Selasa, 12 November 2019

    BNN Fokus Tangani Pengedar Narkoba, Pemakai Ditangani Kemensos dan Kemenkes

    Selasa, 22 September 2015 01:13:00
    BAGIKAN:
    Setkab RI
    Menko Polhukam Luhut B Pandjaitan memberikan keterangan pers, di kantor Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/9/2015) sore.
    Beritasumut.com - Agar lebih efektif dan tidak tumpang tindih, pemerintah akan menata kembali organisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Badan Keamanan Laut (Bakamla), dan Badan Narkotika Nasional (BNN).

    “Mengenai BNPT, perannya lebih ditegaskan lagi, supaya tidak terjadi tumpang tindih. Dan khususnya menangani secara terpadu. Sekarang sudah berjalan, tapi Presiden minta supaya program ini bisa berjalan terpadu,” ujar Menteri Koordinator (Menko) Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Luhut B Pandjaitan kepada wartawan seusai rapat terbatas, di kantor Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/9/2015) sore, seperti dilansir situs resmi Setkab RI.

    Adapun menyangkut Bakamla, menurut Menko Polhukam, akan dipertajam sehingga Undang-Undang Pelayaran dan Kelautan yang isinya ternyata ada yang sama antara satu dengan yang lain, tumpang tindih atau bertolak belakang akan diperbaiki.

    Dengan demikian, lanjut Luhut, Bakamlabisa memainkan perannya sebagai coast guard, tidak seperti sekarang tumpang tindih dengan Badan Konservasi Pemberdayaan Laut (BKPL) maupun degan TNI AL, Polri, dan sebagainya.

    Mengenai BNN, Luhut mengatakan, rapat terbatas telah menyepakati bahwa masalah narkoba ini penjaranya akan dipisah, akan dibuat terisolir sendiri, sehingga tidak disatukan dengan tahanan-tahanan lain.

    Kemudian program untuk pengisap narkoba itu akan ditangani oleh Kementerian Sosial (Kemensos) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). “Jadi akan dipisahkan masalah itu,” ujarnya.

    Menurut Luhut, BNN akan bertindak lebih luas. Mereka akan lebih banyak ke masalah penanganan dari pengedar-pengedar narkobanya, drugsnya. Bukan penghisap atau pengguna.

    “BNN itu akan bertindak lebih luas tapi mereka akan ada banyak kepada masalah penanganan dari pengedar-pengedar narkobanya bukan kepada masalah pengguna. Itu akan mungkin diberikan kepada Kemensos atau Kemenkes,” jelas Luhut.

    Menko Polhukam menilai, Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso akan punya pekerjaan yang sangat banyak karena rapat terbatas telah menyepakati, bahwa bahaya narkoba itu sudah sangat luas.

    “Kita tidak hanya sebagai pengguna atau transit tetapi sudah juga menjadi tujuan dan juga penyebar. Oleh karena itu, Presiden menekankan bahwa narkoba ini menjadi isu sentral,” tegas Luhut.

    Luhut menyebutkan, bahwa Budi Waseso ini tidak bisa tinggal diam, dia harus kerja keras untuk itu sehingga organisasinya perlu juga diperkuat, pekerjaan, tugas dan tanggung jawabnya juga perlu dipertegas, manusianya juga mungkin perlu kalau ada refreshing atau reorganize, itu akan dilakukan.

    “Beliau sudah berbincang dengan saya 10 hari yang lalu dan kita janjian sebenarnya satu minggu dari sekarang. Beliau akan datang dengan konsep-konsep baru untuk membuat, memperkuat BNN ini menjadi lebih bagus. Masukan itu nanti dalam waktunya sampai 5-6 minggu ke depan akan kita laporkan ke Presiden,” kata Luhut. (BS-001)
    T#g:BNN
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    Diskusi Publik Bamagnas Gandeng Polres Sergai dan BNN, Perkuat Komitmen Berantas Narkoba

    Beritasumut.com–Badan Musyawarah Antar Gereja Nasional (Bamagnas) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), provinsi Sumatera Utara melaksanakan gi

  • satu bulan lalu

    BNN Tangkap Sipir Lapas di Langsa dan Istrinya Terlibat Edarkan 20,5 Kg Sabu

    Beritasumut.com-Seorang oknum sipir di lapas kelas 2B Langsa bernama Dustur dan istrinya Nur Maida (IRT) diringkus oleh personel dari tim Badan Nar

  • 2 bulan lalu

    Walikota Medan Apresiasi Pelatihan Membatik Yang di Berikan BNNP Kepada Masyarakat

    Beritasumut.com-Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S.M.Si.,M.H mengapresiasi kegiatan pelatihan membatik yang diberikan BNN Provinsi Sumut bekerja

  • 3 bulan lalu

    BNN Sita Ratusan Kilo Ganja Asal Aceh, Disembunyikan di Tabung Gas, Kompesor dan Peti Besi

    Beritasumut.com-Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) melakukan penangkapan dan penyitaan terhadap ratusan Kilogram ganja, di Lapang

  • 3 bulan lalu

    BNN Gagalkan Penyelundupan 29 Kg Sabu dari Aceh ke Medan

    Beritasumut.com-Sebanyak 29 Kg narkotika jenis sabu yang hendak diselundupkan ke Medan berhasil digagalkan Badan Narkotika Nasional Republik Indone

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.