Kesehatan

Dirut Baru RSUP Adam Malik Optimis Raih Akreditasi JCI 2017 Nanti

Dirut Baru RSUP Adam Malik Optimis Raih Akreditasi JCI 2017 Nanti
Beritasumut.com/Ist
RSUP Adam Malik Medan

Beritasumut.com-Direktur Utama (Dirut) RSUP H Adam Malik Medan yang baru, dr Bambang Prabowo MKes optimis RSUP H Adam Malik bisa meraih akreditasi Joint Commission International (JCI), di awal tahun 2017 nanti. Hal ini disampaikannnya setelah prosesi serah terima jabatan (sertijab) dari Dirut lama, dr Yusirwan SpB SpBA (K) MARS kepadanya yang berlangsung di aula RS Adam Malik Medan, Rabu (20/07/2016).‬

"Akreditasi JCI itu memang harus diraih, karena RS Adam Malik adalah rumah sakit rujukan nasional," tegasnya.‬ Bambang mengakui, salah satu syarat rujukan nasional adalah harus lulus JCI. Dalam 6 bulan kedepan masih berjalan penilaian JCI.

"Awal tahun 2017, kita meyakini sudah meraih JCI. Sekarang ini kita persiapan, namun itu pun masih ada bimbingan dari beberapa rumah sakit yang telah meraih JCI," tuturnya.‬ Dia juga mengatakan, JCI ini mengarahkan bagaimana rumah sakit mengubah prilaku dalam memberikan pelayanan kepada pasien.

"Jadi dalam hal ini bukan dilihat dari teknis operasi ataupun teknis pelayanan, tapi bagaimana orang-orang di rumah sakit dimulai dari pimpinan hingga Cleaning Service menjalankan standar JCI," sebutnya.‬

‪Sementara itu, Dirut RSUP H Adam Malik yang lama, Dr dr Yusirwan SpB SpBA (K) MARS membeberkan pemilihan Dirut RSUP H Adam Malik yang baru ini tidak asal dipilih. Pemilihan ini melibatkan panitia seleksi dari Kemenkes.

"Pemilihan ini berdasarkan selektif secara objektif dan terbuka. Insya Allah dibawah kepemimpinan pak Bambang Prabowo, RS Adam Malik mendapatkan akreditasi JCI," pungkasnya.‬ (BS02)