Rabu, 17 Juli 2019

    1,7 Juta Warga Medan Terdaftar BPJS Kesehatan

    Senin, 29 September 2014 23:00:00
    BAGIKAN:
    Wali Kota Medan Dzulmi Eldin menerima Kepala BPJS Kesehatan Cabang Medan Mariamah. (Ist)
    Medan, (beritasumut.com) – Wali Kota Medan Dzulmi Eldin menerima Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Medan Mariamah di Balai Kota Medan, Senin (29/9/2014).

    Selain melaporkan jumlah kepesertaan yang berhasil dirangkul selama 9 bulan sejak BPJS Kesehatan berdiri di Kota Medan, juga disampaikan sejumlah rencana kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini, salah satunya menggelar sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ke perusahaan-perusahaan di Medan.

    Didampingi 2 orang stafnya, Mariamah mengungkapkan saat ini yang sudah terdaftar menjadi anggota BPJS Kesehatan di Kota Medan berjumlah 1.700.000 orang. Mereka dapat menggunakan 179 fasilitas kesehatan, perinciannya 39 puskesmas dan 49 rumah sakit.

    Menurut Mariamah, keberhasilan pihaknya merekrut warga  menjadi peserta BPJS Kesehatan tidak terlepas dari dukungan Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Kependudukan, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Disosnaker) serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan.

    Salah satu persyaratan untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan, warga diharuskan memiliki e-KTP. “Jika warga belum memiliki E-KTP, mereka diharuskan wajib lapor ke Disdukcapil,” kata Mariamah.

    Selanjutnya Mariamah mengungkapkan, pihaknya  pun akan melakukan sosialisasi JKN ke seluruh perusahaan yang ada di Kopta Medan. Sebab, mereka punya program untuk Tahun 2015, seluruh badan usaha yang ada baik besar maupun kecil wajib mendaftarkan pekerjanya menjadi peserta BPJS Kesehatan.

    “Berdasarkan data yang kita peroleh dari Jamsostek, ada 4.000 badan usaha di Kota Medan. Namun setelah kita data, hanya 3.000 yang jelas. Dari jumlah itu, 2.800 badan usaha telah mendaftarkan pekerjanya menjadi peserta BPJS kesehatan. Untuk itu sisanya kita harpkan dapat bergabung setelah dilaksanakannya sosialisasi ini,” ungkapnya.

    Selain sosialisasi JKN kepada perusahaan, Mariamah juga melaporkan rencana pihaknya untuk melaksanakan papsmear gratis gebyar deteksi dini kanker rahim. Kegiatan ini dilakukan untuk menyikapi tingginya angka penderita kanker saat ini. Dengan gebyar deteksi dini ini, diharapkan mampu menekan angka penderita kanker rahim.

    Kemudian BPJS Kesehatan kata Mariamah, siap mendukung kegiatan Disosnaker Medan yang akan menggelar jalan sehat dengan melibatkan sekitar 1.000 pekerja beserta keluarga. Di samping itu siap membantu mendukung program kebersihan dengan berencana menyiapkan becak pengangkut sampah.

    Wali Kota Medan Dzulmi Eldin didampingi Kepala Inspektorat Farid Wajedi, Kadis Kesehatan Usma Polita, Kadissosnaker Armansyah Lubis menyambut baik kunjungan Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kota Medan. Selain mendukung penuh seluruh kegiatan yang dilakukan, Wali Kota berharap seluruh pekerja di Medan terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan. Dengan demikian para pekerja dapat merasa tenang dan aman pada saat melaksanakan kerjanya masing-masing.

    Dalam kesempatan itu Eldfin juga minta kepada Kadis Kesehatan agar segera menyelesaikan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Medan Sehat (JPKMS) yang akan berintegrasi dengan BPJS Kesehatan.

    “Apa yang menjadi kendala segera selesaikan. Jadi begitu warga yang selama ini menajdi peserta JPKMS tidak ada kendala pada saat membutuhkan pelayanan kesehatan,” kata Wali Kota. (BS-001)
    T#g:
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    ‪RSUP Adam Malik Yakin Pasien Tak Ada Gunakan BPJS Kesehatan Palsu

    Beritasumut.com-Ditemukannya kartu BPJS Kesehatan palsu di Provinsi Jawa Barat, tidak membuat RSUP H Adam Malik Medan takut untuk menerima pasien yang

  • 3 tahun lalu

    Urus Kartu BPJS Kesehatan Jangan Melalui Calo

    Beritasumut.com-Kepala Departemen Hukum, Komunikasi Publik, Kepatuhan dan Keuangan BPJS Kesehatan Divre I Sumut-Aceh, Ismed mengimbau kepada masyaraka

  • 3 tahun lalu

    Ini Kronologis Penangkapan Tiga Pembunuh Warga Medan

    Beritasumut.com-Tiga pelaku pembunuhan Hamonangan Sipangkar (24) warga Jalan Menteng VII, Gang Sepakat, Medan yang ditemukan tewas ternyata memiliki p

  • 3 tahun lalu

    Tersangka yang Ditembak Otak Pelaku Pembunuhan Warga Medan

    Beritasumut.com-Tersangka Martin yang ditembak polisi diduga menjadi otak pelaku pembunuhan Hamonangan warga Jalan Menteng VII, Gang Sepakat, Medan.Ka

  • 3 tahun lalu

    Tiga Pembunuh Warga Medan Diringkus, Satu Ditembak

    Beritasumut.com-Polres Deli Serdang berhasil meringkus tiga pelaku pembunuhan Hamonangan Sipakkar (24) warga Jalan Menteng VII, Gang Sepakat Nomor 28,

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.