Rabu, 19 Februari 2020

    500 Penghuni Lapas Masuk DPT Pilkada Medan, 2.500 Penghuni Rutan Kehilangan Hak

    Sabtu, 05 Desember 2015 15:42:00
    BAGIKAN:
    Google
    Ilustrasi.
    Beritasumut.com - Lima ratus lebih penghuni Lapas Tanjung Gusta terdata dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Medan, 9 Desember mendatang. Namun, terdapat 2.500 lebih warga Medan yang ada di Rutan Tanjung Gusta yang kehilangan hak pilihnya.

    TPS akan didirikan di tiap lapas di Tanjung Gusta, yaitu Lapas Dewasa Kelas I, Lapas Anak Kelas II-A dan Lapas Wanita Kelas II-A.

    "TPS 33 akan ada di dalam Lapas Anak. Di sana ada 260 pemilih. TPS 34 di Lapas Dewasa dengan 247 pemilih. Lalu, di TPS 35 di Lapas Perempuan terdapat 76 pemilih," kata Anggota KPU Medan, Pandapotan Tamba, Sabtu (5/12/2015).

    Waktu pemungutan suara pada TPS yang ada di dalam Lapas sama seperti TPS lainnya, yaitu mulai pukul 07.00-13.00 WIB. Para pegawi Lapas akan menjadi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

    Jika di Lapas Tanjung Gusta akan disediakan TPS, tidak demikian dengan Rutan Tanjung Gusta yang letaknya tak berjauhan. Meskipun kenyataannya penghuni Rutan itu mayoritas warga Medan.

    Pihak Rutan Tanjung Gusta sebelumnya sudah mengajukan Daftar Pemilih Sementata (DPS) kepada KPU Medan sebesar 2.508 orang. Total warga binaan di sana 3.100-an orang.

    "Tapi, belum ada tanggapan untuk DPT. Sosialisasi pilkada juga belum dilakukan," jelas Kelapa Rutan Klas IA Tanjung Gusta Medan Jumadi.

    Sebanyak 2.508 orang itu hampir dipastikan kehilangan hak pilihnya sebagai warga Medan. KPU Medan sudah membahasnya dan sudah memastikan mereka tidak masuk DPT Pilkada Medan.

    "Kalau Rutan Tanjung Gusta sudah masuk wilayah administratif Deli Serdang. Sesuai peraturan kita tidak bisa masuk ke sana," pungkas Tamba. (BS-031)
    T#g:
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 4 tahun lalu

    MK Tolak Gugatan Pilkada Medan

    Beritasumut.com - Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan sengketa Pilkada Medan 2015 yang diajukan oleh pasangan nomor urut 2 Ramadhan Pohan-Eddie K

  • 4 tahun lalu

    Tim Pemenangan BENAR: Pilkada Medan Lancar dan Jadi Kemenangan Bersama

    Beritasumut.com - Ketua Tim Pemenangan Dzulmi Eldin-Akhyar Nasution (BENAR), Syaf Lubis mengatakan kondusifitas dan keamanan Kota Medan selama tahapan

  • 4 tahun lalu

    Ketua KPU RI Turun ke Medan

    Beritasumut.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Husni Kamil Manik turun ke Medan, Sabtu (12/12/2015).Didampingi Komisioner KPU Sumatera Utara (

  • 4 tahun lalu

    Partisipasi Pemilih Terendah di Indonesia, REDI Tuntut Pilkada Medan Susulan

    Beritasumut.com - Rendahnya tingkat partisipasi pemilih dalam Pilkada Kota Medan 2015 membuat Tim Pemenangan Ramadhan Pohan-Eddie Kusuma (REDI) mendes

  • 4 tahun lalu

    Eldin-Akhyar Menang Telak di Medan

    Beritasumut.com - Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Dzulmi Eldin-Akhyar Nasution, menang telak di Pilkada Kota Medan 2015.Berdasarkan penghitungan

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.