Sabtu, 22 Februari 2020

    DPRD Minta KPU Sumut Ambil Alih Pilkada Dairi

    Selasa, 08 Oktober 2013 15:00:00
    BAGIKAN:
    Google

    Medan, (beritasumut.com) – Tuntutan agar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Dairi diambil alih oleh Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara tidak hanya datang dari kelompok-kelompok masyarakat. Tuntutan yang sama juga disampaikan Anggota DPRD Dairi dengan mendatangi Kantor KPU Sumut di Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan, Selasa (8/10/2013). 

    Tidak jauh berbeda dengan alasan masyarakat, anggota dewan ini juga menyebutkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja KPU Dairi sebagai alasan mereka menuntut hal tersebut.

    "Kami khawatir ketidakpercayaan masyarakat ini akan membuat pelaksanaan Pilkada disana menjadi ricuh," kata Ketua Komisi A DPRD Dairi Pinto Padang di Kantor KPU Sumut.

    Pinto menambahkan, ketidakpercayaan masyarakat terhadap kinerja KPU ini dipicu sikap dari KPU Dairi sendiri. Dalam beberapa pertemuan dengan DPRD Dairi untuk mengklarifikasi dugaan banyaknya dugaan pemilih siluman, KPU selalu muncul tanpa disertai data yang jelas. 

    Bahkan dari tuntutan masyarakat agar KPU Dairi membersihkan DPT dari pemilih siluman tidak kunjung mmpu merekalakukan.


    "Hingga 4 Oktober kemarin, mereka hanya mencoret 670 data pemikih siluman dari DPT. Padahal masyarakat berasumsi sedikitnya terdapat 50 ribu pemiluh siluman dalam DPT tersebut, hal inipun tidak mereka jelaskan," ujarnya.

    Peristiwa kemarahan warga yang terjadi pekan lalu menurut Pinto merupakan buntut dari tidak jelasnya data pemilih siluman tersebut. Padahal sebelumnya, DPRD Dairi sudah meminta agar dilakukan sinkronisasi data yang ada pada DPRD dan KPU Dairi.

    “Pada 3 Oktober, kami sudah mengundang mereka agar hadir pada rapat pada 4 Oktober membahas hal ini. Namun mereka hadir tanpa data, sehingga masyarakat menjadi marah," jelasnya.

    Selain mendatangi KPU Sumut, rombongan Komisi A DPRD Dairi juga berencana mendatangi Bawaslu Sumut untuk menyampaikan hal yang sama. (BS-001)
    T#g:
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 4 tahun lalu

    Rumah Pintar Pemilu, Alat Meningkatkan Partisipasi Masyarakat

    Beritasumut.com-Kehadiran Rumah Pintar Pemilu (RPP) pada setiap KPU Provinsi di Indonesia menjadi wadah edukasi bagi masyarakat yang peduli akan Pemil

  • 4 tahun lalu

    Pilkada Siantar dan Simalungun Ditunda, KPU Sumut Tunggu Surat Resmi

    Beritasumut.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sudah mendapat pemberitahuan tentang keputusan ditundanya Pilkada Kota P

  • 4 tahun lalu

    Polda Periksa Ketua KPU Sumut

    Beritasumut.com - Sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Labuhan Batu Selatan (Labusel) terkait tanda tangan Ketua Umum DPP Partai Golkar versi Mu

  • 5 tahun lalu

    KIP Perintahkan KPU Sumut Buka Informasi Bukti Setoran Pajak

    Beritasumut.com - Komisioner Komisi Informasi Provinsi (KIP) Sumatera Utara, memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumut memberikan infor

  • 5 tahun lalu

    Pangdam Nyatakan Siap Ambil Alih PSMS

    Beritasumut.com - Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Edy Rahmayadi, mengaku akan mengambil alih PSMS Medan. Hal ini dilakukan guna membenahi ma

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.