Selasa, 17 September 2019

    Burundi Bebaskan Wartawan Terkait Kasus Pembunuhan Biarawati

    Kamis, 19 Februari 2015 21:20:00
    BAGIKAN:
    Bob Rugurika. (Aljazeera)
    Beritasumut.com Direktur Radio Publique Africaine (RPA) Bob Rugurika, dibebaskan dari penjara, Kamis (19/1/2015), kata pengacara Lambert Nigarura.

    Pembebasannya dilakukan setelah aksi demonstrasi ribuan orang di jalan-jalan ibukota Burindia. Aksi tersebut merupakan salah satu demonstrasi terbesar dalam beberapa tahun terakhir, kata seorang AFP News Agency Reporter.

    Seperti dilansir Aljazeera, penahanan Rugurika menarik perhatian Pemerintah AS, politisi Uni Eropa, kelompok hak asasi manusia dan organisasi wartawan. Mereka meminta Rugurika dibebaskan.

    Dia didakwa dengan keterlibatannya dalam pembunuhan dan menyembunyikan seorang kriminal.

    Rugurika ditangkap pada 20 Januari setelah jaksa menuduhnya menyembunyikan identitas tamu yang yang disiarkan pada awal Januari. Saat itu narasumber mengatakan ia terlibat dalam pembunuhan tiga biarawati di pinggiran utara ibukota Bujumbura, September silam.

    Tamu juga mengidentifikasi orang lain yang diduga terlibat dalam pembunuhan, termasuk mantan dan petugas intelijen serta polisi, tetapi tidak memberikan bukti apapun.

    Dua biarawati, Lucia Pulici (75) dan Olga Raschietti (82) ditemukan tewas dipenggal di asrama mereka di pinggiran kota. Sementara Bernadetta Boggian (79) ditemukan tewas pada hari berikutnya.

    Pierre Claver Mbonimba, Kepala Asosiasi untuk Pertahanan Hak Asasi Manusia dan Tahanan, langsung angkat bicara setelah penangkapan Rugurika bulan lalu. Ia pun menyerukan pembebasannya. "Ia telah melakukan pekerjaannya sebagai wartawan".

    Rugurika dibebaskan setelah membayar uang jaminan $ 9.600, kata pengacaranya.

    "Klien saya memperoleh pembebasan sementara di bawah keputusan pengadilan banding," kata pengacara Nigarura.

    Nigarura mengatakan pengadilan telah melarang wartawan meninggalkan negara itu. Tidak ada tanggal persidangan yang telah ditetapkan.

    Pekan lalu, parlemen Eropa mengancam akan menangguhkan program bantuan lima tahun ke Burundi senilai 432.000.000 jika Rugurika tidak dibebaskan. (BS-001)
    T#g:Burundi
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Dubes Ratlan Pardede Promosikan Produk Unggulan Indonesia di Hadapan Pengusaha Burundi

    Beritasumut.com-Prof Ratlan Pardede selaku Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Tanzania berkunjung ke Burundi yang terletak di jantung B

  • 3 tahun lalu

    Ungkap Kasus Pembunuhan, Enam Personil Polres Deli Serdang dapat Penghargaan

    Beritasumut.com-Berhasil mengungkap kasus pembunuhan Hamonangan Sipakkar (24) warga Jalan Menteng VII, Gang Sepakat No 28, Medan yang ditemukan tewas,

  • 3 tahun lalu

    PWI Deli Serdang Sesalkan Aksi Teror Terhadap Wartawan

    Beritasumut.com-Ketua PWI Deli Serdang Folala J Gea menyesalkan kejadian teror yang menimpa Mehuli Keliat, seorang wartawan Harian Metro 24. Menurut F

  • 3 tahun lalu

    Wartawan Diteror, Manajemen Harian Metro 24 Besok Demo ke Poldasu

    Beritasumut.com-Terbakarnya rumah salah satu wartawan Harian Metro 24, membuat segenap wartawan, karyawan dan stafnya akan melakukan demo ke Polda Sum

  • 3 tahun lalu

    Laga Persahabatan, PWI Sumut Bungkam Polres Asahan

    Beritasumut.com-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara berhasil mengalahkan tuan rumah Polres Asahan dengan skor 2-0 di Stadion Mutiara Kis

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.