Kesehatan

BBPOM Temukan 200 Website Jual Beli Makanan dan Obat Tanpa Izin Edar


BBPOM Temukan 200 Website Jual Beli Makanan dan Obat Tanpa Izin Edar
beritasumut.com/ist

Beritasumut.com-Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Medan mengungkapkan selama tahun 2015, secara nasional menemukan 200 website jual beli online yang menjual obat dan makanan tanpa izin edar. Karenanya, pihaknya akan mengintensifkan pengawasan dengan berkordinasi dengan pihak terkait.

"Tetapi memang hingga kini belum ada laporan dari masyarakat soal dampak dari kesehatan yang ditimbulkan oleh obat dan makanan online ke kita. Tetapi bukan berarti dampaknya itu tidak ada terjadi di lapangan," ujar Kepala BBPOM Medan Ali Bata, Rabu (20/04/2016).

Diakuinya, untuk pengawasan, BBPOM kesulitan dalam memonitor produk obat dan makanan online itu. Meskipun dalam beberapa kasus, pihaknya memang menemukan sejumlah produk yang tidak tersertifikasi memiliki izin edar.

"Kita bekerjasama dengan interpol dan juga Kominfo. Apabila ditemukan, kita membelinya lalu memverivikasi produk yang ada itu. Jika ternyata terbukti, kita merekomendasikan kepada Kominfo supaya websitenya diblokir," ujarnya.

Walaupun begitu, untuk memberikan sanksi yang lebih jauh, Ali mengaku hal itu sangat sulit untuk dilakukan. Karena, darimana produsen obat dan makanan online itu berasal sulit untuk terdeteksi keberadaannya. "Untuk produk online yang justru dipasarkan melalui via BBM ataupun Whatsapp itu pengawasannya jauh lebih sulit. Kita tidak mungkin merazia seluruh handphone untuk mengetahui keberadaannya," pungkasnya.(BS01)

Tag:BBPOMBPOM