Senin, 14 Oktober 2019

    Didirikan Tanpa SIMB, Rumah Kost di Setia Budi Dibongkar

    Selasa, 12 Februari 2013 18:45:00
    BAGIKAN:
    Google

    Medan, (beritasumut.com) – Giliran satu unit bangunan rumah tempat tinggal yang akan dijadikan sebagai tempat kos di Jalan Setia Budi Gang AH Idris, Kelurahan Tanjung Rejo, Kecamatan Medan Sunggal, Medan, Sumatera Utara dibongkar Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB) Kota Medan, Senin (11/02/2013). Pembongkaran atas bangunan berlantai dua ini dilakukan karena dibangun tidak memiliki Surat Izin Mendirikan Bangunan (SIMB).

    Kabid Pemberdayaan dan Pemanfaatan Tata Ruang Dinas TRTB Kota Medan Drs Ali Tohar MSi mengaku sangat kecewa atas sikap pemilik bangunan. Sebelum melakukan pembongkaran, pihaknya telah memberikan tiga kali surat peringatan yang isinya perintah penyetopan pembangunan, pembongkaran sendiri dan pengosongan lokasi.

    “Tiga surat peringatan yang telah kita sampaikan itu tidak ditanggapi pemilik bangunan. Itu sebabnya kita datang hari ini untuk melakukan pembongkaran.  Soalnya pemilik bangunan jelas-jelas telah melanggar Perda No 9 Tahun 2002 tentang retribusi Izin Mendirikan Bangunan,” kata Ali Tohar bernada kecewa.

    Dengan mengerahkan puluhan anggotanya yang dibantu sejumlah petugas Satpol PP serta staf Kelurahan Tanjung Rejo dan Kecamatan Medan Sunggal, pembongkaran pun dilakukan dengan menggunakan martil besar di bawah pengawasan beberapa aparat Polsekta Medan Sunggal dan Koramil setempat.

    Selain martil besar, pembongkaran juga menggunakan sejumlah broti untuk mendorong dinding yang telah dihantam martil berulangkali sampai ambruk.  Sedangkan untuk meotong besi  tiang yang telah dikrubuhkan, beberapa petugas menggunakan gerenda mesin. Pemotongan dilakukan agar tiang tersebut tak dapat didirikan lagi.

    Berdasarkan amatan di lapangan,  petugas merubuhkan seluruh dinding samping bangunan yang berbatasan langsung dengan Gang AH Idris, termasuk dinding depan. Proses pembongkaran bangunan yang lokasinya berada di belakangan rumah toko tersebut disaksikan puluhan warga sekitar. Umumnya mereka mengaku tidak mengetahui jika bangunan itu tidak memiliki izin.

    Karena itulah Ali Tohar mengingatkan kepada warga untuk tidak mendirikan bangunan sebelum memiliki SIMB. Selain mentaati peratiuran yang ada, juga menghindari terjadinya kerugian akibat pembongkaran paksa yang dilakukan seperti itu. “Jadi jangan pernah sekalipun mendirikan bangunan sebelum memiliki SIMB. Jika kita dapati, langsung dibongkar seperti ini,” ungkapnya mengingatkan.

    Kepada pemilik bangunan, Ali Tohar selanjutnya minta segera mengurus SIMB bangunan tersebut.  Sebelum SIMB keluar, maka bangunan itu dinyatakan stanvast dan tidak boleh dikerjakan kembali, termasuk memperbaiki dinding maupun tiang bangunan yang telah dirubuhkan. “Kita akan terus melakukan pengawasan. Apabila ini dilanggar, kita akan datang untuk melakukan pembongkaran kembali,” tegasnya. (BS-024)
    T#g:
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 4 tahun lalu

    Dinas TRTB Medan Bongkar Pagar Tembok Penutup Jalan Kawat I

    Beritasumut.com - Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB) Kota Medan membogkar bangunan pagar tembok di Jalan Kawat I, Kelurahan Tanjung Mulia Hilir

  • 4 tahun lalu

    Dinas TRTB Medan Bongkar Pagar dan Rumah

    Beritasumut.com - Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB) Kota Medan membongkar pagar sepanjang 23 meter di Jalan Rawa, Kelurahan Tegal Sari Mandala

  • 4 tahun lalu

    Dinas TRTB Medan Bongkar 8 Unit Bangunan Tanpa SIMB

    Beritasumut.com - Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB) Kota Medan kembali membongkar bangunan bermasalah, Selasa (1/9/2015). Kali ini giliran ban

  • 4 tahun lalu

    Dinas TRTB Medan Bongkar Papan Reklame Tanpa Izin

    Beritasumut.com - Satu unit papan reklame berukuran lebih kurang 4 x 6 meter di Jalan Sei Serayu, Medan persisnya depan Toko Golden Timba Furniture, d

  • 4 tahun lalu

    Dinas TRTB Bongkar 4 Bangunan Bermasalah di Medan Timur

    Beritasumut.com - Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB) Kota Medan membongkar dua unit bangunan rumah toko (Ruko) berlantai tiga di Jalan Cemara,

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.