Satgas FKPPI Ringkus Pelaku Pungli Truk di Labura


Satgas FKPPI Ringkus Pelaku Pungli Truk di Labura
Zaeb Pasaribu. (Ist)
Labura, (beritasumut.com) Salah seorang pelaku pungli terhadap truk barang luar Sumatera Utara (Sumut), berhasil diamankan Satgas FKPPI Sumut, Jumat (30/5/2014) kemarin.

Zaeb Pasaribu (24) warga Bukit Dame, Desa Siamporik, Kecamatan Hulu Selatan, Kabupaten Labuhan Batu Utara (Labura) itu nyaris tewas dikampak, saat ketangkol melakukan pungli di tepi jalan umum Mangga-mangga, Kecamatan Sei Natas, Labura. Sementara temannya, Ewin Sitorus berhasil kabur.

Informasi diperoleh, menyebutkan selama ini truk barang asal Pulau Jawa mengeluh karena banyaknya pungli yang dilakukan oleh pelaku mengatasnamakan CV PSDS di daerah tersebut. Bukan cuma dimintai duit saja, para pelaku juga menguras uang jalan para sopir. Jika menolak, maka kaca depan truk akan dilempar hingga pecah.

Keresahan para sopir truk ditindaklanjuti oleh Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-Putri TNI-Polri (FKPPI) Sumut. Apalagi sebagian truk barang yang memuat buah tersebut, merupakan binaan organisasi putra-putri TNI-Polri tersebut.

Kasus kutipan liar yang meresahkan para sopir truk ini, telah dilapor ke pihak Polres Labuhan Batu. Namun, polisi terkesan lamban menanganginya. Hingga kini, pengutipan terus berlangsung. Sementara pelakunya tak kunjung ditangkap. Para sopir truk pun menjadi bertambah kembut.

Untuk memergoki para pelaku, Satgas FKPPI Sumut diturunkan di sejumlah tempat yang dianggap sebagai lokasi pengutipan. Pengintaian pun dimulai. Bermodal Yamaha King, pelaku mengiring truk buruannya jauh dari lokasi kutipan. Ewin Sitorus bertindak sebagai joki, sedang Zaeb duduk di boncengan. Ewin menggeber laju RX King merahnya menempel persis di sebelah kanan truk dan Zaeb menyuruh sopir untuk berhenti.

Setiba di daerah Mangga-mangga, truk barang distop dan dimintai uang. Ulah pelaku berhasil dipergoki. Tak mau buruannya kabur, Satgas FKPPI yang telah menguntit di belakang truk sejak di daerah Pamingke menuju arah Medan langsung melakukan pengejaran terhadap pelaku.

Begitu kepegang, pelaku pun dihajar hingga babak belur. Bahkan dirinya nyaris mati dikampak, jika tak mengelak. Dalam kondisi babak belur, pelaku diboyong dan diturunkan di depan Yonif 126 Kala Cakti, Kompi Senapan B Damuli.

Itu setelah Ketua CV PSDS Kurnan Matondang (43) membuat penyataan tidak akan mengulangi perbuatan melakukan kutipan terhadap truk barang asal luar Sumut di atas materai 6 ribu, Zaeb pun dilepas.

"Sejatinya, pelaku mau kita serahkan ke Polda Sumut. Namun karena ketuanya berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya, pelaku kita serahkan kembali," ujar Arman, anggota Satgas seraya menambahkan bahwa Satgas FKPPI Sumut yang diturunkan berjumlah 30 orang dari 60 anggota yang ditugaskan, Ahad (1/6/2014).

"Namun dari 30 anggota yang diserak, 7 anggota berhasil memergoki ulah pelaku. Sudah beberapa hari kita mengintai di lokasi tersebut, tapi baru Jumat sore itu berhasil dipergoki," ucapnya.

Wakil Ketua PD II FKPPI Sumut Bambang Haryantho didampingi Hendra Sembiring menyatakan, kasus pungli di daerah tersebut telah dilaporkan kepada Bupati Labura Kharuddin Syah atau yang akrab disapa Haji Buyung.

"Bupati berjanji akan berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk melakukan razia," ujar Bambang yang juga Korwil FKPPI Labuhan Batu ketika dikonfirmasi wartawan malam tadi. (BS-001)

Tag: