Kesehatan

Ini Anggapan Keliru Tentang Autisme


Ini Anggapan Keliru Tentang Autisme
beritasumut.com/ilustrasi

Beritasumut.com-Pakar bidang pendidikan dan psikologis anak autis asal Taiwan, Prof Huan Wen Changada, mengatakan, ada beberapa anggapan orangtua yang menganggap autisme sebagai penyakit gangguan mental.

"Bahkan, sebagian besar orangtua tidak sadar bahwa anaknya adalah seorang penderita," ujarnya, kepada beritasumut.com, Senin (04/04/2016).

Selain itu, katanya, tidak sedikit juga orang tua beranggapan bahwa anak autisme ini adalah hukuman dari perbuatannya pada masa lalu. Ada juga beranggapan autisme adalah penyakit keturunan.

Sayangnya, lanjut dia, meskipun orangtua sudah mengetahui akan penyakit anaknya itu, namun tetap menganggap kelainan yang ada itu akan sembuh dengan sendirinya, sehingga nantinya secara alami akan bisa bergaul bersama anak-anak normal lainnya.

Pada akhirnya, kata dia, ketika orang tua melihat tingkah anaknya yang sebenarnya sudah menunjukkan gejala autisme, malah dianggap hanya karena pola didikannya yang kurang tegas. Selain itu banyak juga orang tua memaksakan anaknya sekolah di sekolah normal.

"Padahal semua anggapan tersebut salah, dan justru bisa membuat si anak tidak bisa berinteraksi bahkan membahayakan diri anak autis itu sendiri," sebutnya.(BS01)

Tag: