Amri-RE Komit Tingkatkan Pendapatan Petani

admin admin
Amri-RE Komit Tingkatkan Pendapatan Petani
Google

Percut Sei Tuan, (beritasumut.com) – Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara Drs Haji Amri Tambunan  dan Dr RE Nainggolan MM yang diusung Partai Demokrat menyatakan kesungguhannya untuk meningkatkan pendapatan petani. Upaya yang akan dilakukan antara lain memperbaiki infrastruktur irigasi, jalan dan mengaktifkan kelompok tani.

“Kabupaten Deli Serdang baru menerima penghargaan dari Bapak Presiden RI untuk tingkat nasional karena mampu meningkatkan produksi padi melebihi 20% dari yang ditargetkan. Meningkatkan produksi padi ini akan kita kembangkan di Sumatera Utara di masa mendatang,” kata Cawagub Sumut Dr RE Nainggolan MM kepada wartawan usai meninjau infrastruktur irigasi dan lahan persawahan petani di Desa Pematang Lalang, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (18/01/2013) kemarin.

Rustam Effendi Nainggolan atau sering disebut RE Nainggolan, mengatakan bila dipercaya masyarakat memimpin Sumut Periode 2013-2018, pasangan Amri-RE akan berupaya meningkatkan produksi padi petani di Sumatera Utara dengan cara memperbaiki irigasi secara bertahap bekerjasama dengan pemerintah pusat dan kabupaten/kota di Sumut. Sebab, saat ini lebih kurang 50% irigasi di Sumatera Utara tak berfungsi. Sehingga irigasi akan diperbaiki secara bertahap baik itu irigasi di Simalungun, Tapanuli, Batang Gadis dan irigasi daerah lainnya.

Sesuai data Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Sumatera Utara, yang disampaikan pada 26 Desember 2012 di Dinas Infokom Pemprov Sumut, bahawa irigasi di Sumut dibagi tiga keweangan. Pertama kewenangan Pemerintah Pusat seluas 70.530 hektar (16 daerah irigasi), kedua kewenangan Pemerintah Provinsi dan lintas kabupaten/kota seluas 88.773 hektar (71 daerah irigasi), ketiga kewenangan kabupaten/kota seluas 261.061 hektar (1.440 daerah irigasi).

Selain memperbaiki irigasi, juga akan berupaya membatasi konversi lahan dari lahan pertanian atau lahan sawah menjadi lahan beton (perumahan) di masa-masa mendatang. Kemudian, pasangan Cagub dan Cawagub nomor urut 4 ini berjanji akan memperbaiki infrastruktur jalan baik itu jalan menuju kecamatan, menuju desa dengan bekerjasama Pemerintah Pusat, Pemerintah Kabupaten/kota di Sumatera Utara.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemprov Sumatera Utara ini juga menambahkan untuk meningkatkan produksi padi diperlukan mengembangkan kelompok-kelompok petani (Koptan).

“Seperti kelompok tani di daerah ini (Deliserdang-red) bagus, ini harus dikembangkan di masa mendatang dan Deli Serdang menjadi contoh untuk daerah lain di Sumut,” kata RE Nainggolan.

RE Nainggolan mengatakan padi atau beras menjadi indikator utama mendongkrak inflasi, untuk itu masalah padi (beras) menjadi perhatian serius dari pasangan yang diusung Partai Demokrat ini. Upaya membantu meningkatan pendapatan petani dilakukan dengan meningkatkan produktivias, menekan biaya produksi dan mengatur pola tanam.

“Kalau infrastruktur irigasi berfungsi dengan baik, maka produksi padi juga akan meningkat. Pola tanam bisa diatur dua kali hingga tiga kali setahun serta menggunakan bibit yang berkualitas,” katanya.

Setelah mendengar penjelasan mantan Bupati Tapanuli Utara itu, para petani di Desa Pematang Lalang, Deli Serdang, mengharapkan pasangan Amri-RE memimpin Sumut untuk lima tahun mendatang. Warga yang diwakili Kepala Desa Pematang Lalang, Anjur Silitonga mengatakan warga di desa tersebut akan berjuang memenangkan pasangan Amri-RE.

“Pasangan Cagub dan Cawagub ini sudah kami kenal, sudah teruji mempimpin. Ini beban masyarakat Pematang Lalang untuk mememangkan Amri-RE. Apalagi program yang disampaikan Pak RE Nainggolan benar-benar sesuai dengan harapan dan dambaan petani di Sumatera Utara khususnya petani di desa ini,” kata Anjur Silitonga.

Warga lain diwakili Sekdes Pematang Lalang, Jhon Frangki Silalahi mengingatkan kepada RE Nainggolan apabila duduk menjadi Wagub agar mengingat dan memperhatikan warga di Desa Pematang Lalang tersebut.

“Tolong Pak kami dipersatukan antara petani dengan pengusaha (perusahaan), biar bisa bekerjasama,” harapnya.

Pada kunjungan Jumat pagi tersebut, warga Desa Pematang Lalang bapak-bapak dan ibu-ibu mendatangi dan berlomba menyalami RE Nainggolan. Tapi RE Nainggolan tidak tinggal diam, dengan akrab mendatangi warga, menyalami, merangkul dan berdialog. RE Nainggolan juga menemui warga yang sedang minum kopi di warung di desa itu untuk berdialog. (BS-001)