Kesehatan

Peredaran Vaksin Palsu Sulit Diketahui di Medan


Peredaran Vaksin Palsu Sulit Diketahui di Medan
Beritasumut.com/Ist
Vaksin

Beritasumut.com-Digerebeknya pabrik pembuatan vaksin palsu di Tangerang Selatan beberapa waktu lalu, menimbulkan keresahan warga Medan. Pasalnya, pabrik tersebut ditengarai sudah mengedarkan vaksin palsu hingga beberapa tahun lalu. Kemungkinan vaksin palsu tersebut selama ini beredar di Medan membuat resah masyarakat. Apalagi, vaksin palsu sulit diketahui keberadaannya.

Eva asisten apoteker di apotik Firdaus, Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan menyebutkan, untuk peredaran vaksin palsu sulit untuk diketahui. Menurutnya, untuk di apotik, keberadaannya kecil kemungkinannya untuk terjadi.

"Umumnya, apotik mengambilnya obat langsung dari distributor, karena di situ, lisensi keamanannya sudah jelas. Hanya saja memang, nggak sedikit ada petugas sales yang sering menawari obat ke apotik. Harga yang ditawarkan memang lebih murah, tapi kita tidak pakai," jelasnya.

Sementara itu, Rina warga di Kecamatan Medan Kota mengungkapkan rasa kekhawatirannya terhadap vaksin palsu tersebut. Menurutnya, Medan sebagai salah satu kota besar di tanah air, memiliki jumlah penduduknya yang banyak. Hal ini diyakininya tentu akan menjadi potensi pasar dari peredaran vaksin palsu tersebut.

"Apalagi anak saya kemarin baru saja di imunisasi. Kita nggak ngerti, apakah vaksin yang dipakai itu asli atau ternyata palsu," ujarnya.(BS04)

 


Tag: