Jumat, 21 Februari 2020

    121 Indomaret di Medan Tidak Punya Izin

    Rabu, 22 Mei 2013 01:12:00
    BAGIKAN:
    Google

    Medan, (beritasumut.com) Kepada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kota Medan Wirya Arahman mengatakan, dari sebanyak 216 lokasi Indomaret di Kota Medan hanya 95 lokasi  yang memiliki izin, selebihnya yakni 121 lokasi tidak punya izin.

    Hal ini diungkapkan Wirya disela-sela rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi C DPRD Medan, PT Indomarco Prismatama selalu pengelola Indomaret, Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan BPPT Pemko Medan di Gedung DPRD Medan, Jalan Krakatau, Medan, Selasa (21/5/2013).

    Dalam rapat yang dipimpin Ketua Komisi C DPRD Medan A Hie didampingi anggota Abdul Rani itu, Wirya mengatakan, sejak Tahun 2011 pihaknya hanya menerima sebanyak 34 lokasi Indomaret untuk mendaftar ulang, dan pada Tahun 2012 hingga saat ini baru 25, 10 diantaranya merupakan permohonan izin baru.

    "BPPT baru menerbitkan 10 izin lokasi Indomeret, sementara Disperindag menerbitkan 85 izin lokasi, sedangkan dari pengakuan PT Indomarco  sendiri, pihaknya telah membuka sebanyak 216 lokasi Indomaret yang tersebar di Kota Medan. Dengan demikian ada sebanyak 121 lokasi Indomaret yang tidak memiliki izin di Medan," ujar Wirya.

    Padahal lanjut Wirya berdasarkan Peraturan Walikota (Perwal) No 47 Tahun 2012, pelaku usaha telah diberi kemudahan untuk mengurus izin, yakni cukup melampirkan Surat Izin Mendirikan Bangunan (SIMB) yang sesuai dengan peruntukan. Namun demikian hanya 10 lokasi Indomaret yang izin baru. 

    Menyikapi ini Ketua Komisi C DPRD Medan A Hie mengatakan, tindakan PT Indomarco telah merugikan Pemko Medan. Untuk itu diminta agar PT Indomarco segera menyerahkan data-data tentang lokasi Indomaret di Medan.

    "Data ini penting kita miliki agar diketahui angka ril berapa sesungguhnya lokasi Indomaret yang tidak punya izin, sehingga Komisi C DPRD Medan bisa minta  pemko untuk menutup sementara Indomaret yang tidak punya izin tersebut sampai surat izinnya diterbitkan," ujar A Hie.

    Sebab lanjut Politisi dari Partai Demokrat ini, tindakan yang dilakukan pihak PT Indomarco tersebut telah merugikan Pemko Medan, perusahaan ini tidak mentaati peraturan yang ada. Jika ditinjau dari sisi ekonomi pengusaha diuntungkan, namun dari sisi pendapatan negera telah dirugikan.

    "Kita tidak melarang orang menamankan investasinya di daerah ini, kita tidak melarang investor membuka usaha di daerah ini, namun harus sesuai aturan, karenanya diminta kepada pemko untuk menutup sementara Indomaret yang tidak punya izin," ungkap anggota dewan yang terpilih dari daerah pemilihan (Dapil) V tersebut.

    Sementara itu perwakilan PT Indomarco Roy Panggabean dan Asindo Butar-butar berjanji akan segera memberikan data-data yang diminta Komisi C sekaligus akan memenuhi segala ketentuan yang berlaku. (BS-001)
    T#g:Izin
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Plt Wali Kota Medan Kunjungi Kantor DPMPTSP, Pastikan Pelayanan Perizinan Berjalan Baik

    Beritasumut.com-Plt Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi, meninjau kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kot

  • satu bulan lalu

    Pemkab Langkat Mendelegasikan Seluruh Kewenangan Perizinan dan Non Perizinan

    Beritasumut.com-Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Asisten III Umum Musti Sitepu memimpin apel gabungan ASN dijajaran Pemkab Langkat, di Hala

  • 4 bulan lalu

    Kemenag Tarik Peredaran Buku Aqidah Akhlak Terbitan Gema Nusa

    Beritasumut.com-Buku Kerja Siswa (BKS) “An-Najah” untuk siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah, Mata Pelajaran Aqidah Akhlak, terbitan CV.

  • 4 bulan lalu

    Kemenag RI Rilis Aplikasi Online untuk Izin Pendirian PTKI Swasta

    Beritasumut.com-Tingkat partisipasi masyarakat dalam menyelenggarakan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) semakin hari semakin meningkat. Dala

  • 5 bulan lalu

    Permudah Izin Usaha, Pemerintah Siapkan Omnibus Law

    Beritasumut.com-Pemerintah tengah menyiapkan Omnibus Law terkait perizinan berusaha. Hal tersebut dilakukan dalam upaya untuk mempermudah perizinan

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.