Calon Taruna Akmil Harus Berkualitas

Calon Taruna Akmil Harus Berkualitas
Pendam I/Bukit Barisan

Medan, (beritasumut.com) Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Burhanuddin Siagian memimpin  Sidang Pemilihan Calon Taruna Akmil TA 2013 Tingkat Panda Kodam I/BB yang diikuti 64 orang calon di Aula Manunggal Lantai V Makodam I/BB, Jalan Gatot Subroto Km 7,5, Medan, Jumat (5/7/2013).
 
Dalam sambutannya Pangdam mengatakan bahwa, seleksi penerimaan calon prajurit TNI Angkatan Darat, merupakan salah satu kegiatan penyediaan tenaga dalam program pembangunan kekuatan personel TNI Angkatan Darat. Oleh karenanya kegiatan penerimaan prajurit seperti ini, harus dilaksanakan secara sungguh-sungguh dengan berpedoman pada norma serta ketentuan yang berlaku, agar dapat menjaring calon-calon Prajurit yang berkualitas sesuai kebutuhan TNI AD.

Untuk itu, setiap tahapan seleksi dilakukan secara ketat, dengan mempersyaratkan dan mempertimbangkan berbagai aspek sehingga diperoleh hasil sesuai yang diharapkan. Hal ini perlu menjadi perhatian karena sumber daya manusia merupakan elemen organisasi dalam sebuah sistem manajemen. Penataan sistem manajemen sumber daya manusia TNI Angkatan Darat harus senantiasa dilakukan secara bertahap dan berlanjut. Penataan sistem tersebut diantaranya menyangkut pengembangan sistem pengadaan dan seleksi calon prajurit.
 
Lebih lanjut Pangdam menyampaikan sidang Pemilihan Calon Taruna Akmil di Tingkat Panda merupakan salah satu proses dalam memilih calon yang memenuhi syarat, berdasarkan hasil seleksi dan pemeriksaan yang meliputi aspek administrasi, jasmani, kesehatan, psikologi dan mental ideologi. Dari aspek kuantitas diharapkan sasaran alokasi tahun ini bisa dicapai.  Akan tetapi, hendaknya tidak terfokus hanya pada pencapaian alokasi tersebut.

Selanjutnya Pangdam berharap kepada para peserta sidang agar berpedoman dan berpegang teguh pada norma serta aturan yang berlaku, agar diperoleh calon Taruna Akademi Militer yang berkualitas dan dapat dibanggakan demi kemajuan generasi TNI AD ke depan. Keberadaan panitia pemilihan memiliki tanggung jawab yang berat karena tugas ini merupakan suatu amanah dan kehormatan yang harus dapat dipertanggungjawabkan baik kepada TNI AD,  maupun kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Tanggung jawab kepada TNI AD pada hakekatnya adalah bagaimana upaya mendapatkan calon prajurit yang benar-benar memenuhi kriteria yang telah ditentukan, sehingga kelak mampu mengemban amanah sebagai generasi penerus TNI dan Bhayangkari Negara.
 
Sementara Aspers Kasad Mayjen TNI Istu Hari S dalam sambutannya yang dibacakan Pati Staf Khusus Kasad Brigjen TNI Iswandi Setyo Budi mengatakan program penerimaaan Calon Taruna Akmil TA 2013 selain dilaksanakan oleh masing-masing Panda/Kodam juga dilaksanakan oleh Panpus (Pantukhir Pusat) secara langsung ke sekolah-sekolah unggulan yang ada didaerah dan mantan paskibraka tingkat nasional.

Program penerimaan Taruna Akmil dari SMA unggulan ditujukan untuk menjaring calon taruna/taruni yang berkualitas baik dari segi akademik, fisik maupun kepemimpinan. Taruna Akmil adalah salah satu sumber perwira karier jangka panjang yang diproyeksikan sebagai perwira-perwira lapangan yang profesional dan tangguh untuk mengisi jabatan-jabatan strategis dilingkungan TNI AD maupun TNI. Untuk menghasilkan sumber daya manusia calon prajurit TNI AD yang berkualitas dalam rangka mewujudkan prajurit TNI AD yang profesional sesuai dengan tuntutan, standar kualitas hendaknya dijadikan sebagai dasar dalam pemilihan calon pada sidang pemilihan.
 
Hadir pada Sidang Pemilihan Calon Taruna Akmil Irdam I/BB Kolonel Inf Amrin, Danrindam I/BB Kolonel Inf Cahyo Suryo Putro, Asintel Kasdam I/BB Kolonel Inf Asep Jauhari PL, Asops Kasdam I/BB Kolonel Inf Josep Robert Giri, Aspers Kasdam I/BB Letkol Arh I Gede Widiyana, Kaajendam I/BB Kolonel Caj Teguh Bangun Martoto, Kajasdam I/BB Kolonel Inf Indra Purnama, Kakesdam I/BB Kolonel Ckm Taufiqurahman, Karumkit Tk II Putri Hijau Kolonel Ckm Mochamad Munif. (BS-001)