Kesehatan

Satu Diantara 88 Anak Menderita Autis


Satu Diantara 88 Anak Menderita Autis
beritasumut.com/ilustrasi

Beritasumut.com-Pakar bidang pendidikan dan psikologis anak autis asal Taiwan, Prof Huan Wen Chang, mengatakan, berdasarkan data terakhir pada tahun 2012, diketahui diantara 88 orang anak, terdapat satu orang anak terdeteksi menderita autisme.

"Itu menunjukkan bahwa jumlah penderita autisme semakin banyak, padahal jauh sebelumnya perbandingannya hanya 1 berbanding ribuan," katanya kepada beritasumut.com, Senin (04/04/016).

Sebelumnya, kata dia, penderita autis ada di antara 5.000 anak, tapi sekarang sudah semakin meningkat.  Disebutkannya, tidak sedikit juga orang tua beranggapan bahwa anak autisme ini adalah hukuman dari perbuatannya pada masa lalu. Ada juga beranggapan autisme adalah penyakit keturunan.

"Kemudian, meskipun orang tua sudah mengetahui akan penyakit anaknya itu, namun tetap menganggap kelainan yang ada itu akan sembuh dengan sendirinya, sehingga nantinya secara alami akan bisa bergaul bersama anak-anak normal lainnya," paparnya.

Dijelaskannya, gejala autisme  yang bisa dikenali dengan sangat mudah, yakni si anak tidak melakukan eye contact setiap kali diajak berkomunikasi. Bahkan ada yang suka tiba-tiba menangis atau tertawa tanpa diketahui apa penyebabnya.

"Selain itu, orang tua juga bisa melihat prilakunya ketika bermain si anak seringkali menyusun mainannya secara mendatar atau ke atas," pungkasnya.(BS01)

Tag: