DPRD Minta KPU Sumut Ambil Alih Pilkada Dairi


DPRD Minta KPU Sumut Ambil Alih Pilkada Dairi
Google

Medan, (beritasumut.com) – Tuntutan agar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Dairi diambil alih oleh Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara tidak hanya datang dari kelompok-kelompok masyarakat. Tuntutan yang sama juga disampaikan Anggota DPRD Dairi dengan mendatangi Kantor KPU Sumut di Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan, Selasa (8/10/2013). 

Tidak jauh berbeda dengan alasan masyarakat, anggota dewan ini juga menyebutkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja KPU Dairi sebagai alasan mereka menuntut hal tersebut.

"Kami khawatir ketidakpercayaan masyarakat ini akan membuat pelaksanaan Pilkada disana menjadi ricuh," kata Ketua Komisi A DPRD Dairi Pinto Padang di Kantor KPU Sumut.

Pinto menambahkan, ketidakpercayaan masyarakat terhadap kinerja KPU ini dipicu sikap dari KPU Dairi sendiri. Dalam beberapa pertemuan dengan DPRD Dairi untuk mengklarifikasi dugaan banyaknya dugaan pemilih siluman, KPU selalu muncul tanpa disertai data yang jelas. 

Bahkan dari tuntutan masyarakat agar KPU Dairi membersihkan DPT dari pemilih siluman tidak kunjung mmpu merekalakukan.


"Hingga 4 Oktober kemarin, mereka hanya mencoret 670 data pemikih siluman dari DPT. Padahal masyarakat berasumsi sedikitnya terdapat 50 ribu pemiluh siluman dalam DPT tersebut, hal inipun tidak mereka jelaskan," ujarnya.

Peristiwa kemarahan warga yang terjadi pekan lalu menurut Pinto merupakan buntut dari tidak jelasnya data pemilih siluman tersebut. Padahal sebelumnya, DPRD Dairi sudah meminta agar dilakukan sinkronisasi data yang ada pada DPRD dan KPU Dairi.

“Pada 3 Oktober, kami sudah mengundang mereka agar hadir pada rapat pada 4 Oktober membahas hal ini. Namun mereka hadir tanpa data, sehingga masyarakat menjadi marah," jelasnya.

Selain mendatangi KPU Sumut, rombongan Komisi A DPRD Dairi juga berencana mendatangi Bawaslu Sumut untuk menyampaikan hal yang sama. (BS-001)

Tag: