Kejari Balige Tunggu Surat Izin Pemeriksaan Plt Bupati Tobasa Dari Kemendagri


Kejari Balige Tunggu Surat Izin Pemeriksaan Plt Bupati Tobasa Dari Kemendagri
Google
Ilustrasi.
Beritasumut.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Balige melalui Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) telah mengirimkan surat permohonan izin pemanggilan terhadap Plt Bupati Toba Samosir (Tobasa) Liberty Pasaribu ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Demikian disampaikan Wakil Kepala Kejati Sumut Amir Yanto di Gedung Kejati Sumut, Jalan AH Nasution, Medan, Selasa (16/6/2015).

Wakajati didampingi Kasi Penkum Chandra Purnama Pasaribu menegaskan, saat ini pihaknya masih menunggu surat izin pemeriksaan tersebut dari Kemendagri.

Pemanggilan terhadap Liberty Pasaribu oleh penyidik untuk pemeriksaan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pembayaran ganti rugi tanah dan bangunan Balai Latihan Kerja (BLK) Yaspena di Desa Sionggang Utara dan Desa Aek Natolu Jaya, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Tobasa, Tahun 2006. Saat itu Liberty menjabat Sekda Tobasa.

Terkait kasus ini, Kejari Balige bersama Cabjari Porsea telah melakukan pemanggilan dan pemeriksaan terhadap saksi-saksi.

Proses penyelidikan terhadap Plt Bupati Tobasa dimulai pada Mei 2014, setelah Cabjari Porsea terlebih dahulu menetapkan mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Herijon Panjaitan sebagai tersangka dalam kasus ini.

Wakajati juga menyampaikan, untuk kerugian negara sebesar Rp1,2 milliar telah dikembalikan pihak Yaspena melalui Bendahara Umum Nanser Sirait ke Penyidik Cabang Kejaksaan Negeri Balige di Porsea, akhir Februari 2015. (BS-021)

Tag: