunan liar di Kota Medan menandakan ketidakmampuan Pemko Medan dalam hal ini Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan dalam melaku pengawasan. Dengan ketidakmampuan tersebut menyebabkan sumber yang seharusnya bisa menghasilkan Pendapatan Asli Daerah yang tidak sedikit jumlahnya itu menjadi melayang tak berbekas.

    Bahkan diduga pendapatan yang seharusnya bisa menambah APBD Kota Medan itu malah masuk ke kantong-kantong pribadi oknum pejabat di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tersebut.

    Seperti disampaikan Ketua Kelompok Kerja Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan Salman Farisi,  menjamurnya bangunan liar di Kota Medan tidak tanggung-tanggung jumlahnya. Ini terjadi karena ketidakmampuan Dinas TRTB Pemko Medan dalam melakukan pengawasan secara menyeluruh.

    Orang yang paling bertanggung jawab terkait banyaknya bangunan liar itu ialah Kepala Bidang Pengendalian dan Pemanfaatan Tata Ruang. Ali Tohar. Untuk itu, tidak ada alasan bagi Walikota Medan untuk tetap mempertahankan orang yang tidak mampu dalam menjalankan tugas yang telah diembannya seperti Ali Tohar.

    "Pak Walikota seharusnya sudah bisa menilai kinerja Kabid Pengendalian dan Pemanfaatan Tata Ruang yang tidak beres kerjanya itu. Harus ada langkah kongkrit yang harus segera diambil oleh Walikoita Medan terhada Kabid tersebut. Karena sudah berapa lama Ali Tohar menjadi Kabid akan tetapi tidak juga ada perubahan yang berarti. Bahkan yang kita lihat di lapangan, semakin banyak saja bangunan liar di Kota Medan ini. Jangan-jangan bangunan-bangunan liar itu sidah dilegalkan secara sembunyi-sembunyi olehnya, kata Salman di Medan, Sumatera Utara, Rabu (30/01/2013).

    Menurutnya, ada permainan-permainan kotor yang tidak diketahui oleh Walikota Medan, sehingga para oknum pejabat dilingkungan Dinas TRTB dengan leluasa bisa membekingi para pemilik bangunan-bangunan liar tersebut.

    "Oleh karena itu, Salikota Medan harus segera mengambil langkah tegas dengan segera mencopot Ali Tohar sebagai Kabid yang bertanggungjawab terkait menjamurnya bangunan liar di Kota Medan, tegasnya.

    Pantauan wartawan, di Jalan Pelita I, Kecamatan Medan Perjuangan, telah berdiri kokoh belasan unit bangunan liar berjenis Ruko tanpa ada plank SIMB. Bangunan itu diperkirakan sudah 80 persen dikerjakan.

    Begitu juga di Jalan Bersama, Kecamatan Medan Kota, terpampang pada plank SIMB izin bagunannya 30 unit, akan tetapi yang dibangun sebanyak 70 unit bangunan. Kemudian, bangunan di Jalan Puri, pada plank SIMB tertulis bangunan tersebut rumah toko, akan tetapi di lapangan bangunan itu akan dibuat menjadi hotel. Semua bangunan menyalah tersebut sampai sekarang tetap dibiarkan oleh oknum pejabat di Dinas TRTB Medan.

    Ali Tohar sendiri ketika dikonfirmasi lewat SMS, tidak membalas. Ditelepon juga tidak menjawab. (BS-024)
    T#g:
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    Konflik di Hermes, Pemko Medan Perlu diajak Bicara

    Beritasumut.com-Tim Pembela Masjid Taqwa Polonia Aliansi Ummat Islam memandang persoalan keributan yang terjadi beberapa hari yang lalu adalah ekses p

  • 3 tahun lalu

    Granat Kota Medan Dukung Pemko dan DPRD Tambah Anggaran Kepolisian

    Beritasumut.com-Granat Kota Medan mendukung Pemko Medan dan DPRD Medan menambah anggaran Kepolisian khususnya dalam rangka pemberantasan narkoba. Hal

  • 3 tahun lalu

    Janji Palsu Oknum PNS Pemko Medan Berakhir di Polsek Delitua ‎

    Beritasumut.com-Janji manis Nur Amelia Siregar (51) warga Jalan Karya Kasih, Kompleks Griya Karya Kasih, Kelurahan Pangkalan Mansyur, Medan Johor kepa

  • 3 tahun lalu

    Tak Gubris Rekomendasi Dewan, Dinas TRTB Dinilai Lecehkan DPRD Medan

    Beritasumut.com-Ketua Komisi D DPRD Medan Sabar Syamsurya Sitepu kecewa dengan kinerja Dinas Tata Ruang Tata Bangunan (TRTB) Kota Medan. Menurutnya, D

  • 3 tahun lalu

    Polda Sumut Dukung Pemko dan Polresta Medan Tertibkan Asmara Subuh

    Beritasumut.com-Guna memberi rasa aman dan nyaman bagi umat muslim yang melaksanakan ibadah puasa, Polda Sumut mendukung upaya Pemko dan Polresta Meda

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.