Senin, 09 Desember 2019

    DPRD Sumut Minta Tiga Dinas Teknis Profesional

    Selasa, 23 April 2013 11:18:00
    BAGIKAN:
    Google

    Medan, (beritasumut.com) – DPRD Provinsi Sumatera Utara meminta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) konterpart atau mitra kerja Komisi D khususnya tiga dinas teknis, yakni Dinas Bina Marga, Dinas Tata Ruang dan Permukiman dan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air lebih profesional dan tepat waktu dalam mengajukan program untuk dianggarkan di Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2013 maupun di Rancangan APBD 2014.

    Permintaan itu disampaikan Ketua Komisi D DPRD Sumut Guntur Manurung saat menyimpulkan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan ketiga dinas teknis (Distarukim, Dinas PSDA dan Dinas Bina Marga), dihadiri Wakil Ketua Komisi D Sudirman Halawa SH, Sekretaris Ali Jabbar Napitupulu dan anggota komisi masing-masing, H Ajib Shah, Maratua Siregar, Marahalim Harahap, Restu K Sarumaha, Tahan M Panggabean, Tunggul Siagian, Murni Munthe, di Gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol, Medan, Senin (22/04/2013).

    Pada kesempatan itu, Guntur Manurung juga meminta, masing-masing dinas teknis segera menyampaikan data maupun rancangan program secara detail, sehingga dapat dibahas bersama Komisi D dalam pembahasan anggaran berbasis komisi. Dan dalam pembahasan itu, aspirasi masyarakat yang ditemukan dewan pada saat reses ke daerah pemilihan masing-masing dapat diakomodir untuk diperjuangkan baik di P-APBD maupun R-APBD.

    Terkait itu, kata Politisi Demokrat ini, Komisi D DPRD Sumut akan menyampaikan kepada ketiga dinas teknis secara tertulis, sehingga di bulan Mei 2013, dapat menyampaikan rencana program yang akan diperjuangkan di P-APBD 2013. “Komisi D tidak ingin program yang disampaikan Distarukim Provinsi Sumut terkait rehabilitasi 1.400 rumah tidak layak huni, tidak dijelas kriteria maupun lokasi rumah yang akan direhab. Apabila program itu dibahas berbasis komisi, tentu dewan tidak perlu bertanya-tanya. Kalaupun ditanya masyarakat ketika reses, dewan dapat memberi jawaban,” ujarnya.

    Maratua Siregar dari FPAN menambahkan, supplai pembangunan yang dibiayai APBD Sumut hingga saat ini masih terjadi ketimpangan dan belum seimbang antara kawasan Pantai Barat dengan kawasan Pantai Timur. “Selama ini sepertinya APBD Sumut lebih condong mensuply pembangunan di kawasan Pantai Timur, sehingga pembangunan kawasan Pantai barat tertinggal,” tegasnya.

    Karena itu, Maratua berharap, dinas teknis mengakomodir semua aspirasi yang ditampung anggota dewan dari daerah pemilihannya masing-masing, sehingga pembangunan itu dapat dirasakan masyarakat Sumut. “Kalau program pembangunan dilakukan di kawasan Pantai Timur, harusnya dikawasan Pantai Barat juga dilakukan, sehingga program pembangunan itu benar-benar merata,” pungkasnya. (BS-022)
    T#g:
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    Sidang Paripurna Pergantian Ketua DPRD Sumut Direncanakan Pada 29 Juli Mendatang

    Beritasumut.com-DPD Golkar Sumut telah mengirimkan surat pengusulan pergantian posisi pimpinan dewan ke Sekretariat DPRD Sumut." Suratnya (DPD Golkar)

  • 3 tahun lalu

    Sekda Provsu Hasban Ritonga Mengaku Tidak Tau Soal Gratifikasi Pansus PAD

    Beritasumut.com-Sekertaris Daerah (sekda) Provinsi Sumut Hasban Ritonga mengaku tidak mengetahui soal dugaan gratifikasi yang melibatkan oknum anggota

  • 3 tahun lalu

    Data Saksi dan Tersangka Dugaan Suap Interpelasi Link ke Imigrasi

    Beritasumut.com-Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatra Utara, Maroloan J Baringbing memastikan nama saksi yang diperiksa kasus dugaan

  • 4 tahun lalu

    Istri Gubsu Kabur Usai Diperiksai KPK di Mako Brimobsu

    Beritasumut.com-Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah anggota DPRD Sumut dan mantan anggota dewan di Ged

  • 4 tahun lalu

    Inilah Nama-nama Mantan dan Anggota DPRD Sumut yang Diperiksa KPK

    Beritasumut.com-Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah anggota DPRD Sumut dan mantan anggota dewan di Ged

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.