Olahraga

Metro Langkat Target Lolos Final DNC 2016

Metro Langkat Target Lolos Final DNC 2016
Beritasumut.com/Ilustrasi
Danone Nations Cup

Beritasumut.com-Tim Sekolah Sepakbola (SSB) Metro Langkat mengusung target lolos dalam Putaran Final Danone Nations Cup (DNC) 2016 di Jakarta, 21-25 Juli mendatang. SSB Metro Langkat berhak mewakili Sumut ke putaran final nasional DNC, setelah menjuarai babak Region Sumut dengan mengalahkan SSB Tumpas Lubukpakam 2-0 di partai final. Selama babak region, M Rafi Yuwanda cs tidak pernah kalah maupun kebobolan.

Pelatih SSB Metro Langkat, Yunus Saragih, optimistis anak asuhnya mampu tampil maksimal dalam putaran final tahun ini. Hal ini mengingat timnya telah melakukan persiapan yang matang sejak berakhirnya putaran final region Sumut. “Sejak menjuarai DNC Region Sumut, kami langsung mempersiapkan tim dengan fokus latihan tiga kali dalam seminggu, yakni Selasa, Kamis, dan Sabtu. Tim pelatih terus memperbaiki kelemahan-kelemahan tim serta mengasah kelebihan pemain. ”ujar Yunus di Medan, Rabu (20/07/2016).

Dikatakannya, dengan persiapan yang maksimal, dirinya yakin tim asuhannya akan mampu bersaing dengan SSB lainnya. “Target awal kami tentu lolos dari pool dulu. Baru kita bicara di delapan besar. Sedangkan untuk pengundian grup dilakukan malam ini,” ucap Yunus.

Lebih lanjut dia mengatakan SSB Metro Langkat ke Jakarta dengan membawa sembilan pemain terdiri atas M Risky Rivaldo, Kaka Irawan, M Rafi Yuwanda, Raka Rayhan Purba, MA Cahyo, Arkhan Fikri, Risky Firdaus, Aulia Fahriki, dan Habib Firnanda.

“Ini untuk pertamakalinya kami lolos ke putaran final, makanya kami tidak mau menyia-nyiakan kesempatan emas ini. Walaupun ada sejumlah pemain yang pernah merasakan putran final tahun sebelumnya. Yang jelas saya sudah instruksikan kepada pemain untuk memanfaatkan memontum ini untuk mengukir prestasi di kancah nasional. Apalagi jika mereka bisa lolos ke putaran dunia, itu sungguh pencapaian luar biasa,” tambah mantan pelatih PSMS U-17.

Namun, tim Metro Langkat harus merombak strategi permainan dan skuad yang ada. Tim Metro akan mencoba memanfaatkan lebar lapangan, saat tim menguasai bola. Sesekali mengandalkan serangan balik. Pasalnya, dua pemain teranyar mereka yang turut membawa tim ini lolos ke putaran final nasional DNC tahun ini, yakni Bayu Ramadhan dan Ronaldo tidak boleh mengikuti putaran final karena adanya gigi tumbuh.

“Kita mencoba bermain lebar lapangan dan mengandalkan counter attack. Kita terpaksa lakukan itu, karena striker andalan kita Ronaldo. tidak lolos dengan alasan ada gigi tumbuh. Begitu juga stopper kita Bayu Ramadhan. Meski dari segi postur pemain kita juga lebih kecil, namun untuk teknik dan skill tidak kalah dengan tim lain,” tuturnya.

Rekam jejak prestasi yang ditorehkan tim Metro Langkat terbilang apik. Mereka mampu menjuarai sejumlah turnamen nasional maupun internasional. "Tim ini baru saja meraih juara 3 mewakili Indonesia pada festival di Singapura dengan diperkuat sejumlah materi pemain yang ada saat ini. Mesti tidak full, kita yakin pemain ini masih solid,” tandasnya. (BS03)