Polresta Medan Bekuk A Kun Bos Besar Penyelundupan Trenggiling

Polresta Medan Bekuk A Kun Bos Besar Penyelundupan Trenggiling
Ilustrasi. (Google)
Medan, (beritasumut.com) Unit Tipiter Satreskrim Polresta Medan mengamankan dua pelaku penyelundupan trenggiling, Kamis (1/5/2014) dinihari sekitar pukul 00.00 WIB.

Kedua pelaku, Saikun alias A Kun dan Sofian Lubis, warga Desa Tanjung Gusti, Kecamatan Galang, Kabupaten Deliserdang ini diamankan di kawasan Tanjung Morawa. Keduanya merupakan target operasi dari Unit Tipiter Satreskrim Polresta Medan.

A Kun merupakan bos besar penyelundupan hewan trenggiling itu, sementara Sofian Lubis diketahui abang ipar seorang Anggota DPRD Deliserdang.

Rencananya hewan yang dilindungi tersebut akan dibawa ke Malaysia dan Singapura melalu jalur laut Tanjung Balai.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, penangkapan bos besar ini bermula dari Unit Tipiter Satreskrim Polresta Medan melakukan pengembangan dari ditangkapnya Suhardi Lueslim alias A Cin warga Kabupaten Batubara tiga pekan lalu.

Berangkat dari itu, petugas mengadakan pengembangan ke Batubara. Selama tiga minggu melakukan lidik, akhirnya petugas berhasil mengamankan keduanya.

Selanjutnya, kedua pelaku dan barang bukti 4 ekor trenggiling diboyong ke Mapolresta Medan guna penyidikan lebih lanjut. 

Kasatreskrim Polresta Medan Kompol Jean Calvijn Simanjuntak saat dikonfirmasi membenarkan penangkapan bos besar penyelundup trenggiling tersebut. 

"Benar, dinihari tadi kita menahan dua orang yang pelaku penyeludupan hewan trenggiling. Keduanya masih kita periksa,"katanya. 

Dijelaskannya, hewan trenggiling itu digunakan untuk bahan baku kosmetik dan sabu. "Saat ini hewan trenggiling itu kita titip di penangkaran Jalan Binjai. Besok semua tersangka dan barang bukti akan kita paparkan sekaligus," pungkasnya. (BS-031)