Olahraga

Babak 8 Besar Piala Eropa 2016, Tiga Tim Juara dan Dua Debutan

Babak 8 Besar Piala Eropa 2016, Tiga Tim Juara dan Dua Debutan
beritasumut.com/int
Bagan 8 Besar Piala Eropa 2016

Beritasumut.com-Delapan negara kembali akan bertarung untuk memperebutkan tiket semifinal Euro 2016 yang kembali digelar mulai 1 Juli 2016. Dari delapan negara yang lolos dua di antaranya, masing-masing Wales dan Islandia merupakan tim debutan yang baru pertama kali ini tampil di ajang antar negara empat tahunan tersebut.

Laga perempat final (8 besar) diawali pertandingan Polandia vs Portugal pada 1 Juli 2016. Wales akan menghadapi Belgia pada Sabtu (02/07/2016). Kemudian Jerman akan berhadapan dengan Italia pada tanggal 3 Juli 2016. Pertandingan terakhir babak 8 besar tim tuan rumah Perancis akan menghadi tim debutan Polandia pada 4 Juli 2016.

Bigmatch pada babak 8 besar merupakan ulangan semifinal Euro 2012, yakni Jerman versus Italia. Pada euro musim lalu Italia berahasil masuk ke final setelah mengalahkan Jerman dengan skor 2-1.

Berkumpulnya tim kuda hitam di blok satu dan tim jawara di blok dua, kemungkinan terjadinya final kejutan di Euro 2016 sangatlah besar. Saat ini Portugal, Polandia, Wales, dan Belgia secara berurutan akan berebut satu tempat ke partai puncak. Empat tim ini belum pernah sekali pun menjuarai Piala Eropa.

Sementara itu di blok dua, situasi tidak kalah rumit. Jerman dan Italia bahkan sudah harus bertarung di perempat final. Salah satu dari mereka bakal melaju untuk bersua pemenang Prancis vs Islandia. Jerman, Italia, dan Prancis sudah pernah menjadi kampiun Eropa. Oleh karenanya, jika Islandia yang lolos ke partai puncak, tentu akan sangat luar biasa. Bukan cuma karena mengejutkan, tetapi juga karena dipastikan akan ada juara baru di Euro 2016 kali ini.

Di antara delapan tim yang ada, Wales dan Islandia adalah yang paling bau kencur karena baru sekali ini lolos ke putaran final Euro. Sementara Jerman adalah yang paling berpengalaman karena sudah 11 kali melaju ke Piala Eropa. Jika bicara gelar juara, dari delapan tim tersisa, Jerman adalah yang paling banyak dengan tiga gelar. Sementara Perancis dua dan Italia satu.(BS01)