Minggu, 22 September 2019

    Tim Antibegal Dibentuk, Bandit Jalanan di Medan Tembak di Tempat

    Jumat, 13 Maret 2015 20:41:00
    BAGIKAN:
    Wakapolresta Medan AKBP Yusuf Hondawantri Naibaho memberikan pengarahan kepada Tim Antibegal. (Ist)
    Beritasumut.com Wakapolresta Medan AKBP Yusuf Hondawantri Naibaho gerah dengan maraknya aksi kejahatan jalanan di Medan. Dia langsung memerintahkan tembak di tempat terhadap para pelaku.

    Perintah itu disampaikan Hondawan di hadapan Tim Khusus (Timsus) Anti-Begal yang terbentuk di Mapolresta Medan, Jumat (13/3/2015) sore.

    "Tindakan tegas berupa tembak di tempat ini harus dilakukan‎ terhadap para begal. Para pelaku kejahatan ini sudah sangat meresahkan dan tak peduli siapa korbannya, bahkan ada yang sampai menyebabkan korban tewas," ucapnya.

    Kali ini, kata Hondawan, polisi tetap akan menjunjung tinggi hak azasi manusia (HAM), tapi lebih mengutamakan HAM masyarakat yang menjadi korban.

    "Ini yang paling penting. Pelaku saja sampai membunuh korban, jadi pantas rasanya jika para pelaku diberi tindakan tegas," ujarnya.

    Sesuai perintah Kapolda Sumut Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo, 15 tim anti-begal dibentuk di Sumut. Mereka merupakan gabungan dari personel Reskrimum Polda Sumut, Resmob, Polresta dan Polsek.

    "Targetnya orang-orang yang sudah terdata‎, termasuk lokasi-lokasi yang dianggap rawan tindak kejahatan jalanan dan kerap dijadikan tempat para begal beraksi," papar Hondawan.

    Wadirreskrimum Polda Sumut AKBP Wawan Munawar menambahkan, pihaknya sudah memetakan lokasi rawan begal di Sumut.

    "Hasil pendataan, terdapat 12 titik yang  perlu mendapat perhatian," tegasnya.

    Sementara Kasatreskrim Polresta Medan Kompol Wahyu Istanto Bram mengatakan, personel Polda Sumut ‎dilibatkan ke dalam tim karena Polresta Medan kekurangan personel. Dia menjelaskan, Polresta Medan menerima 300-400 laporan peristiwa kejahatan dalam sebulan.

    "Tapi personel yang bertugas di lapangan hanya 49 orang dibantu penyidik 60," akunya.

    Kejahatan jalanan yang populer disebut begal marak terjadi di Kota Medan. Pelaku tidak segan-segan melukai bahkan membunuh korbannya. (BS-031)
    T#g:
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 4 tahun lalu

    Sepekan, Polda Sumut Sikat 325 Bandit Jalanan

    Beritasumut.com - Polda Sumatera Utara (Sumut) dan jajaran menggelar Operasi Sikat Toba 2015 dengan tujuan menekan tingginya angka kriminalitas jalana

  • 4 tahun lalu

    Polresta Medan Tangkap 10 Bandit Jalanan

    Beritasumut.com - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Medan mengamankan 10 orang pelaku kejahatan jalanan di berbagai lokasi di Kota Medan d

  • 6 tahun lalu

    Polisi Diminta Tembak di Tempat Geng Motor

    Medan, (beritasumut.com) Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kota Medan Herri Zulkarnain menilai aksi geng motor di Kota Medan saat ini sudah pada tin

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.