Polsek Talun Kenas Ringkus Pelaku Curanmor Antar Kabupaten


Polsek Talun Kenas Ringkus Pelaku Curanmor Antar Kabupaten
Mberngap Ginting

STM Hilir, (beritasumut.com) – Kasus pencurian sepeda motor ini bisa menjadi pelajaran bagi siapa saja agar lebih berhati-hati dalam memarkir kendaraan bermotor. Seperti yang dialami R Aritonang, warga Desa Sualan, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, yang kehilangan sebuah sepeda motor Vixion warna merah BK 3357 PAL sejak awal bulan Januari lalu saat parkir di depan teras rumahnya. Sepeda motor Vixion itu ternyata digasak Dodi Alfianus Simatupang (20), warga Desa Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun. Pada saat dicuri, korban tidak mengunci sepeda motor miliknya dengan benar.

Pasca raibnya sepeda motor miliknya, korban langsung membuat pengaduan ke Mapolsek Parapat, Jalan Sisingamangaraja No 14, Parapat. Sejak kejadian Dodi Alfianus Simatupang sudah menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO) oleh aparat kepolisian setempat yang menerima laporan itu.

Dodi Alfianus Simatupang tertangkap saat Tim Buser Polsek Talun Kenas melakukan patroli di Jalan Talun Kenas, Desa Sumbul, Kecamatan STM Hilir, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (23/02/2013) sekira pukul 02.30 WIB . saat itu petugas melihat satu unit sepeda motor Vixion warna merah BK 2023 ACT sedang parkir di jalan. Tapi saat petugas meminta surat kendaran, pelaku mencoba melarikan diri. Karena ada kecurigaan, petugas langsung memboyong pelaku serta satu unit sepeda motor ke komando, kata Kapolsek Talun Kenas AKP Amir Sinaga didampingi Kanit Reskrim Aiptu A Gultom.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan tim penyidik, Dodi Alfianus Simatupang mengakui kasus pencurian itu. Untuk mengelabui petugas kepolisian, sepeda motor korban yang semula BK 3357 PAL diubah menjadi BK 2023 ACT dan pelaku juga sempat menyembunyikan sepeda motor terlebih dahulu. Setelah, aman baru dijual. Namun pihak kepolisian tidak percaya begitu saja dengan pelaku yang tampaknya sudah lihai dalam aksi curanmor antar kabupaten, jelas Kapolsek.

Setelah melakukan pemeriksaan terhadap Dodi Alfianus Simatupang, pihak Polsek Talun Kenas langsung menghubungi Kapolsek Parapat AKP Hendra Eko Triyulianto SIK dan membenarkan kasus pencurian sepeda motor itu ditangani mereka. Karena TKP itu merupakan wilayah hukum Polres Simalungun maka tersangka serta barang bukti dilimpahkan untuk diproses secara hukum, ungkap Amir Sinaga mantan Kanit Reskrim Polsek Tanjung Morawa ini.

Amir Sinaga mengimbau masyarakat Kecamatan STM Hilir agar lebih wasapada terhadap aksi pencurian, khusunya kendaraan bermotor yang kasusnya semakin meningkat. “Kita minta agar lebih berhati-hati, karena tingkat pencurian sudah mulai tinggi. Untuk sepeda motor, kunci setang kalau perlu pasang kunci ganda dan simpan di tempat yang aman,” tandasnya. (BS-028)

Tag: