Selasa, 19 November 2019

    Apeksi Harus Diperhitungkan

    Rabu, 24 April 2013 23:26:00
    BAGIKAN:
    Ist
    Walikota Medan Rahudman Harahap
    Medan, (beritasumut.com) – Memasuki sepuluh tahun kedua Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) harus dapat menjadi organisasi yang tidak hanya dikenal oleh anggota, tetapi juga harus dapat menjadi organisasi yang diperhitungkan dalam kancah Asia Pasifik maupun dunia internasional. Oleh karena itu penguatan jaringan di tingkat nasional dan internasional menjadi salah satu kunci keberhasilan kemajuan Apeksi.

    Harapan ini disampaikan Ketua Dewan Pengurus Apeksi Pusat Dr Ir GS Vicky Lumentut MSi DEA ketika membuka Rapat Kerja Komisariat Wilayah (Raker Komwil) I Apeksi di Grand Aston, Medan, Sumatera Utara, Rabu (24/04/2013). Dalam Rakerwil yang dihadiri 24 Walikota dari wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau ini, Vicky berharap dapat memberikan kontribusi yang maksimal guna kemajuan Apeksi di masa mendatang.

    “Saya percaya Raker Komwil I Apeksi ini akan menghasilkan keputusan-keputusan yang positif dan konstruktif bagi perkembangan kota-kota dalam lingkup Komwil I khususnya dan kota-kota di seluruh Indonesia pada umumnya, baik untuk kini maupun masa mendatang. Semoga momentum ini akan semakin mempercepat kerjasama antar pemerintah kota dan meningkatkan peran pemerintah kota masing-masing dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Vicky.

    Dijelaskan Vicky, organisasi Apeksi yang didirikan 12 tahun silam kini telah banyak dikenal oleh instansi-instansi pemerintah maupun non pemerintah ditandai dengan banyaknya permintaan kerjasama dari instansi-instansi tersebut dengan Apeksi. Selama ini Apeksi telah mengedepankan pelayanan kepada seluruh anggotanya dan merealisasikan hal-hal yang telah disepakati seperti menyampaikan rekomendasi kepada pemerintah pusat dan instansi terkait lainnya tentang berbagai hal yang dianggap tidak sejalan dengan aspirasi daerah.

    Kemudian, menyelenggarakan pelatihan-pelatihan, seminar, workshop, pengiriman staf pemerintah kota atau SKPD untuk mengikuti pelatihan di luar negeri bagi yang memenuhi syarat. “Semua ini dilkukan dalam rangka meningkatkan kapasitas anggotanya. Di samping itu Apeksi juga telah menjalin kerjasama dengan mitra baik di dalam maupun di luar negeri antara lain dengan Citynet, GIZ, UCLG-ASPAG, ICMA, ICLEI dan sesama asosiasi pemerintah daerah di dalam negeri untuk memperjuangkan  kepentingan daerah,” ungkapnya.

    Selanjutnya Vicky dihadapan Gubernur Sumut diwakili Staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan Mahmud Sagala, Direktur Eksekutif Apeksi DR H Sarimun Hadi Saputra MSi, Ketua DPRD Medan Drs H Amiruddin, Asisten Deputi Bidang Pemantauan dan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah Drs Edi Suryanto MM, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Medan, Sekda Medan Ir Syaiful Bahri Lubis, camat dan lurah se Kota Medan mengakui, banyak hasil yang sudah dicapai Apeksi tetapi masih banyak pula masalah-masalah kota yang harus diperjuangkan. “Ini menjadi tugas kita ke depan,” sebutnya.

    Atas dasar itulah, raker ini merupakan salah satu upaya untuk melakukan kajian secara mendalam terhadap berbagai isu strategis yang berkembang, terutama dalam rangka memantapkan pelaksanaan otonomi daerah dengan segala dinamikanya. Sebab, Apeksi sebagai organisasi yang hadir bagi peningkatan pemberdayaan kota-kota dalam rangka pelaksanaan otonomi di Indonesia.

    Sebelum menyampaikan sambutannya, Vicky sangat memuji penyelenggaraan Raker Komwil I Apeksi yang dilaksanakan di Medan. Dari pelaksaaan raker yang pernah dilakukan 6 Korwil Apeksi di seluruh Indonesia, raker di Medan ini paling terbaik. “Ini akan menjadi tantangan untuk pelaksanaan Rakernas Apeksi yang akan digelar di Palangkaraya bulan depan,” ungkapnya.

    Sementara itu Walikota Medan Drs H Rahudman Harahap MM selaku Ketua Komwil I Apeksi dalam laporannya menjelaskan, Raker I Komwil I Apeksi yang dilaksanakan ini sebagai agenda tahunan Apeksi yang diarahkan untuk menyusun dan menetapkan program kerja efektif Apeksi Komwil I Tahun 2012-2015. Di samping itu untuk membahas secara mendalam terhadap berbagai isu strategis penyelenggaraan pemerintah daerah yang berkembang, terutama dalam rangka memantapkan pelaksanaan otonomi daerah dengan segala dinamikanya.

    “Di sisi lain raker ini juga merefleksikan semangat dan keinginan yang kuat bagi kita semua guna meningkatkan kerjasama antar daerah, menggalang usaha-usaha bersama dan saling tukar pengalaman untuk mendukung  percepatan dan perluasan pembangunan kota melalui prinsip-prinsip otonomi daerah yang hakiki melalui optimalisasi potensi keragaman di masing-masing daerah. Semangat tersebut hendaknya dapat kita jadikan rujukan untuk saling bahu membahu mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Walikota.

    Walikota menjelaskan, otonomi daerah banyak dipandang sebagai sarana untuk membentuk karakter, kemandirian dan peranan daerah yang semakin dominan dalam pembangunan. Otonomi daerah bukan tujuan melainkan cara demokratis untuk mewujudkan keadilan dan kesejahteraan bagi semua unsur  bangsa tanpa kecuali.

    “Untuk mewujudkannya dalam otonomi daerah didorong adanya kerjasama yang kokoh antar daerah, tidak sekadar slogan akan tetapi diharapkan sebagai upaya untuk menjawab berbagai persoalan bangsa  yang ada saat ini, khususnya masalah keadilan dan kesejahteraan masyarakat yang ada di daerah,” jelasnya.

    Itu sebabnya melalui raker ini, Rahudman mengajak semua yang hadir untuk memanfaatkan forum ini guna saling bertukar saran, masukan, serta pengalaman yang membangun dengan semangat baru, kesadaran baru dan optimism untuk mewujudkan kerjasama antar daerah yang semakin nyata, kongkrit dan dapat sepenuhnya diimplementasikan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

    Sebelum Raker Komwil I Apeksi dibuka, Walikota Medan lebih dulu menyematkan pin Apeksi kepada 5 Walikota secara simbolis yakni Walikota Binjai HM Idaham SH MSi, Walikota Solok Ir H Irzal Ilyas Dt Lawik Basa MM, Walikota Banda Aceh Ir Mawardy Nurdin  MEng Sc, Walikota Sibolga Drs HM Syarfi Hutauruk serta Walikota Menado Dr Ir GS Vicky Lumentut MSi DEA. (BS-024)
    T#g:Apeksi
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Temui Wapres RI, Pengurus APEKSI Sampaikan Hasil Rakernas

    Beritasumut.com-Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) melakukan pertemuan dengan Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla di I

  • 5 bulan lalu

    Stand Pemko Medan di IEC Menarik Perhatian Ketua Umum Apeksi

    Beritasumut.com-Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Airin Rachmi Diany membuka Indonesia Expo City (IEC) 2019 di Simpang

  • 5 bulan lalu

    Walikota Medan Hadiri Welcome Dinner Rakernas XIV APEKSI

    Beritasumut.com-Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH menghadiri welcome dinner dalam rangka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIV Asosiasi Pe

  • tahun lalu

    Pawai Budaya Nusantara di Medan Pukau Warga Tarakan

    Beritasumut.com-Warga Kota Tarakan, Kalimantan Utara yang memenuhi Jalan Kol L Yos Sudarso menyaksikan Pawai Budaya Nusantara guna memeriahkan pemb

  • 2 tahun lalu

    Dzulmi Eldin Keluhkan Programnya Sering Tidak Sinkron dengan Pemerintah Pusat

    Beritasumut.com-Walikota Medan, Dzulmi Eldin mengeluarkan uneg-unegnya dihadapan seluruh Walikota se Sumatera saat acara Muskomwil (Musyawarah Komi

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.